| Mera Naam Joker: SEPUTAR KETIAK

Senin, 16 Juli 2012

SEPUTAR KETIAK



PENGERTIAN

Ketiak atau dalam bahasa Latin  disebut axilla adalah daerah lipatan tubuh manusia yang menghubungkan lengan atas dengan bahu . Ketiak dikenal sebagai salah satu bagian tubuh yang sensitif saat digelitik dan sebagai salah satu bagian tubuh yang agak tersembunyi.
Secara anatomis, ketiak diikat pada bagian anterior  oleh otot pectoralis major  danotot pectoralis minor , dan bagian posterior  oleh otot subscapularis  dan tulang belikat . Kemudian di bagian medialnya  oleh otot serratus anterior  serta bagianlateral  oleh otot coracobrachialis  dan bagian caput brevis  dari otot biceps brachii .
Rambut ketiak  selalu tumbuh di ketiak, baik pada pria  maupun wanita . Pertumbuhan rambut ini dimulai pada saat masa pubertas . Biasanya pada wanita, rambut tersebut dicukur dengan alasan estetika. Pria biasanya tetap membiarkan rambut tersebut tumbuh dan hanya dicukur bila sudah cukup lebat. Akan tetapi, kini banyak pria yang juga mencukur rambut ketiaknya untuk menjaga popularitasnya sebagai seorang model  atau seorang atlet , dan lain sebagainya.
Para ilmuwan menemukan bahwa kulit di bagian ketiak manusia merupakan tempat terfavorit bagi bakteri . Dalam penampang kulit seluas satu inci persegi, di ketiak bisa terdapat 516.000 bakteri.

Masalah dan gangguan

Bau badan

Bau badan  sering menjadi masalah klasik pada bagian ketiak. Bau badan timbul akibat hasil metabolisme  sebum  pada mikroorganisme  di ketiak. Sebum diproduksi oleh kelenjar  apokrin pada ketiak.Bau badan dapat dikurangi dengan produkdeodoran  atau antiperspiran . Bau badan juga dapat dihilangkan dengan ramuan herbal. Cara yang paling murah dan efektif adalah dengan mandi  minimal 2 kali sehari.Jika merasa sedikit repot atau malah tidak berhasil dihilangkan, maka bisa dicoba dengan pengobatan laser . Biasanya, bau badan wanita terasa lebih asin karena disebabkan bakteri  micrococcaceae .Sedangkan bau badan pria terasa lebih asam karena disebabkan organisme microscopic ”lipophile diphteriode” . Bau badan juga dapat menjadi lebih terasa dan kuat jika berkeringat dengan dipicu oleh tekanan emosi.
Bau badan tetap dapat timbul meskipun keringat hanya bercampur 1% saja dengan bakteri. Oleh karena itu, bagi orang yang aktivitasnya cukup padat sebaiknya memakai deodoran atau antiperspiran sebelum beraktivitas.
Bau badan juga dapat menjadi lebih menyengat bila sering memakan makanan dengan banyak bumbu.Selain itu makanan pedas dan berminyak juga dapat menambah bau badan.

Ketiak hitam

Ketiak hitam disebakan karena masuknya suatu zat atau suatu mikroorganisme  ke dalam pori-pori ketiak yang terbuka atau iritasi . Faktor penyebabnya adalah karena mencukur ketiak secara sembarangan, sering mencabut rambut ketiak, menggaruknya dengan kasar, atau akibat penyakit pada kulit  ketiak.

Keringat berlebih

Keringat berlebih atau dalam bahasa latin disebut axillary hyperhydrosis disebabkan oleh kelenjar keringat  yang terlalu aktif. Faktor penyebab lainnya adalah kelainananatomi , atau kondisi jiwa seseorang.
Comments
0 Comments