| Mera Naam Joker: seni gift

Senin, 10 Januari 2011

seni gift

Foto hasil animasi dengan Gift Animator + Photo Shop
Pembuatan Animasi :

Apa yang dimaksud dengan animasi, tentu kita sudah mengerti yang dimaksud kata tersebut. Animasai adalah rekayasa membuat foto atau gambar diam (statis) menjadi gambar seolah-olah hidup karena dapat bergerak gerak sesuai irama yang telah kita tentukan.

Pada foto disamping merupakan animasi dari sebuah foto statis. hasilnya sangat realistis, seolah kita sedang menyaksikan deburan ombak ditepi pantai.

Ada banyak cara unutk membuat animasi yaitu dengan bantuan softawrae animasi seperti Adobe Flash, Gift Animator, Java, Camtasia Studio dan lain lain. Tetapi Software yang paling banyak dipakai untuk membuat Animasi baik Foto atau tulisan adalah Adobe Flash. Dengan  Adobe Flash kita dapat  membuat file animasi menjadi interaktif, karena softawre ini dapat kita program sesuai  keinginan dengan menyisipkan action script yaitu program perintah untuk menjalankan animasi.

Ada dua macam program perintah pada action script ini yaitu :
frame action dan object action dimana frame action disisipkan pada frame sedangkan object action disisipkan pada oject agar dapat berinteraksi.

Foto Asli



Foto Asli
Agar foto atau gambar statis menjadi seolah-olah hidup, tentu diperlukan kreatifitas dan imajinasi. Jika imajinasi dan kreatifitas kita tinggi, maka hasil animasinya tentu sangat menarik dilihat. Tetapai jika kita kurang memiliki kreatifitas, maka hasil olahan foto atau gambar animasinya tentu  kurang menarik, yaitu cuma sekedar gambar yang goyang-goyang tetapi tidak memiliki irama sesuai dengan keadaan saat dimana gambar atau foto tersebut diambil dari lokasi. misalnya dari sebuah danau atau pantai. dan sebagainya.
Foto hasil animasi dengan Gift Animator + Photo Shop


Hasil animasi dengan Adobe Flash...
Kelebihan pengolahan file animasi dengan flash adalah ukuran file hasil kompilasinya sangat kecil sehingga jika kita sisipkan pada halaman blog atau web cepat muncul saat web atau blog tadi kita buka.
Menyusun foto untuk kita buat animashi dengan Adobe Flash


Memberi Tweening untuk memperhalus gerakan

Memilih jenis tweening
Dalam membuat animasi banyak sekali softawre yang mendukung untuk kepentingan ini, pilihan jenis software yang akan kita pakai tentu disesuaikan dengan kebutuhan. Jika animasi yang akan kita buat sifatnya sangat sederhana, kita cukup menggunakan Gift Animator. Dengan Gift Animator kita tidak perlu memberikan berbagai macam atribut. kita cukup memasukan beberapa gambar, maka selanjutnya akan diolah oleh softawre tadi, tidak pusing harus ini itu..

Tetapi jika kita menginginkan penampilan yang lebih atraktif dalam merancang animasi, maka softawre Gift Animator sangat tidak cocok, karena kita tidak dapat mengatur perintah sesuai keinginan. Perhatikan foto pada  "sidebar", Animasi itu menggabungan unsur foto, tulisan dan gambar, dengan tiga komponen atau mungkin lebih, tidak mungkin kita rancang dengan Software Gift animator karena terlalu sulit. Kesimpulannya, Software Gift Animator hanya cocok untuk pembuatan animasi dengan satu jenis foto atau gambar statis. tidak mendukung untuk unsur gabungan. karena Gift Animator berjalan pada satu Layer sedang kan Flash terdiri dari beberapa layer. Setiap layer dapat kita isi gambar, foto atau tulisan. Masing-masing layer sebelum di gabung, (compile) berdiri sendiri, sehingga kita dapat mengatur seperti apa bentuk animasi pada masing-masing layer sesuai keinginan. misalnya, ada 4 layer dimana layer pertama berisi gambar mobil berlari kencang, layer ke dua foto orang menyebrang, layer ke tiga foto kuda lari dan layer ke 4 tulisan.. dsbgainya.

Bagi yang berminat silahkan cari dan donlod  program Gift atau Adobe flash  dari google, program2 tersebut banyak sekali  tersedia, anda tinggal memilih, ada yang berbayar ada juga yang gratis. Kalau mau efisien cari yang menyertakan serial number atau crackingnya.....:D
Sayang tidak semua animasi yang memakai format gif dapat diterima oleh  blog gratisan, demikian juga animasi yang memakai format swf atau flash  juga tidak boleh dijalankan di blog gratisan, saat kita mau upload file  tersebut, maka keluar peringatan " Flash tidak dapat dimuat, ataua jika  kita upload gif, maka animasi dari gif tersebut juga tidak jalan.  Jika  kita menginginkan semua format animasi jalan,  sebaiknya kita memakai  server yang berbayar :P namanya juga gratis maklum aja lah..
Comments
0 Comments