| Mera Naam Joker: Rangkaian Telepon Rumah

Selasa, 11 Oktober 2011

Rangkaian Telepon Rumah


Bismillah
Sekarang mari kita membaca cara kerja telepon rumah. Secara umum rangkain telepon rumah dibagai menjadi:
-rangkaian front end
-rangkaian ringer
-speech network
-dial circuit
Rangkaian front end adalah rangkaian yang langsung terhubung ke LOOP DC dengan central telepon. terdiri dari konekor RJ11, rangkaian proteksi, penyearah, HOOK SWITCH, power supply dan rangkaian impedansi. Koneksi ke TIP dan RING masuk melalui keonektor RJ11, dua kawat ini bebas dibolak balik karena di dalam telepon sudah ada penyearah. Tegangan di antara dua kawat ini berubah ubah. Ketika posisi ON HOOK, gagang telepon disimpan, tegangan di antara terminal adalah 48 volt DC, di rumah saya terukur 52 volt, tegangan ini disupply dari central. Ketika telepon dipanggil, tegangan naik menjadi 100 volt AC, dan ketika diangkat turun menjadi sekitar 10 volt DC.
Rangkaian ringer berfungsi untuk mendeteksi sinyal panggilan berupa tegangan AC 100 V, dari sentral. Tegangan ini dilewatkan melalui HOOK switch dan dilewatkan oleh kapasitor untuk memblook DC dari tegangan loop. Rangkaian ini kemudian memicu rangkaian suara yang bisa berupa bunyi buzzer atau ring tone yang direkam di memory IC dikeluarkan melalui speaker. Berikut adalah contoh IC ringer (KA2410):

Rangkaian speech network adalah inti dari telepon, berfungsi menerima sinyal suara dari mic dan mengeluarkan suara lewat speaker, dan kemudian menumpangkannya ke dalam LOOP DC berupa sinyal listrik bersama dial tone. Bekerja ketika switch HOOK pada posisi OFF HOOK, Ketika kita berbicara ke dalam mic atau menekan tombol keypad maka akan langsung terdengar di speaker karena semua suara dari telepon dan dari lawan bicara ditumpangkan dalam satu loop. berikut adalah contoh dari rangkaian speech network menggunakan IC AN6150 Panasonic :

Dial circuit adalah rangkaian yang berfungsi mengirimkan sinyal / kode panggilan ke central telepon yang akan diproses oleh switching matrix. Sinyal / kode ini bisa berupa DIAL TONE atau DIAL PULSE. Dial tone dihasilkan oleh nada DTMF yang dihasilkan dari generator frekuensi yang unik untuk setiap tombol KEYPAD, setiap baris dan kolom memiliki frekuensi tersendiri. Ketika salah satu tombol keypad ditekan, rangkaian ini akan mengirimkan 2 buah frekuensi secara bersamaan. Mode DIAL PULSE berkerja memutus LOOP DC beberapa kali sesuai tombol mana yang ditekan. Hal ini sama halnya dengan menekan tombol HOOK beberapa kali, sesuai angka, misal angka 1 satu kali ketukan di HOOK switch, angka 0 sebanyak 10 kali dan seterusnya. Contoh IC dial circuit adalah LC7365 seperti ini :

Itulah penjelasan singkat bagian bagian rangkaian telepon rumah. Modul digihadiy dzar-01 bisa dipakai untuk eksperimen dengan telepon rumah seperti : membuat remote control yang mendeteksi panggilan, otomatis mengangkatnya, membaca / mengirim kode DTMF , mengirimkan suara (mesin ngomong, answering machine) dengan MMC dan DAC pembangkit suara dari file WAV, menyalakan lampu / peralatan lain lewat telepon rumah.
Sebagai referensi, saya sertakan skematik dari telepon rumah CORDLESS dari Panasonic type KX-TC1025
bisa langsung DOWNLOAD FILE PDF DI SINI
Comments
0 Comments