| Mera Naam Joker: INFO PENTING BUAT BUNDA YANG MENYUSUI

Senin, 10 Desember 2012

INFO PENTING BUAT BUNDA YANG MENYUSUI



Saat menyusui, Apakah lebih baik menyusui dari 2 payudara bergantian selama beberapa waktu di tiap payudara, atau menyusui dari satu payudara sampai puas?
Memang, ada banyak mitos yang bilang kalau menyusui jangan cuma di satu payudara, nanti payudaranya jadi gede sebelah. Namun ternyata lebih baik adalah membiarkan bayi menyusui di satu payudara sampai pu
as, bahkan bila sampai ia tertidur, sementara payudara yang satunya masih penuh, sebaiknya diperah. Mengapa?
Karena komposisi ASI terdiri dari foremilk dan hindmilk. Foremilk itu adalah ASI yang kandungan lemaknya rendah, kalau biasa memerah ASI, pasti kelihatan biasanya ASI yang keluar duluan itu warnanya lebih bening dan lebih encer. Foremilk ini sering juga disebut dengan ASI depan. Hindmilk adalah ASI yang kandungan lemaknya lebih tinggi dan jika saat memerah ASI, setelah memerah beberapa saat, warna ASI terlihat lebih putih dan lebih kental. Semakin kosong payudara maka kandungan lemaknya semakin tinggi. Hindmilk sering disebut sebagai ASI belakang.
>>>Lihat pada gambar di atas, foremilk ada di gelas kiri dan hindmilk di gelas kanan.
Sama seperti saat diperah, saat bayi menyusu, maka ASI yang dikonsumsi lebih awal adalah foremilk ini. Setelah menyusu berjalan beberapa saat atau payudara mulai kosong, maka bayi mulai mengkonsumsi hindmilk yang sarat akan kandungan lemak. Semakin banyak bayi mengkonsumsi hindmilk, maka semakin signifikan kenaikan berat badannya.
Nah, jadi tahu kan sekarang mengapa menyusui bayi pada kedua payudara secara bergantian ternyata tidak efektif? Betul! Karena jika bayi baru menyusu sebentar pada satu payudara kemudian langsung dipindahkan ke payudara yang lain maka bayi hanya akan lebih banyak mengkonsumsi foremilk daripada hindmilk.
Tapi, bukan berarti foremilk itu tidak penting loh yah. Foremilk itu kandungannya sama dengan hindmilk, hanya lemaknya sedikit. Bisa diibaratkan bahwa foremilk itu adalah minuman (air minum) sedangkan hindmilk itu adalah makanan. Sama seperti kita, kalau sedang makan kan kita juga butuh minum. Nah, bayi juga sama. Selain itu foremilk juga mengandung laktosa yang sangat penting bagi perkembangan otak bayi.
Sedikit tambahan, biasanya foremilk ini, pada beberapa ibu menyusui, keluarnya pun suka mancur-mancur dan bikin bayi kita agak kesulitan untuk menyusu. Kalau memang derasnya aliran ASI cukup mengganggu si kecil, bisa dicoba dengan memerah ASI sedikit (mungkin bisa ditampung dan diberikan kemudian). Hal ini dimaksudkan untuk dapat mengurangi derasnya aliran ASI sehingga bayi bisa lebih nyaman saat menyusu.
Berapa lama idealnya bayi menyusu sampai payudara kosong? Rata-rata efektifnya adalah 20-25 menit. Bila lebih dari satu jam, biasanya bayi hanya mengempeng.
Comments
0 Comments