Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sejarah
Pesawat terbang yang lebih berat dari udara diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris tahun 1910. Sedangkan untuk pesawat yang lebih ringan dari udara sudah terbang jauh sebelumnya. Penerbangan pertama kalinya dengan menggunakan balon udara panas yang ditemukan seorang berkebangsaaan Perancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier terjadi pada tahun 1782, kemudian disempurnakan seorang Jerman yang bernama Ferdinand von Zeppelin dengan memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang pada tahun 1900. Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara sampai musibah kapal Zeppelin pada perjalanan trans-Atlantik di New Jersey 1936 yang menandai berakhirnya era Zeppelin meskipun masih dipakai menjelang Perang Dunia II. Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.Pesawat komersial yang lebih besar dibuat pada tahun 1949 bernama Bristol Brabazon.Sampai sekarang pesawat penumpang terbesar di dunia di buat oleh airbus industrie dari eropa dengan pesawat A380.Kategori dan klasifikasi
Lebih berat dari udara
Pesawat terbang yang lebih berat dari udara disebut aerodin, yang masuk dalam kategori ini adalah autogiro, helikopter, girokopter dan pesawat bersayap tetap. Pesawat bersayap tetap umumnya menggunakan mesin pembakaran dalam yang berupa mesin piston (dengan baling-baling) atau mesin turbin (jet atau turboprop) untuk menghasilkan dorongan yang menggerakkan pesawat, lalu pergerakan udara di sayap menghasilkan gaya dorong ke atas, yang membuat pesawat ini bisa terbang. Sebagai pengecualian, pesawat bersayap tetap juga ada yang tidak menggunakan mesin, misalnya glider, yang hanya menggunakan gaya gravitasi dan arus udara panas. Helikopter dan autogiro menggunakan mesin dan sayap berputar untuk menghasilkan gaya dorong ke atas, dan helikopter juga menggunakan mesin untuk menghasilkan dorongan ke depan.Lebih ringan dari udara
Album Animasi Pesawat
Album Pesawat tak berawak
-
IAI Heron on display at the Paris Air Show 2009
-
-
Aerosonde "Laima" in display at Museum of Flight, Seattle, WA.
-
MQ-1 Predator, with inert Hellfire missiles, on display at the 2006 Edwards Open House
-
UAV Operators at Balad Camp Anaconda, Iraq, April 20, 2005
-
RQ-4 Global Hawk USAF video
-
A maintenance crew prepares a Global Hawk for a test at Beale Air Force Base
-
Globalhawk.750pix.jpgglobalhawk
Album Pesawat Angkasa satelit robotik tak berawak
[sunting] Album Pesawat Supersonik
[sunting] Album Pesawat vertikal lepas landas dan mendarat VTOL
-
Yak-38 Forger
-
Yak-38 Lift Engines
Jenis pesawat
Berdasarkan desain
Berdasarkan propulsi
- Pesawat terbang layang (Glider)
- Pesawat bermesin piston
- Pesawat bermesin turbo propeler
- Pesawat bermesin turbojet
- Pesawat bermesin turbofan
- Pesawat bermesin ramjet
Berdasarkan penggunaan
- History of Aviation in Australia - State Library of NSW
- Prehistory of Powered Flight
- The Channel Crossing
- The Evolution of Modern Aircraft (NASA)
- Virtual Museum
- Smithsonian Air and Space Museum – Online collection with a particular focus on history of aircraft and spacecraft
- New Scientist's History of Aviation
- Amazing Early Flying Machines slideshow by Life magazine
- Aircraft Types
- Airliners.net
- Aviation Dictionary Free aviation terms, phrases and jargons
- New Scientist's Aviation page