| Mera Naam Joker: 10 Gua Yang Terkenal DiDunia Dan DiSucikan

Minggu, 23 Oktober 2011

10 Gua Yang Terkenal DiDunia Dan DiSucikan




 ADA banyak gua suci di dunia, namun yang terkenal menurut laporan nationalgeographic.com hanya sepuluh. Berikut gua suci yang bisa direkomendasikan :

1. Actun Tunichil Muknal, Belize

Dalam sebuah mitos, perjalanan ke neraka tidaklah mudah. Namun setelah mengunjungi Actun Tunichil Muknal (Gua Makam Batu), mungkin Anda merasa telah berhasil melewati ujian terberat.

Gua ini terdapat di Belize, sebuah negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah, berbatasan dengan Meksiko di sebelah barat laut dan Guatemala di barat dan selatan

Akses ke situs Maya ini melibatkan kegiatan-kegiatan menarik, seperti hiking hingga bermain air dan juga berenang. Namun hampir satu mil (1,6 kilometer) dari lintasan ini terdapat tempat peristirahatan "gadis kristal".

Di dalam gua juga berisi pecahan-pecahan tembikar Maya, yang menunjukkan adanya banyak "lubang membunuh" untuk para roh jahat yang ingin melarikan diri. Info wisata ada di situs www.mayabelize.ca.

2. Gua Elephanta, India

Di India juga ada gua suci yang terkenal, yakni Gua Elephanta. Gua ini dipahat di lereng bukit di Pulau Gharapuri pada abad kelima. Di sini Anda bisa mendengarkan dengungan instrumen India kuno. Info wisata bisa dilihat di situs www.slstour.com/elephanta-caves.html.

3. Gua Longmen, China

Gua ini berada di lereng bukit Xiangshan dan Longmen Shan dan di atas Sungai Yi. Longmen atau "Gerbang Dragon" adalah kompleks gua Budha yang dibuat sejak Dinasti Wei Utara (AD 493).

Gua ini terdiri dari 2.345 gua dan ceruk, 2.800 prasasti serta 43 pagoda. Jika Anda mau info selengkapnya, coba lihat di situs www.chinatour.com.

4. Gua Dambulla, Sri Lanka

Dari India Anda bisa melanjutkan perjalanan lagi ke Sri Lanka untuk berkunjung ke kompleks gua Budha Dambulla. Ada banyak patung dan mural langit-langit di dinding batu yang masih kasar. Coba cek di www.travelsrilanka.com.

5. Gua Corycian, Yunani

Menurut kepercayaan Yunani kuno, gua besar di Gunung Parnassus ini adalah tempat pemujaan dewa Pan dan Nimfa. Di dekat pintu masuk Corycian (www.travel-ke-arachova.com) terdapat satu buah batu yang kemungkinan besar digunakan sebagai altar.

6. Gua Bronze-Age Minoan, Yunani

Masih di Yunani, Anda bisa pergi ke Gua Bronze-Age Minoan. Ada 3.000 gua atau bahkan lebih di sini. Tempat ini dibuat terkait dengan dewa-dewa dari mitologi Yunani. Untuk info, bisa Anda lihat di www.crete.tournet.gr.

7. St Paulus Grotto, Malta

Pada tahun 60 AD, St Paulus berhasil lolos dari tahanan Romawi dan berlindung di gua kecil Malta (www.visitmalta.com). Selama di sini ia melakukan penyembuhan ajaib dan selamat gigitan ular berbisa, sehingga penduduk setempat menganggapnya sebagai dewa.

8. Kuil St Michael, Italia

Legenda Kristen mengatakan bahwa kuil gua di Monte Sant'Angelo ini dipilih oleh malaikat Michael yang tampaknya adalah Uskup Sipontum di tahun 490 AD. Michael meninggalkan sebuah altar, kain merah, dan menandai tempat dengan telapak kakinya.

Jika Anda masih penasaran, bisa kunjungi situsnya di www.itwg.com/city4122.

9. Grotte de Font-de-Gaume, Prancis

Bison, kuda, dan mammoth adalah beberapa hewan yang terlukis di dinding kapur gua yang masih kasar. Lukisan ini memiliki warna hidup dan setidaknya dibuat 15.000 tahun lalu. Coba cek di www.showcaves.com.

10. Gua Sof Omar, Ethiopia

Jika Anda ingin menyaksikan gua suci peninggalan masyarakat lokal Muslim, berkunjunglah ke Gua Sof Omar (www.tour-ke-ethiopia.com, www.linkethiopia.org) di negara Ethiopia. Ada banyak pilar yang menopang kubah masjid yang dibangun pada abad ke-12 oleh Sheikh Sof Omar.
Sumber
Comments
0 Comments