| Mera Naam Joker: Voodoo(aliran ilmu hitam) dan agama terkait

Jumat, 14 Januari 2011

Voodoo(aliran ilmu hitam) dan agama terkait


Vodun kadang-kadang disebut Voodoo, Vodoun, Vodou. Agama terkait dengan Vodun adalah: Candomble, Lucumi, Macumba, dan Yoruba)
Umum latar belakang:
Vodun (alias Vodoun, Voudou, Voodoo, SEVI LWA) yang biasa disebut Voodoo (vû'dû) oleh publik. Nama itu berasal dari dewa Vodun Afrika Barat Yoruba orang-orang yang tinggal di Dahomey abad ke-18 dan 19. Akarnya mungkin kembali 6.000 tahun di Afrika. Negara itu menduduki bagian, Togo hari ini Benin dan Nigeria. Budak membawa agama mereka dengan mereka ketika mereka secara paksa dikirim ke Haiti dan pulau-pulau lainnya di Hindia Barat.
Vodun secara aktif ditekan selama masa penjajahan.

    "Imam Banyak yang dibunuh atau dipenjara, dan kuil mereka dihancurkan, karena ancaman mereka diajukan ke Euro-Christian/Muslim kekuasaan. Hal ini memaksa beberapa Dahomeans untuk membentuk Order Vodou dan menciptakan masyarakat bawah tanah, untuk melanjutkan pemujaan yang nenek moyang mereka, dan penyembahan dewa mereka yang kuat. " 1
Vodun telah bebas dipraktekkan di Benin sejak pemerintahan demokratis dipasang di sana pada tahun 1989, sekitar 60% dari populasi mengikuti agama ini. Vodun secara resmi diakui sebagai agama resmi Benin di 1996-Februari Hal ini juga diikuti oleh sebagian besar orang dewasa di Haiti yang juga nominal Katolik Roma. Hal ini dapat ditemukan di banyak kota-kota besar di Amerika Utara, khususnya di Amerika Selatan.
Saat ini lebih dari 60 juta orang di seluruh dunia praktek Vodun. Agama mirip dengan Vodun dapat ditemukan di Amerika Selatan di mana mereka dipanggil Umbanda, Quimbanda atau Candomble.
Saat ini, ada dua bentuk hampir tidak berhubungan dari agama: Sebuah peluru agama aktual, Vodun dipraktekkan di Benin, Republik Dominika, Ghana, Haiti, Togo dan berbagai pusat di AS - sebagian besar di mana pengungsi Haiti telah menetap. Sebuah peluru agama, jahat imajiner, yang akan kita sebut Voodoo. Ini telah diciptakan untuk film Hollywood, lengkap dengan kekerasan, ritual aneh, dll tidak ada dalam kenyataan.
Sejarah Vodun di barat:
Budak telah dibaptis ke dalam Gereja Katolik Roma pada saat kedatangan mereka di Haiti dan India Barat pulau lainnya. Namun, ada sedikit infrastruktur hadir Kristen selama awal abad 19 untuk mempertahankan iman. Hasilnya adalah bahwa para budak sebagian besar diikuti iman asli asli mereka. Ini mereka berlatih secara rahasia, bahkan saat menghadiri Misa secara teratur.
Sebuah buku yang tidak akurat dan sensasional (S. St. John, "Haiti atau Republik Black") ditulis pada tahun 1884. Ini menggambarkan Vodun sebagai agama sangat jahat, dan termasuk deskripsi seram pengorbanan manusia, kanibalisme, dsb, beberapa yang telah diambil dari imam Vodun dengan penyiksaan. Buku ini menangkap imajinasi orang di luar Hindia Barat, dan bertanggung jawab untuk banyak kesalahpahaman dan rasa takut yang hadir saat ini. Hollywood menemukan sumber yang kaya untuk layar Voodoo bermain. Film Horor dimulai pada tahun 1930-an dan terus hari ini untuk membalikkan Vodun. Hanya sejak 1950-an bahwa penelitian akurat oleh para antropolog telah diterbitkan.
Agama-agama lain (Macumba, Candomble, Umbanda dan Santeria) beruang banyak kesamaan Vodun.
Vodun keyakinan:
Vodun, seperti Kristen, adalah agama yang banyak tradisi. Setiap kelompok mengikuti jalan spiritual yang berbeda dan memuja dewa yang sedikit berbeda dari roh, yang disebut Loa. Kata itu berarti "misteri" dalam bahasa Yoruba.
Yoruba kepercayaan tradisional termasuk Tuhan Olorun senior, yang terpencil dan diketahui. Ia resmi Tuhan yang lebih rendah Obatala untuk menciptakan bumi dan semua bentuk kehidupan. Sebuah pertempuran antara dua Allah menyebabkan pembuangan sementara Obatala's.
Ada ratusan roh kecil. Mereka yang berasal dari Dahomey disebut Rada; orang-orang yang ditambahkan kemudian sering pemimpin meninggal di dunia baru dan disebut Petro. Beberapa ini adalah peluru Agwe: semangat laut Aida peluru Wedo: semangat pelangi peluru Ayza: pelindung peluru Baka: roh jahat yang berbentuk binatang peluru Baron Samedi: penjaga kubur peluru Dambala (atau Damballah-Wedo): roh ular peluru Erinle: semangat hutan peluru Ezili (atau Erzulie): semangat cinta perempuan peluru Mawu Lisa: semangat penciptaan peluru Ogou Balanjo: semangat penyembuhan peluru Ogun (atau Ogu Bodagris): semangat perang peluru Osun: semangat penyembuhan stream peluru Sango (atau Shango): semangat badai peluru Yemanja: semangat perempuan air peluru Zaka (atau Oko): semangat pertanian
Ada sejumlah titik kesamaan antara Gereja Katolik Roma dan Vodun: peluru Keduanya percaya pada yang tertinggi. Peluru Loa menyerupai Kristen Orang-orang Suci, dalam arti bahwa mereka sekali orang-orang yang menjalani kehidupan yang luar biasa, dan biasanya diberi tanggung jawab tunggal atau atribut khusus. peluru Kedua percaya pada kehidupan setelah kematian. peluru Keduanya memiliki, sebagai pusat dari beberapa upacara mereka, sebuah upacara pengorbanan dan konsumsi daging dan darah. peluru Keduanya percaya adanya roh-roh jahat tak terlihat atau setan. peluru Pengikut Vodun percaya bahwa setiap orang memiliki tet bertemu (master kepala) yang sesuai dengan santo pelindung seorang Kristen.
Pengikut Vodun percaya bahwa setiap orang memiliki jiwa yang terdiri dari dua bagian: ange Gros bon atau "malaikat pelindung besar", dan ti ange bon atau "malaikat pelindung kecil". Yang terakhir meninggalkan tubuh selama tidur dan ketika orang dimiliki oleh seorang Loa selama ritual. Ada kekhawatiran bahwa ti ange bon dapat rusak atau ditangkap oleh sihir jahat ketika sedang bebas dari tubuh.
Vodun ritual:
Tujuan dari ritual ini adalah untuk melakukan kontak dengan roh, untuk mendapatkan kepentingan mereka dengan menawarkan korban binatang dan hadiah, untuk mendapatkan bantuan dalam bentuk makanan yang lebih berlimpah, standar hidup yang lebih tinggi, dan kesehatan ditingkatkan. Manusia dan Loa bergantung pada satu sama lain; manusia menyediakan makanan dan bahan lain; yang Loa memberikan kesehatan, perlindungan dari roh jahat dan nasib baik. Ritual yang diadakan untuk merayakan peristiwa beruntung, mencoba untuk melarikan diri lari dari nasib buruk, untuk merayakan hari perayaan musiman terkait dengan Loa, untuk penyembuhan, pada saat kelahiran, pernikahan dan kematian.
imam Vodun bisa laki-laki (houngan atau hungan), atau perempuan (mambo). Sebuah candi Vodun disebut hounfour (atau humfort). Pada pusatnya adalah mitan Poteau-tiang di mana Allah dan roh berkomunikasi dengan orang-orang. Sebuah mezbah akan rumit dihiasi dengan lilin, foto-foto orang-orang kudus Kristen, item simbolik terkait dengan Loa, Ritual dll terdiri dari beberapa komponen berikut: peluru pesta sebelum upacara utama. peluru penciptaan Veve, pola tepung atau tepung jagung di lantai yang unik ke Loa untuk siapa ritual dilakukan peluru gemetar menggentarkan dan memukul drum yang telah dibersihkan dan dimurnikan nyanyian peluru peluru menari oleh houngan dan / atau mambo dan hounsis (mahasiswa yang belajar Vodun). menari biasanya akan membangun intensitas sampai salah satu penari (biasanya hounsis a) menjadi dimiliki oleh Loa dan jatuh. ti Nya atau nya bon ange telah meninggalkan tubuh mereka dan roh telah mengambil kontrol. Para penari yang dimiliki akan berperilaku sebagai Loa dan diperlakukan dengan hormat dan upacara oleh orang lain ini. peluru hewan kurban; ini mungkin seekor kambing, domba, ayam, atau anjing. Mereka biasanya manusiawi dibunuh oleh menggorok leher mereka, darah dikumpulkan dalam sebuah kapal. Penari memiliki mungkin minum darah. Rasa lapar dari Loa kemudian diyakini puas. hewan ini biasanya dimasak dan dimakan. pengorbanan Hewan adalah metode menguduskannya makanan untuk dikonsumsi oleh pengikut Vodun, dewa mereka dan nenek moyang.

Evil sihir:
Para houngan dan mambos membatasi kegiatan mereka untuk sihir "putih" yang digunakan untuk membawa nasib baik dan penyembuhan. Namun caplatas (juga dikenal sebagai bokors) melakukan tindakan kejahatan atau ilmu sihir ilmu hitam, kadang-kadang disebut "Vodun kidal". Jarang, houngan akan terlibat dalam sihir tersebut; suatu beberapa alternatif antara sihir putih dan gelap.
Satu keyakinan unik untuk Vodun adalah bahwa orang mati dapat dihidupkan kembali setelah dikuburkan. Setelah kebangkitan, zombie tidak memiliki kehendak mereka sendiri, tetapi tetap di bawah kendali orang lain. Pada kenyataannya, zombie adalah orang hidup yang belum pernah meninggal, tetapi berada di bawah pengaruh obat kuat dikelola oleh penyihir jahat. Meskipun Haiti yang paling percaya zombie, hanya sedikit yang pernah melihatnya. Ada contoh dicatat beberapa orang yang telah diklaim sebagai zombie.
Pin menempel di boneka pernah digunakan sebagai metode mengutuk individu oleh beberapa pengikut Vodun di New Orleans, praktek ini terus kadang-kadang di Amerika Selatan. Praktek ini menjadi terkait erat dengan Voodoo dalam pikiran publik melalui kendaraan film horor.

Budak Afrika diangkut ke Karibia membawa keyakinan agama dan spiritual dengan mereka
 AGAMA LAMA AGAMA BARU


Sedangkan agama yang dominan di pulau Karibia semua varian dari kekristenan, beberapa agama adalah hasil dari budak Afrika menggabungkan praktek-praktek spiritual mereka dengan keyakinan penculik mereka.
Agama-agama Kreol yang paling sering dilakukan di pulau-pulau Perancis dan Spanyol di mana Gereja Katolik Roma adalah agama kulit putih. Dua bentuk paling terkenal dari agama-agama Kreol adalah Vodou (Voodoo dan Vodun adalah ejaan biasa) dan Santeria (juga disebut Regla de Ocha).
Meskipun agama Kreol dengan nama yang paling dikenali adalah Voodoo, kebenaran tentang keyakinan ini agak kurang glamor dari Hollywood akan paling percaya. Kreol praktek keagamaan tidak biasanya melibatkan mantra jahat dan boneka terjebak dengan pin. Membuat Creole
agama Kreol dikembangkan di pulau-pulau di mana budak Afrika diindoktrinasi menjadi Katolik Roma. Secara umum, hal ini dimungkinkan karena praktek Katolik ibadah suci mudah dipinjamkan untuk interpretasi budaya. Budak - biasanya pekerja lapangan - yang diperkenalkan ke Katolik dengan cara pukulan yang paling sering dikembangkan agama-agama baru.
Pemilik biasanya percaya agama akan mengambil terlalu banyak waktu jauh dari tenaga kerja lapangan, jadi budak diberi pengantar singkat untuk menyembah Katolik dan praktek. Budak "creolized" agama dengan menghubungkan kepribadian alternatif untuk orang-orang kudus - kepribadian Afrika dewa dan dewi.
Salah satu aspek yang paling penting dari perubahan ini agama adalah kemampuan mereka untuk tetap tidak terdeteksi. Di luar, kuil yang didedikasikan untuk orang-orang kudus Katolik. Namun, ini kepribadian-ganda berarti bahwa orang-orang kudus ini bertindak sebagai sedikit lebih dari topeng putih untuk dewa Afrika mereka, dan simbol yang terkait dengan para dewa dan dewi kemudian dikaitkan dengan orang-orang kudus. Namun, penting untuk diingat bahwa kedua agama Afrika dan Katolik mengalami perubahan selama proses ini.
Agama juga berbeda dari pulau ke pulau juga. Agama Kreol dibuat di Haiti berbahasa Perancis disebut Vodou, sementara Kuba berbahasa Spanyol terbentuk Santeria. Mistisisme dan spiritual keyakinan umum di pulau-pulau lain termasuk Obeah (keyakinan dalam penyihir-dokter dan praktek mistik) dan Espiritismo (penyembuhan lebih modern dan keyakinan spiritual). Aspek Umum
Meskipun perbedaan dalam praktik dan kepercayaan berlimpah, persamaan yang umum, juga. Sebagai contoh, ini menggabungkan unsur-unsur agama tauhid dan kemusyrikan. agama Afrika memiliki satu tertinggi utama adalah tetapi juga memiliki dewa lainnya. Gereja Katolik Roma, dengan prakteknya ibadah suci, adalah sama karena mereka juga bertindak sebagai perantara antara Tuhan Yang Maha Esa dan kemanusiaan.
Roh juga penting. Kedua arwah leluhur dan roh entitas hidup lainnya dapat memainkan peran dalam kehidupan hidup. Supernatural daya juga dapat diilhami dalam benda mati. Kontak antara dunia manusia dan dunia roh merupakan hal penting dalam agama Creole, dan bahkan dapat diwujudkan sebagai harta - atau melalui korban binatang.
Roh dan daya dapat menjadi terpusat menjadi satu manusia, seorang pemimpin yang dapat menularkan pengetahuan kepada orang lain. Para pemimpin juga memimpin ritual-ritual yang merupakan bagian dari agama. Ritual menarik berat pada musik dan tari sebagai bentuk kontak dengan dunia roh, kadang-kadang bahkan memberikan tarian atau potongan musik untuk dewa tertentu.
agama Kreol telah menyebar ke daerah-daerah di mana mantan Karibia-negara telah pindah. Orang membawa agama mereka dari Puerto Rico dan Kuba ke New York, dan Haiti telah pergi ke Amerika Serikat juga. Namun, banyak menganggap praktek-praktek dari agama-agama sebagai rahasia yang dijaga ketat dan kurang dari bersedia membiarkan orang luar bergabung masuk Praktek yang berbeda
Santeria dan Vodou dalam beberapa hal yang paling serupa dari agama Creolized Afrika - Regla de Palo dan Abakuá Rahasia Masyarakat juga kesamaan berbagi tapi kurang terkenal dibandingkan dua lainnya. Espiritismo menggabungkan banyak elemen untuk menjadi sistem kepercayaan sendiri juga. Sementara itu, Obeah, Myal, dan Quimbois adalah praktek spiritual yang serupa.
Santeria lebih eksplisit didasarkan pada praktek dan kepercayaan dari suku Yoruba di Afrika Barat, sedangkan Vodou menggabungkan tradisi Yoruba dengan kepercayaan Afrika lainnya. Salah satu perbedaan terbesar - yang paling mungkin salah satu yang telah mendapatkan reputasi Vodou - adalah praktek sihir antara percaya Vodou's. Santeros percaya dalam kepemilikan, tapi umumnya bukan sihir atau pesona.
Regla de Palo, diikuti oleh Kongo di Kuba, menggabungkan banyak kepercayaan dari Santeros dengan sedikit lebih magis. Praktek oleh Paleros juga dijaga ketat, yang mengarah ke spekulasi lebih lanjut tentang mereka "sihir." The Secret Society Abakuá unik sebagai agama Kreol satunya yang khusus untuk laki-laki.
Agama-agama itu sendiri didasarkan pada Afrika dewa dan dewi. Namun, Espiritismo memadukan unsur-unsur Katolik dengan unsur-unsur gerakan Prancis lebih baru "spiritualis" dan bahkan kepercayaan Taíno, khususnya di Puerto Rico. Santerismo yang terbaik didefinisikan sebagai kombinasi Santeria dan Espiritismo, dan sedang berlatih lebih dan lebih luar Karibia.
Obeah, Myal, dan Quimbois adalah bentuk Creolized Afro-Karibia praktek sihir dan penyembuhan. Ashanti dan suku bahasa yang bersatu lainnya dibawa ke Karibia sebagai budak hampir secara eksklusif oleh Inggris - Spanyol, Perancis dan berpikir Afrika ini menjadi lebih mungkin untuk memberontak. Ini berarti bahwa praktek-praktek spiritual yang dilakukan hampir secara eksklusif pada pulau-pulau Inggris, meskipun Quimbois adalah praktek populer di Martinique dan Guadeloupe.
Praktisi Obeah, yang disebut Obeah-laki-laki atau-Obeah perempuan, belajar banyak tentang tanaman daerah dan menggunakannya untuk penyembuhan atau untuk tujuan memberontak. Di pulau-pulau Inggris, Obeah, dan segala praktek yang serupa, adalah dilarang. Sihir adalah penting untuk semua rohani (namun tidak religius) kepercayaan dari Afrika diangkut, sementara beberapa lebih terfokus pada yang baik, atau buruk, aspek kemampuan ajaib mereka sebagai praktisi. Dewa dan Orang Suci
Setiap agama Kreol memiliki nama sendiri untuk dewa, tetapi nama-nama ini sering merupakan dewa Afrika yang sama dan dapat diwakili oleh orang-orang kudus yang sama juga. Orang-orang kudus dan dewa diidentifikasi dengan simbol tertentu.
Meskipun ada banyak lagi yang bisa dikatakan tentang agama dan dewa-dewa mereka, beberapa Santeria paling penting dan dewa Voodoo tercantum di bawah ini: Sementara beberapa Santeria lebih penting dan dewa Vodou termasuk di sini, Pantheon Creole yang besar dan termasuk dewa dan dewi lainnya. Praktek-praktek yang unik dan menarik sangat berbeda dari pulau ke pulau, dan mereka terus tumbuh dan berubah sebagai praktisi Karibia dari agama dan kepercayaan spiritual bergerak di seluruh dunia.
beberapa Santeria paling penting dan dewa Voodoo tercantum di bawah ini:
Orisha (Santería) Lwa (Vodou) Similar to: Role Symbols Offerings
Olorun, Olodumare, Olofi -- Father, Son, Holy Ghost Creator, Sky God, God on Earth, and Spirit of God N/A N/A
-- Gran Met (Haiti) Essentially monotheistic Creator God N/A N/A
Eleguá or Echú Eleguá -- Christ Child of Atocha; San Antonio de Padua; Anima Sola or devil

Papa Legba or Papa La Bas
Important to crossroads, thresholds, and luck. Enforces justice. Reports to God about humans. Can alternately be a trickster. Cement or clay head with cowrie shells, coconut, large stone, the colors red and black, the number three, and Monday Pastries, sweets, rum, tobacco, rooster, or male goat
-- Papa Legba or Papa La Bas Saint Peter Intermediary of the gods to people. Guardian of the gates to heaven and the crossroads. Has a limp, walks with a crutch, often in rags, with a pipe in his mouth. Left at crossroads
Ogún Papa Ogoun St. James the Elder (Santiago) and St. Peter War, iron, minerals, mountains, forge, blacksmith, tools, technology. Responsible for any who use iron or steel often. Iron objects. Represented by an iron pot. Colors are black and green, numbers are seven and three. Tuesday is his day. Palm wine, salt, roasted yams, tortoises, and dogs
-- Agwé, Agwé-taroyo, or Admiral Agwé Saint Ulrich Protector of ships at sea, sea life, and fishermen Boats with oars painted blue or green; shells; small metal fish; or tridents. Often represented by steamboats or warships. Take place at seasides or edges of lakes and rivers. Include boats loaded with drinks - usually champagne.
Changó Changó Santa Bárbara most commonly; also Sts. Patrick, Mark, and George. Protector of warriors, fishermen, and hunters. God of music, particularly batá drums, thunder, and lightning. Double-bladed ax or hatchet, thunderstones or flint stones collected after lightning storms, mortar, a castle, the sword and the cup. Colors are red and white, day is Dec. 4 - Santa Bárbara's feast day. Numbers four and six. Ram, tortoise, okra, bean fritters, and cornmeal with okra
Comments
0 Comments