| Mera Naam Joker: Mata Angin

Rabu, 25 Juli 2012

Mata Angin

Mata angin


Mata angin
Mata angin merupakan panduan yang digunakan untuk menentukan arah. Umum digunakan dalam navigasi, kompas dan peta. Berpandukan pada pusat mata angin, maka kita akan melihat 8 arah yaitu dengan urutan sebagai berikut (mengikuti arah jarum jam):
  1. Utara (0°)
  2. Timur laut (45°): Terletak di antara utara dan timur
  3. Timur (90°)
  4. Tenggara (135°): Terletak di antara timur dan selatan
  5. Selatan (180°)
  6. Barat daya (225°): Terletak di antara selatan dan barat
  7. Barat (270°)
  8. Barat laut (315°): Terletak di antara barat dan utara
Utara, timur, selatan dan barat merupakan empat mata angin utama. Utara dan selatan menggambarkan kutub Bumi, manakala timur dan barat menentukan arah putaran Bumi.




Utara


Utara adalah sebuah arah mata angin dalam kompas. Utara merupakan arah yang dalam budaya Barat dianggap sebagai arah utama. Ia digunakan untuk menjelaskan arah-arah lainnya. Karena itulah dalam peta arah utara selalu ditunjukkan dengan sebuah tanda panah. Utara biasanya berada di sebelah atas peta. Dalam navigasi, utara dinyatakan sebagai titik awal (0°).
Kata utara berasal dari bahasa Sanskerta uttara (bahasa Hindi-nya : uttar, उत्तर), diadopsi oleh bahasa Melayu menggantikan kata laut yang sebelumnya memiliki arti sama dengan utara (bandingkan dengan frasa barat laut dan timur laut, serta kata lor dalam bahasa Jawa yang secara etimologis memiliki hubungan dengan kata laut sebagai arah mata angin).[rujukan?]
Utara berlawanan arah dengan Selatan.

Jenis-jenis utara

Utara dapat memiliki beberapa makna:
  1. Utara asli, arah sepanjang permukaan bumi menuju suatu kutub dari rotasi Bumi, yaitu kutub yang secara jelas berada di sebelah kiri seseorang ketika berdiri di Katulistiwa sewaktu menghadap ke arah matahari terbit.
  2. Utara magnetis, arah sepanjang permukaan bumi di mana kekuatan medan magnet horisontal mempunyai nilai positif terkuatnya untuk suatu kegiatan yang mempunyai akhir.

Selatan

Selatan adalah salah satu arah mata angin dalam kompas. Ia berlawanan arah dengan utara. Selatan biasanya berada di bagian bawah suatu peta. Hal ini dapat dipastikan pada lembar peta dengan adanya tanda panah yang menunjuk huruf U besar atau utara
Ada dua jenis selatan, yaitu:
  1. Selatan asli, dan
  2. Selatan magnetis.
Timur adalah sebuah arah mata angin dalam kompas. Timur biasanya berada di sebelah kanan peta. Matahari dan Bulan terbit di sebelah timur. Dalam navigasi, timur dinyatakan sebagai arah 90°. Timur berlawanan arah dengan Barat.
Bumi berotasi mengikuti arah timur, oleh sebab itulah Matahari terbit dari arah tersebut. Bangunan keagamaan Hindu (candi) secara tradisional menghadap ke arah timur (pintu masuk dari sisi barat).
Kata timur sebenarnya merupakan istilah bagi angin tenggara yang berhembus di kepulauan Nusantara yang dikenal oleh para pelaut Austronesia. Di dalam bahasa Tagalog kata timog, yang memiliki hubungan etimologis dengan timur berarti selatan

Barat


Barat dapat mengacu kepada beberapa hal berikut:
Kata barat merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta: Bharata, (bahasa Hindi: Bharat, भारत) yang merujuk pada nama negara India. Dahulu para pedagang dari India yang juga menyebarkan agama dan budaya Hindu di Indonesia menyebut diri mereka "datang dari Bharat", sehingga arah kedatangan mereka disebut "barat" oleh orang-orang Melayu.
Comments
0 Comments