| Mera Naam Joker: Pengertian Dari Kbps Dan KBps Sebagai Tolak Ukur Kecepatan Akses Internet

Jumat, 14 Desember 2012

Pengertian Dari Kbps Dan KBps Sebagai Tolak Ukur Kecepatan Akses Internet





Pengertian Dari Kbps Dan KBps Sebagai Tolak Ukur Kecepatan Akses Internet | Kecepatan akses internet adalah merupakan ukuran seberapa cepatkah transfer data pada saat melakukan akses melalui jalur internet. selain itu tentunya ada istilah Kbps dan KBps, dan banyak dari kita sebagai pengguna layanan internet sering salah dalam mengartikannya.

Adapun Arti Dari Bit dan Byte adalah merupakan “satuan” yang sangat sering disalah artikan oleh kita, sebagai pengguna layanan internet, dan perlu Anda ketahui bahwa Bit dan Byte ini sangatlah berbeda, baik dalam hitungan atupun cara penulisannya.
Sedikit akan saya terangkan bahwa sebenarnya, satuan data yang ada pada komputer berbeda satuan dengan yang lainnya.

Dimana, 1 Kilobit = 1024 bit Dan 1 Megabit = 1024 kb.

Dalam Penulisannya Kbps dan KBps :

Bit ditulis dengan huruf “b” kecil, sehingga penulisannya adalah = Kbps ( Kilo bit per second )
Byte ditulis dengan huruf “B” besar, sehingga penulisannya adalah = KBps ( Kilo Byte per second )

Dan Dalam Hitungannya :
Pada kenyataanya, hal inilah yang sering menyebabkan orang “salah kaprah” dalam memahami dan mengartikannya.
Memang dalam beberapa brosur ISP, sering disebutkan bahwa “Speed Up To 1 Mbps”, hal ini menjadikan seringkalinya ada pelanggan yang merassa tertipu dan kemudian komplain, bahwa kenapa kecepatan yang tertera pada brosur berbeda dengan kecepatan yang dia dapat. Kemudian, bagaimana menjelaskan kasus seperti ini?

Alhasil jawabannya sangatlah simpel, yaitu ada pada kalimat di bawah ini :

1 Byte = 8 Bit

Dengan rumus 1 Byte = 8 Bit, maka sekarang kita dapat menghitungnya, yaitu :
1 Mbps = 1 Mega bit per second
1 Mbps = 1024 Kb
1024 Kb / 8 = 128 KB


Jadi jika yang tertera pada brosur ISP adalah 1 Mbps ( Megabit per second ), maka sebenarnya yang kita dapat untuk mengakses internet atau download hanyalah 128 KB ( Kilo Byte per second ) saja. Dan pada kenyataannya memang inilah yang merupakan trik dari para ISP untuk dapat menarik simpati dari para pelanggan. Sampai pada tahap inipun belum termasuk pada kuatnya sinyal / jaringan yang kita dapat dan seberapa sulit untuk masuk server ( Lokasi dimana Kita tinggal ).Dalam hal ini, aapabila sinyal yang kita dapat kecil, maka besar kemungkinan kita tidak akan mendapatkan ke-Maksimal-nya seperti yang tertera pada brosur ISP yang telah kita hitung tadi.

Belum lagi masalah kesulitan server, disini yang dimaksud adalah, Seberapa sibukkah server ini menjalankan tugasnya, yaitu sebagai menyuplai bandwidth kepada para klien, semakin sibuknya server, dan makin banyaknya orang yang memakai server itu, hal ini pastinya akan berakibat semakin lama respond dari server atas permintaan kita karena Server juga punya batas batas tertentu dimana dia hanya bisa melayani sekian banyak orang dalam waktu bersamaan. Secara Umum, koneksi internet jika kita menggunakan ISP , dapat digambarkan seperti ini :

ketika kita mengakses internet, maka kita harus mengirimakan “paket” yang isinya, adalah data yang kita minta, misal kita mengakses GOOGLE.COM , maka kita minta dulu “paket” google ini ke server yang nantinya akan mencarikan si “paket” google ini ke internet, dan mengembalikan “paket” tadi yang sudah diisi dengan data dari google ( gambar, script, dll ) . Kira-kira seperti itulah Pengertian Dari Kbps Dan KBps Sebagai Tolak Ukur Kecepatan Akses Internet & Semoga Bermanfaat. 
Comments
0 Comments