| Mera Naam Joker: The coup-d’état

Jumat, 12 November 2010

The coup-d’état


Kudeta-d'état
18 Brumaire / November 9, 1799
18 Brumaire, kudeta 18 Brumaire atau kadang-kadang hanya Brumaire mengacu pada kudeta oleh Jenderal Napoleon Bonaparte yang menjatuhkan Direktori, menggantinya dengan Konsulat. Hal ini terjadi pada tanggal 9, November 1799 yang Brumaire 18, Tahun VIII bawah Kalender Republik Perancis.
Nama, sudah mapan dalam penggunaan umum, diperkuat oleh judul Karl Marx, The Brumaire delapanbelas Louis Bonaparte (Der achtzehnte Brumaire des Louis Bonaparte, 1852), account dari kudeta 2 1851 Desember dengan keponakan Napoleon, yang dimulai dengan sering dikutip "Hegel menyatakan suatu tempat bahwa semua fakta dunia-sejarah besar dan tokoh muncul, sehingga untuk berbicara, dua kali. Dia lupa untuk menambahkan:. Yang pertama kali sebagai tragedi, kedua kalinya sebagai lelucon "

 
Konteks
Ironisnya, tanah untuk kudeta Jenderal Bonaparte mungkin telah ditetapkan lebih lanjut dengan nya beberapa kekalahan dari oleh banyak kemenangan-Nya. Pada bulan November 1799, Prancis menderita efek dari militer membalikkan dibawa oleh petualangan Bonaparte di Timur Tengah. Ancaman menjulang invasi oportunistik oleh Koalisi Kedua telah memprovokasi kerusuhan internal, dengan Napoleon terjebak di Mesir.
Kudeta pertama kali dibuat bukan oleh Napoleon, tetapi oleh Sieyès Abbé, maka salah satu dari lima Direksi, mencoba untuk mencegah kembali ke Jacobinisme. Terpesona oleh kemenangan Napoleon di Timur, masyarakat diabaikan akhir penuh bencana akan datang dari Mesir ekspedisi. Mereka menerima Napoleon dengan semangat yang yakin Sieyès ia telah menemukan umum yang sangat diperlukan untuk kudeta itu. Namun, dari saat kembali pada bulan September 1799, Napoleon merencanakan kudeta dalam kudeta, akhirnya mendapatkan kekuasaan untuk dirinya sendiri daripada Sieyès.
Mungkin hambatan paling parah potensi untuk kudeta berada di tentara. Beberapa jenderal, seperti Jourdan, jujur percaya pada republikanisme, yang lainnya, seperti Bernadotte, percaya diri mampu mengatur Perancis. Dengan kehalusan yang sempurna, Napoleon bekerja pada perasaan semua, niat menjaga rahasianya sendiri.
Seorang kontraktor militer bernama Collot maju dua juta franc untuk membiayai kudeta. Ada pasukan mudah dikerahkan di sekitar Paris. Rencananya adalah, pertama, untuk membujuk Direksi untuk mengundurkan diri, kemudian, kedua, untuk mendapatkan Dewan Lama dan Dewan Lima Ratus (rumah atas dan bawah legislatif) untuk menunjuk sebuah komisi liat yang akan menyusun baru konstitusi dengan spesifikasi komplotan '.



 
Peristiwa 18 Brumaire, VIII Tahun
Pada pagi hari tanggal 18 Brumaire, anggota Dewan Ancients bersimpati kepada kudeta memperingatkan rekan-rekan mereka dari konspirasi Jacobin dan membujuk mereka untuk menghilangkan ke Château de Saint-Cloud, barat Paris. Umum Bonaparte didakwa dengan keselamatan kedua Dewan. Kemudian pagi itu Sieyès dan Roger Ducos mengundurkan diri sebagai Direktur. Talleyrand membujuk Barras untuk melakukan hal yang sama (pasukan di taman luar yang persuasif).
Pengunduran diri tiga dari lima Direksi mencegah kuorum dan dengan demikian praktis menghapuskan Directory, tetapi dua Jacobin Direksi, Gohier dan Moulin, menolak untuk mengundurkan diri. Gohier menjadi tawanan dan Moulin melarikan diri. Kedua Dewan belum diintimidasi dan terus rapat.


 
Peristiwa 19 Brumaire
Pada hari berikutnya, para deputi itu, untuk sebagian besar, menyadari bahwa mereka menghadapi upaya kudeta bukannya dilindungi dari pemberontakan Jacobin. Dihadapkan dengan perlawanan mereka, Napoleon menyerbu ke kamar, dikawal oleh pasukan kecil grenadiers. Sementara mungkin tidak direncanakan, ini terbukti menjadi kudeta dalam kudeta: dari titik ini, ini adalah urusan militer.
Napoleon bertemu dengan heckling saat ia membahas Ancients dengan seperti "kebenaran rumah" sebagai, "Republik tidak memiliki pemerintah" dan, kemungkinan besar, "adalah Revolusi di atas." Salah satu wakil berseru, "Dan Konstitusi?" Jawab Napoleon, mengacu pada kudeta parlemen sebelumnya, "Konstitusi! Kamu sendiri telah hancur itu. Anda melanggar di 18 Fructidor, Anda melanggar pada 22 Floreal, Anda melanggar pada 30 Prairial. Ini tidak lagi memiliki rasa hormat dari siapa pun. "
Napoleon mundur ke chateau's Orangerie, di mana Dewan Lima Ratus adalah pertemuan. penerimaan-Nya di sini bahkan lebih bermusuhan. Napoleon dan grenadiers nya masuk hanya sebagai legalitas pengunduran diri Barras 'sedang ditantang oleh Jacobin dalam chamber. Setelah masuk, Napoleon pertama kali berdesakan, kemudian langsung diserang. Tergantung pada akun yang diterima, ia mungkin atau mungkin tidak mendekati pingsan. Bukan Napoleon dirinya sendiri, tetapi saudaranya Lucien, Presiden Dewan, yang menyerukan grenadiers untuk membela pemimpin mereka. Napoleon melarikan diri, tetapi hanya melalui penggunaan kekuatan militer.
Sebuah gerak dibesarkan di Dewan Lima Ratus untuk menyatakan Napoleon kriminal. Pada titik ini, Lucien Bonaparte rupanya menyelinap keluar dari kamar dan mengatakan kepada tentara yang menjaga Council bahwa mayoritas dari Lima Ratus sedang diteror oleh sekelompok deputi mengacungkan belati. Kemudian, menurut Michael Rapport, "kata Dia untuk berdarah wajah Napoleon, pucat sebagai bukti. Kemudian, dalam gerakan teater, ia merebut pedang dan berjanji untuk terjun melalui jantung saudaranya sendiri jika ia pengkhianat. "
Lucien memerintahkan pasukan untuk mengusir para deputi kekerasan dari kamar. Grenadiers di bawah komando Jenderal Murat berbaris ke Orangerie dan membubarkan Dewan. Hal ini, secara efektif akhir Direktori.
The Ancients mengesahkan sebuah keputusan yang menunda Council selama tiga bulan, ditunjuk Napoleon, Sieyès, dan konsul Ducos sementara, dan bernama Komisi Legislatif. Beberapa anggota penurut dari Lima Ratus, dibulatkan kemudian, berfungsi untuk memberikan langkah-langkah konfirmasi dari mereka House. Dengan demikian Direktori dan Dewan itu berakhir.


 
Buntut
Direktori dihancurkan, tetapi kudeta dalam kudeta itu belum lengkap. Penggunaan kekuatan militer sudah pasti memperkuat tangan Napoleon vis à vis Sieyès dan komplotan lainnya. Dengan Dewan routed, komplotan diadakan dua komisi, masing-masing terdiri dari 25 wakil dari dua Dewan. Komplotan dasarnya diintimidasi komisi ke mendeklarasikan sebuah pemerintah sementara, bentuk pertama dari Konsulat dengan Napoleon, Sieyès, dan Ducos sebagai Konsul. Tidak adanya reaksi dari jalanan membuktikan bahwa revolusi itu, memang, lebih. "Senyawa lusuh dari kekerasan dan penipuan, yang Brumaire 18 Walaupun begitu direstui, bahkan bertepuk tangan, oleh bangsa Perancis. Lelah revolusi, pria mencari tidak lebih daripada menjadi bijak dan tegas diatur "Resistensi. Oleh pejabat negara Jacobin di provinsi itu cepat hancur. Dua puluh Jacobin deputi diasingkan, dan yang lainnya ditahan.
Komisi kemudian menyusun "Konstitusi pendek dan tidak jelas VIII Year", yang pertama dari konstitusi sejak Revolusi tanpa Deklarasi Hak.
Bonaparte sehingga selesai kudeta nya dalam kudeta dengan pengadopsian konstitusi dimana Konsul Pertama, posisi dia yakin untuk memegang, memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan dua lainnya. Secara khusus, ia menunjuk Senat dan Senat menafsirkan konstitusi. Senat memungkinkan dia untuk memerintah dengan dekrit, sehingga lebih independen Dewan Negara dan Tribunate merosot menjadi impotensi, melayani hanya sebagai etalase. Ini menyebabkan akhirnya Kekaisaran.
Comments
0 Comments