| Mera Naam Joker: Kilas Balik 300 Sparta

Jumat, 14 Desember 2012

Kilas Balik 300 Sparta







THIS IS SPARTA!! itu pasti yang terpikir pertama kali waktu anda mendengar nama ‘Leonidas’….atau anda tidak berpikir sperti itu?ok,whatever…pokoknya yang pasti saya menulis artikel Ini buat mereka yang sudah menonton film para bajingan sixpack itu.

Sparta dikenal sebagai negara pemegang kekuatan militer yang tidak pernah bisa dibandingkan di jamannya oleh negara manapun,kemiliteran Yunani kuno dibawah kekuasaan Sparta.Mereka tidak pernah bekerja,semua tugas makanan dan lain2 dikerjakan oleh budak-budak yang mereka peroleh dari wilayah yang telah mereka kalahkan.Pengawasan budak-budak agar tidak kabur pada saat bekerja di serahkan pada anak remaja Sparta (bila kabur langsung tusuk…..korek-korek-korek….dokter susah jaitnya -_-”)

Dikisahkan di film 300 bahwa Spartan hanya berjumlah 300 dan menghadang pasukan raja Xerxes yang kemayu itu sendirian dengan bantuan figuran segelintir Thespians.Tetapi kenyatannya bahwa di sejarah mereka tidaklah berjumlah segitu,yang benar adalah 300 Sparta, 700 Thespians, and 400 Thebans semuanya dipimpin oleh raja Sparta bernama King Leonidas melawan Pasukan Persia yang dipimpin oleh raja Xerxes,pertempuran Ini terjadi di bulan agustus 45 waktu Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan.

Ok itu tidak benar,petempuran Ini terjadi di bulan agustus 480 BC dikenal dengan nama Battle of Thermopylae , saya hanya mengetest anda konsentrasi atau tidak.

300 Spartan,Thespian,Thebans,Tuban akhirnya mengalami kekalahan di tempat Ini….karena Tuban membawa tuak terkenal mereka….oke saya mengetes lagi,maafkan saya. Akhirnya King Leonidas mengalami kekalahan,tapi berkat mereka,setahun kemudian Yunani bersatu untuk melawan Xerxes,tetapi icon perang Ini adalah Sparta,karena raja mereka provokator tawuran pertama melawan Xerxes si botak.

Sparta kembali maju berperang di tahun 371BC dengan nama petempuran Battle of Leuctra.Untuk pertama kalinya mereka merasakan kekalahan walaupun sudah menyerang dengan kekuatan penuh(ya..kalah duehh..),inilah awal titik mula kehancuran sparta.Sparta tidak pernah pulih dari kekalahannya di perang Ini,faktor kehilangan banyak orang dewasa dan pemberontakan budak-budak yang tak puas hanya makan tempe dan tahu membuat mereka makin lemah.

Raja Philip II dan anaknya yang superior tapi freak: Alexander The Great pernah berusaha menghancurkan Sparta,karena walaupun dinilai mereka sudah lemah,tetapi kemampuan beladiri Spartan tetap menjadi ancaman mereka dalam menguasai Yunani.Dari kisah Ini terlahir anekdot bahwa Raja Philip II mengirim berita ke Sparta “Jika aku sudah memasuki Laconia,Aku akan meratakan Sparta sama dengan tanah.” Dan Sparta hanya menjawab “Jika” (ya iyalah,spartan sixpack,dan raja hanya makan ayam goreng…)

Pada akhirnya Sparta tetap survive sampai pada jaman kerajaan romawi pada saat Yunani ditakhlukkan oleh jendral Romawi bernama Lucius Mummius,Sparta menjadi negara yang lumayan damai dan banyak dimasuki oleh turis yang ingin melihat kebudayaannya.

Setelah itu Sparta terlibat pertarungan melawan Viking,dan Sparta memenangkan perang Ini,tetapi belum ada bukti pasti tentang cerita Ini.Sungguh,pasukan yang patut dikenang akan kehebatan mereka.
Comments
0 Comments