| Mera Naam Joker: hukum

Selasa, 25 Januari 2011

hukum


       BAB I

                                  PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

          Dalam   penetapan   hukum   dalam   agama   Islam   harus   dilandasi   dengan   pijakan   atau

alasan yang disebut dengan sumber hukum, sumber hukum yang dimaksud yaitu Al Quran

dan   as  sunnah.  Namun    adakalanya   timbul  permasalahan-permasalahan      baru  yang  timbul

akibat   berkembangnya     jaman,  oleh  karena  itu  dibutuhkan   sesuatu  yang  dapat  dijadikan

pijakan untuk menetapkan hukum perkara tersebut.

          Dengan didasari oleh hadits Nabi, para ulama berijtihad dan menyusun sistematika

istinbat hukum. Akan tetapi, dalam perkembangan perkembangan pemikiran ushul fikih yang

terlihat   dalam   kitab-kitab   ushul   fikih   kontemporer,   istilah   sumber   hukum   dan   dalil   hukum

tidak dibedakan. Maka dalam makalah ini kami akan berusaha membahasnya dan akan kami

sertakan sumber hukum utama yaitu Al Quran.
<span class="fullpost">                                 BAB II

                                   PEMBAHASAN

                       Sumber-Sumber Hukum Islam

                                       A. Al-Quran

1.  Pengertian Al-Quran

        Ditinjau dari segi kebahasaan (etimologi), Al-Qur’an berasal dari bahasa Arab yang

berarti   "bacaan"   atau   "sesuatu   yang   dibaca  berulang-ulang".   Kata Al-Qur’an adalah bentuk

kata benda (masdar) dari kata kerja qara'a yang artinya membaca. Konsep pemakaian kata ini

dapat juga dijumpai pada salah satu surat Al-Qur'an sendiri yakni pada ayat 17 dan 18 Surah

Al-Qiyamah yang artinya:

“Sesungguhnya mengumpulkan Al-Qur’an (di dalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya

(pada lidahmu) itu adalah tanggungan Kami. (Karena itu,) jika Kami telah membacakannya,

hendaklah kamu ikuti {amalkan} bacaannya”.

        Dalam   Al-Qur'an   sendiri   terdapat   beberapa   ayat   yang   menyertakan   nama   lain   yang

digunakan untuk merujuk kepada Al-Qur'an itu sendiri. Berikut adalah nama-nama tersebut :

Al-Kitab (buku)                        Al-Qaul (perkataan/ucapan)

Al-Furqan (pembeda benar salah)        Ar-Rahmat (karunia)

Adz-Dzikr (pemberi peringatan)         Ar-Ruh (ruh)

Al-Mau'idhah (pelajaran/nasehat)       Kalam (ucapan/firman)

Al-Hukm (peraturan/hukum)              Al-Bayan (penerang)

Al-Hikmah (kebijaksanaan)              Al-Busyra (kabar gembira)

Asy-Syifa' (obat/penyembuh)            An-Nur (cahaya)

Al-Huda (petunjuk)                     Al-Basha'ir (pedoman)

At-Tanzil (yang diturunkan)            Al-Balagh (penyampaian/kabar)

edangkan setelahnya tergolong surat Madaniyah. Pembagian berdasar fase sebelum

         dan sesudah hijrah ini lebih tepat,sebab ada surat Madaniyah yang turun di Mekkah

     •   Juz dan manzil

                  Dalam     skema     pembagian     lain,  Al-Qur'an     juga  terbagi  menjadi     30   bagian

         dengan      panjang    sama     yang    dikenal    dengan    nama     juz.  Pembagian       ini  untuk

         memudahkan mereka yang ingin menuntaskan bacaan Al-Qur'an dalam 30 hari (satu

         bulan).   Pembagian   lain   yakni   manzil   memecah   Al-Qur'an   menjadi   7   bagian   dengan

         tujuan   penyelesaian   bacaan   dalam  7   hari   (satu   minggu).   Kedua   jenis   pembagian   ini

         tidak memiliki hubungan dengan pembagian subyek bahasan tertentu.

     •   Menurut ukuran surat

                  Kemudian       dari  segi  panjang-pendeknya,        surat-surat   yang   ada   didalam    Al-

         Qur’an terbagi menjadi empat bagian, yaitu:

          As Sab’uththiwaal (tujuh surat yang panjang). Yaitu Surat Al-Baqarah, Ali Imran,

             An-Nisaa’, Al-A’raaf, Al-An’aam, Al Maa-idah dan Yunus

          Al Miuun (seratus ayat lebih), seperti Hud, Yusuf, Mu'min dan sebagainya

          Al   Matsaani   (kurang   sedikit   dari   seratus   ayat),   seperti   Al-Anfaal,   Al-Hijr   dan

             sebagainya

          Al Mufashshal (surat-surat pendek), seperti Al-Ikhlas, An-Nas dan sebagainya

1Sebagian besar membulatkan jumlahnya menjadi 6666 ayat

3.  Sejarah Al-Qur'an hingga berbentuk mushaf

     •   Penurunan Al-Qur'an

                  Dipercayai      oleh   umat    Islam   bahwa     penurunan     Al-Qur'an     terjadi  secara
         berangsur-angsur selama 23 tahun.(2) Oleh para ulama membagi masa turun ini dibagi

         menjadi   2   periode,   yaitu   periode   Mekkah   dan   periode   Madinah.   Periode   Mekkah

         berlangsung   selama   13   tahun   masa   kenabian   Rasulullah   SAW   dan   surat-surat   yang

         turun pada waktu ini tergolong surat Makkiyyah. Sedangkan periode Madinah yang

         dimulai sejak peristiwa hijrah berlangsung selama 10 tahun dan surat yang turun pada

         kurun waktu ini disebut surat Madaniyah.

     •   Penulisan Al-Qur'an dan perkembangannya

                  Penulisan     (pencatatan    dalam    bentuk    teks)  Al-Qur'an    sudah    dimulai    sejak

         zaman      Nabi   Muhammad        SAW.      Kemudian      transformasinya      menjadi    teks   yang

         dijumpai saat ini selesai dilakukan pada zaman khalifah Utsman bin Affan.

     •   Pengumpulan Al-Qur'an di masa Rasullulah SAW

                  Pada    masa   ketika   Nabi   Muhammad   SAW          masih   hidup,   terdapat   beberapa

         orang yang ditunjuk untuk menuliskan Al Qur'an yakni Zaid bin Tsabit, Ali bin Abi

         Talib, Muawiyah bin Abu Sufyan dan Ubay bin Kaab. Sahabat yang lain juga kerap

         menuliskan       wahyu     tersebut   walau    tidak   diperintahkan.     Media     penulisan    yang

         digunakan   saat   itu   berupa   pelepah   kurma,   lempengan  batu,   daun   lontar,   kulit   atau

         daun   kayu,   pelana,   potongan   tulang   belulang   binatang.   Di   samping   itu   banyak   juga

         sahabat-sahabat       langsung      menghafalkan        ayat-ayat    Al-Qur'an      setelah    wahyu

         diturunkan.

     •   Pengumpulan Al-Qur'an di masa Khulafaur Rasyidin

         1.  Pada masa pemerintahan Abu Bakar

                      Pada masa kekhalifahan Abu Bakar, terjadi beberapa pertempuran (dalam

             perang yang dikenal dengan nama perang Ridda) yang mengakibatkan tewasnya

             beberapa   penghafal   Al-Qur'an   dalam   jumlah   yang   signifikan.   Umar   bin   Khattab

             yang     saat  itu  merasa    sangat   khawatir    akan   keadaan    tersebut   lantas   meminta

             kepada Abu Bakar untuk mengumpulkan seluruh tulisan Al-Qur'an yang saat itu

             tersebar di antara para sahabat. Abu Bakar lantas memerintahkan Zaid bin Tsabit

             sebagai   koordinator   pelaksaan   tugas   tersebut.   Setelah   pekerjaan   tersebut   selesai

             dan Al-Qur'an tersusun secara rapi dalam satu mushaf, hasilnya diserahkan kepada

             Abu Bakar. Abu Bakar menyimpan mushaf tersebut hingga wafatnya kemudian

222 tahun 2 bulan 22 hari


              mushaf tersebut berpindah kepada Umar sebagai khalifah penerusnya, selanjutnya

              mushaf   dipegang   oleh   anaknya   yakni   Hafsah   yang   juga   istri   Nabi   Muhammad

              SAW.

         2.   Pada masa pemerintahan Utsman bin Affan

                       Pada masa pemerintahan khalifah ke-3 yakni Utsman bin Affan, terdapat

              keragaman       dalam    cara   pembacaan      Al-Qur'an     (qira'at)  yang    disebabkan      oleh

              adanya   perbedaan   dialek   (lahjah)   antar   suku   yang   berasal   dari   daerah   berbeda-

              beda.    Hal    ini  menimbulkan        kekhawatiran      Utsman      sehingga     ia  mengambil
              kebijakan   untuk   membuat   sebuah   mushaf   standar(3)        yang   ditulis   dengan   sebuah

             jenis penulisan yang baku. Standar tersebut, yang kemudian dikenal dengan istilah

              cara   penulisan     (rasam)    Utsmani     yang   digunakan     hingga    saat   ini.  Bersamaan

              dengan     standarisasi    ini,  seluruh    mushaf     yang   berbeda     dengan    standar    yang

              dihasilkan diperintahkan untuk dimusnahkan (dibakar). Dengan proses ini Utsman

              berhasil   mencegah   bahaya   laten   terjadinya   perselisihan   di   antara   umat   Islam   di

              masa depan dalam penulisan dan pembacaan Al-Qur'an.

     •   Upaya penerjemahan dan penafsiran Al Qur'an

                  Upaya-upaya untuk mengetahui isi dan maksud Al Qur'an telah menghasilkan

         proses penerjemahan (literal) dan penafsiran (lebih dalam,   mengupas   makna) dalam

         berbagai     bahasa.    Namun      demikian     hasil  usaha    tersebut    dianggap    sebatas    usaha

         manusia      dan   bukan    usaha   untuk    menduplikasi     atau   menggantikan       teks  yang    asli

         dalam   bahasa   Arab.   Kedudukan   terjemahan   dan   tafsir  yang   dihasilkan   tidak   sama

         dengan Al-Qur'an itu sendiri.

          Terjemahan

                  Terjemahan Al-Qur'an adalah hasil usaha penerjemahan secara literal teks Al-

         Qur'an yang tidak dibarengi dengan usaha interpretasi lebih jauh. Terjemahan secara

         literal   tidak   boleh   dianggap   sebagai   arti   sesungguhnya   dari   Al-Qur'an.   Sebab   Al-

         Qur'an   menggunakan   suatu   lafazh   dengan   berbagai   gaya   dan   untuk   suatu   maksud
         yang bervariasi; terkadang untuk arti hakiki, terkadang pula untuk arti majazi(4)  atau

         arti dan maksud lainnya.

3Menyalin Mushaf yang dipegang Hasfah

4Kiasan


          Tafsir

                 Upaya   penafsiran   Al-Qur'an   telah   berkembang   sejak   semasa   hidupnya   Nabi

        Muhammad,        saat  itu  para   sahabat   tinggal  menanyakan     kepada     sang  Nabi    jika

        memerlukan        penjelasan    atas  ayat   tertentu.  Kemudian     setelah    wafatnya     Nabi

        Muhammad   hingga   saat   ini   usaha   menggali   lebih   dalam   ayat-ayat   Al-Qur'an   terus

        berlanjut. Pendekatan (metodologi) yang digunakan juga beragam, mulai dari metode

        analitik,   tematik,   hingga    perbandingan     antar  ayat. Corak     yang   dihasilkan   juga

        beragam,     terdapat   tafsir  dengan   corak   sastra-bahasa,    sastra-budaya,   filsafat  dan

        teologis bahkan corak ilmiah.

4.  Adab Terhadap Al-Qur'an

        Sebelum   menyentuh   sebuah   mushaf   Al-Qur'an,   seorang  Muslim   dianjurkan   untuk

menyucikan      dirinya   terlebih  dahulu   dengan    berwudhu.    Hal   ini  berdasarkan   tradisi  dan

interpretasi secara literal dari surat Al Waaqi'ah ayat 77 - 79:

”Sesungguhnya Al-Qur'an ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara

(Lauhul Mahfuzh), tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.”

Penghormatan terhadap teks tertulis Al-Qur'an adalah salah satu unsur penting kepercayaan

bagi sebagian besar Muslim. Mereka memercayai bahwa penghinaan secara sengaja terhadap

Al Qur'an adalah sebuah bentuk penghinaan serius terhadap sesuatu yang suci. Berdasarkan

hukum pada beberapa negara berpenduduk mayoritas Muslim, hukuman untuk hal ini dapat

berupa penjara kurungan dalam waktu yang lama dan bahkan ada yang menerapkan hukuman

mati.

5.  Hubungan dengan kitab-kitab lain

        Berkaitan   dengan   adanya   kitab-kitab   yang   dipercayai   diturunkan   kepada   nabi-nabi

sebelum Muhammad SAW dalam agama Islam (Taurat, Zabur, Injil, lembaran Ibrahim), Al-

Qur'an dalam beberapa ayatnya menegaskan posisinya terhadap kitab-kitab tersebut. Berikut

adalah   pernyataan   Al-Qur'an   yang   tentunya   menjadi   doktrin   bagi   ummat   Islam   mengenai

hubungan Al-Qur'an dengan kitab-kitab tersebut:

     Bahwa Al-Qur'an menuntut kepercayaan ummat Islam terhadap eksistensi kitab-kitab

        tersebut. QS(2:4)

     Bahwa         Al-Qur'an   diposisikan   sebagai   pembenar    dan   batu  ujian  (verifikator)  bagi

        kitab-kitab sebelumnya. QS(5:48)


      Bahwa         Al-Qur'an     menjadi     referensi   untuk    menghilangkan        perselisihan    pendapat

         antara ummat-ummat rasul yang berbeda. QS(16:63-64)

      Bahwa          Al-Qur'an     meluruskan       sejarah.   Dalam      Al-Qur'an     terdapat    cerita-cerita

         mengenai kaum dari rasul-rasul terdahulu, juga mengenai beberapa bagian mengenai

         kehidupan   para   rasul   tersebut.   Cerita   tersebut   pada  beberapa   aspek   penting   berbeda

         dengan   versi   yang   terdapat   pada   teks-teks   lain   yang  dimiliki   baik   oleh   Yahudi   dan

         Kristen.

6.   Fungsi dan Peranan al-Qur'an

         Al-Qur'an      adalah    wahyu    Allah    yang    berfungsi    sebagai    mu'jizat   bagi   Rasulullah

Muhammad         saw    sebagai   pedoman      hidup   bagi   setiap   Muslim     dan   sebagai    korektor    dan

penyempurna        terhadap    kitab-kitab    Allah    yang   sebelumnya,      dan   bernilai   abadi.   Sebagai

mu'jizat, Al-Qur'an telah menjadi salah satu sebab penting bagi masuknya orang-orang Arab

di zaman Rasulullah ke dalam agama Islam, dan menjadi sebab penting pula bagi masuknya

orang-orang sekarang, dan ( insya Allah) pada masa-masa yang akan datang. Ayat-ayat yang

berhubungan       dengan     ilmu   pengetahuan      dapat   meyakinkan       kita  bahwa    Al-Qur'an     adalah

firman-firman Allah, tidak mungkin ciptaan manusia  apalagi ciptaan Nabi Muhammad saw

yang ummi yang hidup pada awal abad ke enam Masehi (571 - 632 M).

         Demikian juga ayat-ayat yang berhubungan dengan sejarah seperti tentang kekuasaan

di Mesir, Negeri  Saba'. Tsamud,   'Ad,   Yusuf, Sulaiman,   Dawud,   Adam,   Musa  dan lain-lain

dapat    memberikan       keyakinan     kepada    kita   bahwa    Al-Qur'an     adalah    wahyu    Allah    bukan

ciptaan     manusia.     Ayat-ayat     yang    berhubungan       dengan    ramalan-ramalan        khusus     yang

kemudian dibuktikan oleh sejarah seperti tentang bangsa Romawi, berpecah-belahnya Kristen

dan   lain-lain   juga   menjadi   bukti   lagi   kepada   kita   bahwa   Al-Qur'an   adalah   wahyu   Allah
SWT.(5)

         Bahasa      Al-qur'an    adalah    mu'jizat   besar   sepanjang     masa,    keindahan      bahasa    dan

kerapihan   susunan   katanya   tidak   dapat   ditemukan   pada   buku-buku   bahasa   Arab   lainnya.

Gaya bahasa yang luhur tapi mudah dimengerti adalah merupakan ciri dari gaya bahasa Al-

Qur'an.   Karena   gaya   bahasa   yang   demikian   itulah   Umar   bin   Khattab   masuk   Islam   setelah

mendengar   Al-Qur'an   awal   surat   Thaha   yang   dibaca   oleh   adiknya   Fathimah.   Abul   Walid,

diplomat Quraisy waktu itu, terpaksa cepat-cepat pulang begitu mendengar beberapa ayat dari

surat Fushshilat yang dikemukakan Rasulullah sebagai jawaban atas usaha-usaha bujukan dan

diplomasinya.

5Terdapat disurat 30 ayat 2,3,4 dan surat 5 ayat 14


         Bahkan Abu Jahal musuh besar Rasulullah, sampai tidak jadi membunuh Nabi karena

mendengar surat adh-Dhuha yang dibaca Nabi. Tepat apa yang dinyatakan Al-Qur'an, bahwa

sebab   seorang   tidak   menerima   kebenaran   Al-Qur'an   sebagai   wahyu   Ilahi   adalah   salah   satu

diantara dua sebab, yaitu :

         a. Tidak berpikir dengan jujur dan sungguh-sungguh.

         b. Tidak sempat mendengar dan mengetahui Al-Qur'an secara baik.

Oleh Al-Qur'an disebut Al-Maghdhub ( dimurkai Allah ) karena tahu kebenaran tetapi tidak

mau     menerima     kebenaran     itu,  dan   disebut   adh-dhollin    (  orang    sesat  )  karena    tidak

menemukan   kebenaran   itu.   Sebagai   jaminan   bahwa   Al-Qur'an   itu   wahyu   Allah,   maka   Al-

Qur'an sendiri menantang setiap manusia untuk membuat satu surat saja yang senilai dengan

Al-Qur'an     (2:23,  24,  17:88).   Sebagai    pedoman     hidup,   Al-Qur'an    banyak   mengemukakan

pokok-pokok serta prinsip-prinsip umum pengaturan hidup dalam hubungan antara manusia

dengan Allah dan mahluq lainnya.

         Didalamnya   terdapat   peraturan-peraturan   seperti   :   beribadah   langsung   kepada   Allah

(2:43,183,184,196,197;   11:114),   berkeluarga   (4:3,   4,15,19,20,25;   2:221;   24:32;   60:10,11),

bermasyarakat ( 4:58; 49:10,13; 23:52; 8:46; 2:143), berdagang (2:275,276,280; 4:29), utang-

piutang   (2:282),   kewarisan   (2:180;   4:7-12,176;   5:106),   pendidikan   dan   pengajaran   (3:159;

4:9,63; 31:13-19; 26:39,40), pidana (2:178; 4:92,93; 5:38; 10:27; 17:33; 26:40), dan aspek-

aspek kehidupan lainnya yang oleh Allah dijamin dapat berlaku dan dapat sesuai pada setiap

tempat dan setiap waktu (7:158; 34:28; 21:107).

         Setiap    Muslim    diperintahkan     untuk   melakukan     seluruh   tata  nilai  tersebut   dalam

kehidupannya.   Dan   sikap   memilih   sebagian   dan   menolak   sebagian   tata   nilai   itu   dipandang

Al-Qur'an      sebagai    bentuk     pelanggaran     dan    dosa.   Melaksanakannya         dinilai  ibadah,

memperjuangkannya   dinilai   sebagai   perjuangan   suci,  mati   karenanya   dinilai   sebagai   mati

syahid, hijrah karena memperjuangkannya dinilai sebagai pengabdian yang tinggi, dan tidak

mau melaksanakannya dinilai sebagai zhalim, fasiq, dan kafir.

         Sebagai     korektor    Al-Qur'an     banyak     mengungkapkan        persoalan-persoalan      yang

dibahas oleh kitab-kitab Taurat, Injil, dan lain-lain yang dinilai Al-Qur'an sebagai tidak sesuai

dengan   ajaran   Allah   yang   sebenarnya.   Baik   menyangkut   segi   sejarah   orang-orang   tertentu,

hukum-hukum,prinsip-prinsip           ketuhanan     dan   lain  sebagainya.    Sebagai     contoh   koreksi-

koreksi yang dikemukakan Al-Qur'an tersebut antara lain sebagai berikut :


a. Tentang ajaran Trinitas (5:73).

b. Tentang Isa (3:49, 59; 5:72, 75).

c. Tentang penyaliban Nabi Isa (4:157,158).

d. Tentang Nabi Luth (29:28-30; 7:80-84) perhatikan, (Genesis : 19:33-36).

e. Tentang Harun (20:90-94), perhatikan, (keluaran : 37:2-4).

f. Tentang Sulaiman (2:102; 27:15-44), perhatikan (Raja-raja 21:4-5) dll.

Adapun pokok-pokok kandungan dalam al-Qur’an antara lain:

    a.   Tauhid,   yaitu   kepercayaan   terhadap   ke-Esaan   Allah   dan   semua   kepercayaan   yang

         berhubungan dengan-Nya.

    b.   Ibadah,   yaitu   semua   bentuk   perbuatan   sebagai   manifestasi   dari   kepercayaan   ajaran

         tauhid.

    c.   Janji dan ancaman (al wa’d wal wa’iid), yaitu janji pahala bagi orang yang percaya

         dan    mau     mengamalkan       isi  al-Qur’an     dan   ancaman      siksa   bagi   orang    yang

         mengingkarinya.

    d.   Kisah   umat   terdahulu,   seperti   para   Nabi   dan   Rasul   dalam  menyiarkan   risalah   Allah

         maupun   kisah   orang-orang   shaleh   ataupun   orang   yang  mengingkari   kebenaran   al-

         Qur’an agar dapat dijadikan pembelajaran bagi umat setelahnya.

Al-Quran mengandung tiga komponen dasar hukum, sebagai berikut:

    •    Hukum I’tiqadiah, yakni hukum yang mengatur hubungan rohaniah manusia dengan

         Allah SWT dan hal-hal yang berkaitan dengan akidah/keimanan. Hukum ini tercermin

         dalam     Rukun     Iman.    Ilmu    yang    mempelajarinya       disebut  Ilmu     Tauhid,    Ilmu

         Ushuluddin, atau Ilmu Kalam.

    •    Hukum   Amaliah,   yakni   hukum   yang   mengatur   secara   lahiriah   hubungan   manusia

         dengan   Allah   SWT,   antara   manusia   dengan   sesama   manusia,   serta   manusia   dengan

         lingkungan   sekitar.   Hukum   amaliah   ini   tercermin   dalam   Rukun   Islam   dan   disebut

         hukum syara/syariat. Adapun ilmu yang mempelajarinya disebut Ilmu Fikih.

    •    Hukum   Khuluqiah,   yakni   hukum   yang   berkaitan   dengan   perilaku   normal  manusia

         dalam kehidupan,   baik   sebagai   makhluk   individual   atau   makhluk   sosial. Hukum ini

         tercermin    dalam    konsep    Ihsan.  Adapun     ilmu   yang   mempelajarinya       disebut  Ilmu

         Akhlaq atau Tasawuf.


Sedangakan khusus hukum syara dapat dibagi menjadi dua kelompok, yakni:

    •  Hukum ibadah, yaitu hukum yang mengatur hubungan manusia dengan Allah SWT,

        misalnya salat, puasa, zakat, haji, dank urban.

    •  Hukum muamalat, yaitu hukum yang mengatur manusia dengan sesama manusia dan

        alam sekitarnya. Termasuk ke dalam hukum muamalat adalah sebagai berikut:

        •  Hukum munakahat (pernikahan).

        •  Hukum faraid (waris).

        •  Hukum jinayat (pidana).

        •  Hukum hudud (hukuman).

        •  Hukum jual-beli dan perjanjian.

        •  Hukum al-khilafah (tata Negara/kepemerintahan).

        •  Hukum makanan dan penyembelihan.

        •  Hukum aqdiyah (pengadilan).

        •  Hukum jihad (peperangan).

        •  Hukum dauliyah (antarbangsa).


                                   B. As-Sunnah / Al-Hadits

1.   Dasar Pengertian.

         Secara etimologis hadits bisa berarti : Baru, seperti kalimat : "             Allah Qadim mustahil

Hadits ". Dekat, seperti : " Haditsul " ahli bil Islam ".           Khabar, seperti : "Falya'tu bi haditsin

mitslihi   ".   Dalam   tradisi   hukum   Islam,   hadits   berarti   :   Segala   Perbuatan,   Perkataan,   dan
Keizinan      Nabi   Muhammad        saw.(6)   Pengertian    hadits   sebagaimana      tersebut   diatas   adalah

identik dengan Sunnah, yang secara etimologis berarti jalan atau tradisi, sebagaimana dalam

Al-Qur'an : " Sunnata       man qad     arsalna " ( al-Isra :77 ). Juga dapat berarti : Undang-undang

atau peraturan yang tetap berlaku; Cara yang diadakan;  Jalan yang telah dijalani;.

         Ada   yang   berpendapat   antara   Sunnah   dengan   Hadits   tersebut   adalah   berbeda-beda.

Akan     tetapi  dalam   kebiasaan      hukum     Islam   antara   Hadits   dan   Sunnah     tersebut   hanyalah

berbeda dalam segi penggunaannya saja, tidak dalam tujuannya.

2.   As-Sunnah Sebagai Sumber Nilai.

         Sunnah adalah sumber Hukum Islam ( Pedoman Hidup Kaum Muslimin ) yang kedua

setelah Al-Qur'an. Bagi mereka yang telah beriman kepada Al-Qur'an sebagai sumber hukum,

maka   secara   otomatis   harus   percaya     bahwa   Sunnah   sebagai   sumber   Islam   juga.   Ayat-ayat

Al-Qur'an   cukup   banyak   untuk   dijadikan   alasan   yang  pasti   tentang   hal   ini,   seperti   :   Setiap

mu'min harus taat kepada Allah dan Rasul-nya (               al-Anfal :20, Muhammad :33, an-Nisa :59,

Ali-Imran   :32,   al-Mujadalah   :   13,   an-Nur   :   54,al-Maidah   :   92   ).   Kepatuhan   kepada   Rasul

berarti patuh dan cinta kepada Allah ( an-Nisa :80, Ali-Imran :31 ). Orang yang menyalahi

Sunnah akan mendapatkan siksa ( an-Anfal :13, Al-Mujadalah :5, an-Nisa :115 ). Berhukum

terhadap   Sunnah   adalah   tanda   orang   yang   beriman.   (  an-Nisa':65   ).   Kemudian   perhatikan

ayat-ayat : an-Nur : 52; al-Hasyr : 4; al-Mujadalah : 20; an-Nisa': 64 dan 69; al-Ahzab: 36

dan 71; al-Hujurat :1; al-Hasyr : 7 dan sebagainya.

         Apabila Sunnah tidak berfungsi sebagai sumber hukum,                   maka kaum Muslimin akan

menghadapi kesulitan dalam hal : cara shalat, kadar dan ketentuan zakat, cara haji dan lain

sebagainya. Sebab ayat-ayat Al-Qur'an dalam hal tersebut hanya berbicara secara global dan

umum,   dan   yang   menjelaskan   secara   terperinci   justru   Sunnah   Rasullullah.   Selain   itu   juga

akan   mendapatkan   kesukaran-kesukaran   dalam   hal   menafsirkan   ayat-ayat   yang   musytarak,

muhtamal dan sebagainya yang mau tidak mau memerlukan Sunnah untuk menjelaskannya.

6 Af 'al, Aqwal dan Taqrir


         Dan   apabila   penafsiran-penafsiran   tersebut   hanya   didasarkan   kepada   pertimbangan

rasio   sudah   barang   tentu   akan   melahirkan   tafsiran-tafsiran   yang   sangat   subjektif   dan   tidak

dapat dipertanggungjawabkan.

3.   Hubungan As-Sunnah dan Al-Qur'an.

         Dalam      hubungan     dengan     Al-Qur'an,    maka    as-Sunnah      berfungsi    sebagai   penafsir,

pensyarah, dan penjelas daripada ayat-ayat tertentu. Apabila disimpulkan tentang fungsi as-

Sunnah dalam hubungan dengan Al-Qur'an itu adalah sebagai berikut :

     •   Bayan      Tafsir,   yaitu   menerangkan        ayat-ayat    yang    sangat    umum,      mujmal      dan

         musytarak.   Seperti   hadits   :   "   Shallu   kama   ro-aitumuni   ushalli   ".   (   Shalatlah   kamu

         sebagaimana   kamu   melihatku   shalat   )   adalah   merupakan   tafsiran   daripada   ayat   Al-

         Qur'an yang umum, yaitu :          " Aqimush- shalah ", ( Kerjakan shalat ). Demikian pula

         hadits:   "   Khudzu   anni   manasikakum   "   (   Ambillah   dariku   perbuatan   hajiku   )   adalah

         tafsir dari ayat Al-Qur'an " Waatimmulhajja " ( Dan sempurnakanlah hajimu ).

     •   Bayan      Taqrir,   yaitu   as-Sunnah     berfungsi    untuk    memperkokoh        dan    memperkuat

         pernyataan   al-Qur'an.   Seperti   hadits   yang   berbunyi       :   "   Shoumu   liru'yatihiwafthiru

         liru'yatihi " ( Berpuasalah karena melihat bulan dan berbukalah karena melihatnya )

         adalah memperkokoh ayat Al-Qur'an dalam surat Al-Baqarah : 185.

     •   Bayan Taudhih, yaitu menerangkan maksud dan tujuan sesuatu ayat al-Qur'an, seperti

         pernyataan   Nabi   :   "   Allah   tidak   mewajibkan   zakat   melainkan   supaya   menjadi   baik

         harta-hartamu yang sudah dizakati ", adalah taudhih ( penjelasan ) terhadap ayat Al-

         Qur'an dalam surat at-Taubah : 34 yang berbunyi sebagai berikut : " Dan orang-orang

         yang   menyimpan   mas   dan   perak   kemudian   tidak   membelanjakannya   dijalan   Allah

         maka   gembirakanlah   mereka   dengan   azab   yang   pedih   ".   Pada   waktu   ayat   ini   turun

         banyak     para   sahabat    yang    merasa    berat   untuk   melaksanakan       perintah    ini,  maka

         mereka bertanya kepada Nabi yang kemudian dijawab dengan hadits tersebut.

4.   Perbedaan Antara Al-Qur'an dan Al-Hadits sebagai Sumber Hukum

         Sekalipun   al-Qur'an   dan   as-Sunnah   /   al-Hadits   sama-sama   sebagai   sumber   hukum

Islam,     namun     diantara    keduanya      terdapat   perbedaan-perbedaan         yang    cukup     prinsipil.

Perbedaan-perbedaan tersebut antara lain ialah :
     •   Al-Qur'an   nilai   kebenarannya   adalah   qath'I(7)     Sedangkan   al-Hadits   adalah   zhanni   (

         kecuali hadits mutawatir ).


       •   Seluruh   ayat   al-Qur'an   mesti   dijadikan   sebagai   pedoman   hidup.   Tetapi   tidak   semua

         hadits mesti    kita jadikan sebagai pedoman hidup. Sebab disamping ada sunnah yang

         tasyri' ada juga sunnah yang ghairu tasyri. Disamping ada hadits yang shahih adapula

         hadits yang dha,if dan seterusnya.

     •   Al-Qur'an sudah pasti otentik lafazh dan maknanya sedangkan hadits tidak.

     •   Apabila Al-Qur'an berbicara tentang masalah-masalah aqidah atau hal-hal yang ghaib,

         maka     setiap   muslim     wajib   mengimaninya.       Tetapi    tidak  harus   demikian     apabila

         masalah-masalah tersebut diungkapkan oleh hadits........

5.  Sejarah Singkat Perkembangan Al-Hadits.

    Para ulama membagi perkembangan hadits itu kepada 7 periode yaitu :

     •   Masa wahyu dan pembentukan hukum ( pada Zaman Rasul : 13 SH - 11 SH ).

     •   Masa pembatasan riwayat ( masa khulafaur-rasyidin : 12-40 H ).

     •   Masa pencarian hadits ( pada masa generasi tabi'in dan sahabat-sahabat muda : 41 H -

         akhir abad 1 H ).

     •   Masa pembukuan hadits ( permulaan abad II H ).

     •   Masa penyaringan dan seleksi ketat ( awal abad III H ) sampai selesai.

     •   Masa   penyusunan   kitab-kitab   koleksi   (   awal   abad   IV  H    sampai   jatuhnya   Baghdad

         pada tahun 656 H ).

     •   Masa   pembuatan   kitab   syarah   hadits,   kitab-kitab   tahrij   dan   penyusunan   kitab-kitab

         koleksi yang lebih umum ( 656 H dan seterusnya ).

    Pada zaman Rasulullah al-Hadits belum pernah dituliskan sebab :

     •   Nabi     sendiri   pernah    melarangnya,       kecuali   bagi    sahabat-sahabat      tertentu   yang

         diizinkan beliau sebagai catatan pribadi.

     •   Rasulullah   berada   ditengah-tengah   ummat   Islam   sehingga   dirasa   tidak   sangat   perlu

         untuk dituliskan pada waktu itu.

     •   Kemampuan tulis baca di kalangan sahabat sangat terbatas.

     •   Ummat Islam sedang dikonsentrasikan kepada Al-Qur'an.

     •   Kesibukan-kesibukan   ummat   Islam   yang   luar   biasa   dalam   menghadapi   perjuangan

         da'wah yang sangat penting.

    7Absolut/kekal


         Pada    zaman-zaman       berikutnya    pun   ternyata   al-Hadits   belum     sempat    dibukukan

karena   sebab-sebab   tertentu.   Baru   pada   zaman   Umar   bin   Abdul   Azis,   khalifah   ke-8   dari

dinasti   Bani    Umayyah      (  99-101   H   )  timbul   inisiatif secara   resmi    untuk   menulis    dan

membukukan   hadits   itu.   Sebelumnya   hadits-hadits   itu   hanya   disampaikan   melalui   hafalan-

hafalan para sahabat yang kebetulan hidup lama setelah Nabi wafat dan pada sa'at generasi

tabi'in mencari hadits-hadits itu. Diantara sahabat-sahabat itu ialah :

         Abu    Hurairah,    meriwayatkan      hadits  sekitar  5374   buah.   Abdullah     bin  Umar     bin

Khattab,   meriwayatkan   sekitar   2630   buah.   Anas   bin   Malik,   meriwayatkan   sebanyak   2286

buah.   Abdullah   bin   Abbas,   meriwayatkan   sebanyak   1160   buah.   Aisyah   Ummul   Mu'minin,

meriwayatkan   sebanyak 2210   buah.   Jabir bin   Abdillah  meriwayatkan sebanyak   1540   buah.

Abu Sa'id al-Hudri meriwayatkan 1170 buah.

Kenapa kemudian Hadits Dikodifikasi.

         Kodifikasi Hadits itu justru dilatar belakangi oleh adanya usaha-usaha untuk membuat

dan   menyebarluaskan   hadits-hadits   palsu   dikalangan  ummat   Islam,   baik   yang   dibuat   oleh

ummat   Islam   sendiri   karena   maksud-maksud   tertentu,  maupun   oleh   orang-orang   luar   yang

sengaja untuk menghancurkan Islam dari dalam. Dan sampai saat ini ternyata masih banyak

hadits-hadits palsu   itu   bertebaran   dalam beberapa literatur kaum  Muslimin. Di  samping itu

tidak   sedikit   pula   kesalahan-kesalahan      yang   berkembang      dikalangan     masyarakat     Islam,

berupa anggapan terhadap pepatah-pepatah dalam bahasa Arab yang dinilai mereka sebagai

hadits. Walaupun ditinjau   dari  segi isi   materinya  tidak   bertentangan dengan   prinsip-prinsip

pokok     ajaran  Islam,   tetapi  kita  tetap  tidak  boleh   mengatakan     bahwa    sesuatu   ucapan    itu

sebagai ucapan Rasulullah kalau memang bukan sabda Rasul. Sebab Sabda Rasulullah :

" Barangsiapa berdusta atas namaku maka siap-siap saja tempatnya dineraka ".

         Alhamdulillah,      berkat   jasa-jasa   dari   ulama-ulama      yang   saleh,   hadits-hadits    itu

kemudian   sempat   dibukukan   dalam   berbagai   macam   buku,   serta   diadakan   seleksi-seleksi

ketat   oleh   mereka    sampai    melahirkan     satu   disiplin  ilmu   tersendiri   yang   disebut   Ilmu

Musthalah Hadits. Walaupun usaha mereka belum dapat membendung seluruh usaha-usaha

penyebaran hadits-hadits palsu dan lemah, namun mereka telah melahirkan norma-norma dan

pedoman-pedoman khusus untuk mengadakan seleksi sebaik-baiknya yang dituangkan dalam

ilmu musthalah hadits tersebut.


         Sehingga dengan pedoman itu ummat Islam sekarang pun dapat mengadakan seleksi-

seleksi seperlunya. Nama-nama Ishak bin Rahawih, Imam Bukhari, Imam Muslim, ar-Rama

at-Turmudzi,   al-Madini,     Ibnu   Shalah   dan   banyak   lagi   ulama-ulama   saleh   lainnya   adalah

rentetan    nama-nama     yang    besar  jasanya   dalam    usaha   penyelamatan     hadits-hadits   dari

kepalsuan-kepalsuan sehingga lahirlah ilmu tersebut.

Untuk     memberikan     gambaran    perkembangan      hadits  dapat   kita  perhatikan  perkembangan

kelahiran kitab-kitab hadits dan ilmu-ilmu hadits.

6.  Perkembangan Kitab-kitab Hadits

A.  Cara penyusunan kitab-kitab hadits.

Dalam penyusunan kitab-kitab hadits para ulama menempuh cara-cara antara lain :

1.  Penyusunan        berdasarkan     bab-bab     fiqhiyah,   mengumpulkan         hadits-hadits    yang

    berhubungan       dengan     shalat  umpamanya       dalam    babush-shalah,hadits-hadits       yang

    berhubungan      dengan    masalah   wudhu     dalam   babul-wudhu    dan    sebagainya.   Cara   ini

    terbagi dua macam :

    a.  Dengan   mengkhususkan   hadits-hadits   yang   shahih  saja,   seperti   yang   ditempuh   oleh

        Imam Bukhari dan Muslim.

    b.  Dengan tidak mengkhususkan hadits-hadits yang shahih ( asal tidak munkar ), seperti

        yang ditempuh oleh Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa'I, dan sebagainya.

2.  Penyusunan berdasarkan nama-nama sahabat yang meriwayatkannya. Cara ini terbagi dua

    macam :

    a.  Dengan menyusun nama-nama sahabat berdasarkan abjad.

    b.   Dengan menyusun nama-nama sahabat berdasarkan nama qabilah. Mereka dahulukan

        Banu Hasyim, kemudian qabilah yang terdekat dengan Rasulullah.

    c.   Dengan     menyusun     nama-nama     sahabat   berdasarkan    kronologik   masuknya     Islam.

        Mereka didahulukan sahabat-sahabat yang termasuk assabiqunal awwalun kemudian

         ahlul Badr, kemudian ahlul Hudaibiyah, kemudian yang turut hijrah dan seterusnya.

    d.  Dengan menyusun sebagaimana ketiga dan dibagi-bagi berdasarkan awamir, nawahi,

        ikhbar,    ibadat,  dan  af'alun  nabi.  Seperti  yang   ditempuh   oleh  Ibnu   Hibban   dalam

         shahehnya.

3.  Penyusunan berdasarkan abjad-abjad huruf dari awal matan hadits, seperti yang ditempuh

    oleh Abu Mansur Abdailani dalam Musnadul Firdausi dan oleh as-Suyuti dalam Jamiush-

    Shagir.


B.  Tingkatan Kitab Hadits.

         Menurut penyelidikan para ulama ahli hadits secara garis besar tingkatan kitab-kitab

hadits tersebut bisa dibagi sebagai berikut :

            Kitab      Hadits    ash-Shahih     yaitu   kitab-kitab    hadits   yang    telah  diusahakan      para

              penulisnya untuk hanya menghimpun hadits-hadits yang shahih saja.

            Kitab-kitab        Sunan    yaitu   kitab-kitab    hadits   yang   tidak   sampai    kepada     derajat

              munkar.   Walaupun   mereka   memasukkan   juga   hadits-hadits   yang   dha'if   (   yang

              tidak sampai kepada munkar ). Dan sebagian mereka menjelaskan kedha'ifannya.

            Kitab-kitab Musnad yaitu kitab-kitab hadits yang jumlahnya sangat banyak sekali.

              Para penghimpunnya memasukkan hadits-hadits tersebut tanpa penyaringan yang

              seksama   dan   teliti.   Oleh   karena   itu   didalamnya   bercampur-baur   diantara   hadits-

              hadits   yang   shahih,   yang   dha'if   dan   yang   lebih   rendah   lagi.   Adapun   kitab-kitab

              lain   adalah   disejajarkan   dengan   al-Musnad   ini.   Diantara   kitab-kitab   hadits   yang

              ada,    maka    Shahih    Bukhari-lah     kitab  hadits   yang    terbaik   dan   menjadi    sumber

              kedua setelah al-Qur'an, dan kemudian menyusul Shahih Muslim. Ada para ulama

              hadits   yang   meneliti    kitab   Muslim   lebih   baik   daripada   Bukhari,   tetapi   ternyata

              kurang   dapat   dipertanggungjawabkan,   walaupun   dalam  cara   penyusunan   hadits-

              hadits, kitab Muslim lebih baik daripada Bukhari, sedang syarat-syarat hadits yang

              digunakan   Bukhari   ternyata   tetap   lebih   ketat   dan   lebih   teliti   daripada   apa   yang

              ditempuh       Muslim.     Seperti    tentang    syarat   yang    diharuskan      Bukhari     berupa

              keharusan kenal baik antara seorang penerima dan penyampai hadits, dimana bagi

              Muslim hanya cukup dengan muttashil ( bersambung ) saja.

7.   Seleksi Hadits

         Dengan      menggunakan        berbagai    macam     ilmu    hadits  itu, maka     timbullah    berbagai

macam   nama   hadits,   yang   disepakati   oleh   para   ulama,   yang   sekaligus   dapat   menunjukkan

jenis, sifat, bentuk, dan kualitas dari suatu hadits. Yang paling penting untuk diketahui adalah

pembagian hadits itu atas dasar kualitasnya yaitu :

         a.   Maqbul   (   dapat   diterima   sebagai   pedoman   )   yang  mencakup   hadits   shahih   dan

              hadits hasan.

         b.   Mardud ( tidak dapat diterima sebagai pedoman ) yang mencakup hadits dha'if /

              lemah dan hadits maudhu' / palsu.


Usaha seleksi itu diarahkan kepada tiga unsur hadits, yaitu :

a. Matan ( materi hadits ).

         Suatu   materi   hadits   dapat   dinilai   baik   apabila   materi   hadits   itu   tidak   bertentangan

dengan   al-Qur'an   atau   hadits   lain   yang   lebih   kuat,  tidak   bertentangan   dengan   realita,   tidak

bertentangan   dengan   fakta   sejarah,   tidak   bertentangan   dengan   prinsip-prinsip   pokok   ajaran

Islam.    Untuk     sekedar    contoh    dapat   kita  perhatikan     hadits-hadits    yang    dinilai  baik,tapi

bertentangan isi materinya dengan al-Qur'an :

1.  Hadits yang mengatakan bahwa " Seorang mayat akan disiksa oleh Tuhan karena ratapan

     ahli warisnya ", adalah bertentangan dengan firman Allah : " Wala taziru waziratun wizra

     ukhra " yang artinya " Dan seseorang tidak akan memikul dosa orang lain " ( al-An'an :

     164 ).

2.   Hadits   yang   mengatakan   :   "   Barangsiapa   yang   meninggal   dunia   dalam   keadaan   punya

     hutang   puasa,   maka   hendaklah   dipuasakan   oleh   walinya   ",   adalah   bertentangan   dengan

     firman Allah : " Wa allaisa lil insani illa ma-sa'a ", yang artinya : " Dan seseorang tidak

     akan mendapatkan pahala apa-apa kecuali dari apa yang dia kerjakan sendiri ".

     Ada satu norma yang disepakati oleh mayoritas ulama, yaitu : " Apabila Qur'an dan hadits

     bertentangan, maka ambillah Qur'an ".

b. Sanad ( persambungan antara pembawa dan penerima hadits ).

         Suatu   persambungan   hadits   dapat   dinilai   segala   baik,   apabila   antara   pembawa   dan

penerima hadits benar-benar bertemu bahkan dalam batas-batas tertentu berguru. Tidak boleh

ada orang lain yang berperanan dalam membawakan hadits tapi tidak nampak dalam susunan

pembawa hadits itu. Apabila ada satu kaitan yang diragukan antara pembawa dan penerima

hadits, maka hadits itu tidak dapat dimasukkan dalam kriteria hadits yang maqbul.

c. Rawi ( orang-orang yang membawakan hadits ) :

         Seseorang yang dapat diterima haditsnya ialah yang memenuhi syarat-syarat :

              •   Adil,   yaitu   orang   Islam   yang   baligh   dan    jujur,  tidak   pernah   berdusta    dan

                  membiasakan dosa.

              •   Hafizh,   yaitu   kuat   hafalannya   atau   mempunyai   catatan   pribadi   yang   dapat

                  dipertanggungjawabkan.


         Berdasarkan      kriteria-kriteria   seleksi   tersebut,   maka    jumhur    (  mayoritas    )  ulama

berpendirian   bahwa   kitab   ash-Shahih   Bukhari   dan   kitab   ash-Shahih   Imam   Muslim   dapat

dijamin keshahihannya ditinjau dari segi sanad dan rawi. Sedang dari segi matan kita dapat

memberikan   seleksinya   dengan   pedoman-pedoman   diatas.   Beberapa   langkah   praktis   dalam

usaha seleksi hadits, apakah sesuatu hadits itu maqbul atau tidak adalah :

1.  Perhatikan materinya sesuai dengan norma diatas.

2.  Perhatikan kitab pengambilannya ( rowahu = diriwayatkan atau ahrajahu = dikeluarkan ).

    Apabila matannya baik diriwayatkan oleh Bukhari atau Muslim, maka dapat dinilai hadits

    itu shahih atau paling rendah hasan.

Dengan demikian dapat dikatakan shahih apabila ujung hadits itu oleh para ulama diberi kata-

kata :

         a. Diriwayatkan / dikeluarkan oleh jama'ah.

         b. Diriwayatkan / dikeluarkan oleh Imam 7.

         c. Diriwayatkan / dikeluarkan oleh Imam 6.

         d. Diriwayatkan / dikeluarkan oleh dua syaikh ( Bukhari dan Muslim ).

         e. Disepakati oleh Bukhari dan Muslim ( Muttafaqun  alaihi ).

         f.  Diriwayatkan oleh Bukhari saja atau oleh Muslim saja.

         g. Diriwayatkan oleh ..dan disyahkan oleh Bukhari atau Muslim.

         h. Diriwayatkan oleh ..dengan syarat Bukhari atau Muslim.

3.  Apabila sesuatu hadits sudah baik materinya tetapi tidak termasuk dalam persyaratan pun

    2   diatas   maka    hendaknya     diperhatikan    komentar-komentar        ulama   terhadap    hadits   itu

     seperti :

     •   Komentar baik : Hadits quwat, hadits shahih,hadits jayyid, hadits baik, hadits pilihan

         dan sebagainya.

     •   Komentar   jelek   :   Hadits   putus,   hadits   lemah,   hadits   ada   illatnya,   mauquf,   maqthu,

         mudallas, munkar, munqathi, muallak, dan lain sebagainya.

         Dalam     hal  ini  kita  akan   menemukan       sesuatu   hadits   yang   mendapatkan      penilaian

berbeda     /  bertentangan    antara   seorang    ulama    dan  lainnya.   Maka     langkah    kita  adalah   :

dahulukan yang mencela sebelum yang memuji ( " Al-jarhu Muqaddamun alat ta'dil " ). Hal

ini apabila dinilai oleh sama-sama ahli hadits. Hal lain yang perlu diperhatikan ialah bahwa

tidak semua komentar ulama tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Artinya sesuatu hadits

yang dikatakan oleh para ulama shahih, kadang-kadang setelah diteliti kembali ternyata tidak
demikian.   Contohnya   dalam   hadits   kita   akan   menemukan   kata-kata   dan   dishahihkan   oleh

Imam Hakim, oleh Ibnu Huzaimah dan lain-lain, tetapi ternyata hadits tersebut tidak shahih (

belum tentu shahih ).

4.   Apabila    langkah-langkah     diatas  tidak   mungkin    ditempuh     atau  belum    memberikan

    kepastian   tentang   keshahihan   sesuatu   hadits,   maka   hendaknya   digunakan   norma-norma

    umum seleksi, seperti yang diterangkan diatas, yaitu menyelidiki langsung tentang sejarah

    para rawi dan lain-lain, dan untuk ini telah disusun oleh para ulama terdahulu sejumlah

    buku-buku   yang   membahas   tentang   sejarah   dan   keadaan   para   pembawa   hadits,   seperti

    yang   pernah   dilakukan   oleh   al-Bukhari   dalam   bukunya   ad-Dhu'afa   (   kumpulan   orang-

    orang yang lemah haditsnya ).


                                                 C. Ijtihad

1.   Definisi dan Fungsi Ijtihad

         Secara   bahasa   ijtihad   berarti   pencurahan   segenap   kemampuan   untuk   mendapatkan

sesuatu. Yaitu penggunaan akal sekuat mungkin untuk menemukan sesuatu keputusan hukum

tertentu yang tidak ditetapkan secara eksplisit dalam al-Quran dan as-Sunnah. Rasulullah saw

pernah     bersabda    kepada    Abdullah     bin   Mas'ud    sebagai   berikut    :  "  Berhukumlah      engkau

dengan   al-Qur'an   dan   as-Sunnah,   apabila   sesuatu   persoalan   itu   engkau   temukan   pada   dua

sumber      tersebut.  Tapi    apabila   engkau    tidak   menemukannya        pada   dua   sumber     itu,  maka

ijtihadlah    ".  Kepada    Ali   bin  Abi   Thalib    beliau   pernah    menyatakan      :  "  Apabila   engkau

berijtihad    dan    ijtihadmu    betul,   maka    engkau     mendapatkan       dua   pahala.    Tetapi   apabila

ijtihadmu salah, maka engkau hanya mendapatkan satu pahala " Adapun dasar dari keharusan

berijtihad ialah antara lain terdapat pada al-Qur'an surat an-Nisa ayat 59.

         Mahmud        Syaltut    berpendapat,      bahwa     ijtihad   atau   yang    biasa   disebut    arro'yu

mencakup dua pengertian :

a.   Penggunaan        pikiran   untuk   menentukan       sesuatu   hukum   yang     tidak   ditentukan    secara

     eksplisit oleh al-Qur'an dan as-Sunnah.

b.   Penggunaan   fikiran   dalam   mengartikan,   menafsirkan   dan   mengambil   kesimpulan   dari

     sesuatu ayat atau hadits.

2.  Kedudukan Ijtihad

         Berbeda dengan al-Qur'an dan as-Sunnah, ijtihad terikat dengan ketentuan-ketentuan

sebagi berikut :

a    Pada dasarnya yang ditetapkan oleh ijtihad tidak dapat melahirkan keputusan yang mutlak

     absolut.   Sebab   ijtihad   merupakan   aktifitas   akal   pikiran   manusia   yang   relatif.   Sebagai

     produk   pikiran   manusia   yang   relatif   maka   keputusan  daripada   suatu   ijtihad   pun   adalah

     relatif.

b    Sesuatu   keputusan   yang   ditetapkan   oleh   ijtihad,   mungkin   berlaku   bagi   seseorang   tapi

     tidak berlaku bagi orang lain. Berlaku untuk satu masa / tempat tapi tidak berlaku pada

     masa / tempat yang lain.

c    Ijtihad   tidak   berlaku   dalam   urusan   penambahan   ibadah   mahdhah.   Sebab   urusan   ibadah

     mahdhah hanya diatur oleh Allah dan Rasulullah.

d    Keputusan ijtihad tidak boleh bertentangan dengan al-Qur'an dan as-Sunnah.


e    Dalam      proses   berijtihad    hendaknya      dipertimbangkan        faktor-faktor    motifasi,    akibat,

     kemaslahatan   umum,   kemanfaatan   bersama   dan   nilai-nilai   yang   menjadi   ciri   dan   jiwa

     daripada ajaran Islam.

3. Cara ber-Ijtihad

         Dalam   melaksanakan   ijtihad,   para   ulama   telah   membuat   metode-metode   antara   lain

sebagai berikut :

1.Qiyas

           Yaitu menetapkan sesuatu hukum terhadap sesuatu hal yang belum diterangkan oleh

  al-Qur'an      dan   as-Sunnah,      dengan     dianalogikan     kepada     hukum      sesuatu    yang    sudah

  diterangkan hukumnya oleh al-Qur'an / as-Sunnah, karena ada sebab yang sama. Contoh :

  Menurut   al-Qur'an   surat   al-Jum'ah   9;   seseorang   dilarang   jual   beli   pada   saat   mendengar

  adzan   Jum'at.   Bagaimana   hukumnya   perbuatan-perbuatan   lain   (   selain   jual   beli   )   yang

  dilakukan   pada  saat   mendengar   adzan   Jum'at   ?      Dalam  al-Qur'an   maupun   al-Hadits   tidak

  dijelaskan.   Maka   hendaknya   kita   berijtihad   dengan   jalan   analogi.   Yaitu   :   kalau   jual   beli

  karena   dapat   mengganggu   shalat   Jum'at   dilarang,   maka   demikian   pula   halnya   perbuatan-

  perbuatan lain, yang dapat mengganggu shalat Jum'at, juga dilarang. Contoh lain : Menurut

  surat   al-Isra' 23; seseorang tidak boleh berkata   uf ( cis ) kepada orang   tua. Maka hukum

  memukul,   menyakiti   dan   lain-lain   terhadap   orang   tua   juga   dilarang,   atas   dasar   analogi

  terhadap hukum cis tadi. Karena sama-sama menyakiti orang tua. Pada zaman Rasulullah

  saw pernah diberikan contoh dalam menentukan hukum dengan dasar Qiyas tersebut. Yaitu

  ketika   Umar bin Khathabb berkata kepada Rasulullah saw : Hari ini saya telah melakukan

  suatu pelanggaran, saya telah mencium istri, padahal saya sedang dalam keadaan berpuasa.

  Tanya   Rasul   :   Bagaimana   kalau   kamu   berkumur   pada   waktu   sedang   berpuasa   ?   Jawab

  Umar : tidak apa-apa. Sabda Rasul : Kalau begitu teruskanlah puasamu.

2. Ijma’

           Yaitu     persepakatan       ulama-ulama       Islam    dalam     menentukan       sesuatu    masalah

  ijtihadiyah.     Ketika    Ali    bin   Abi   Thalib     mengemukakan         kepada     Rasulullah     tentang

  kemungkinan        adanya     sesuatu   masalah     yang    tidak  dibicarakan     oleh   al-Qur'an    dan   as-

  Sunnah, maka Rasulullah mengatakan : " Kumpulkan orang-orang yang berilmu kemudian

  jadikan   persoalan   itu   sebagai   bahan   musyawarah   ".   Yang   menjadi   persoalan   untuk   saat

  sekarang ini adalah tentang kemungkinan dapat dicapai atau tidaknya ijma tersebut, karena

  umat Islam sudah begitu besar dan berada diseluruh pelosok bumi termasuk para ulamanya.
3. Istihsan

           Yaitu menetapkan sesuatu hukum terhadap sesuatu persoalan ijtihadiyah atas dasar

  prinsip-prinsip umum ajaran Islam seperti keadilan, kasih sayang dan lain-lain. Oleh para
  ulama istihsan disebut sebagai Qiyas Khofi(8) atau disebut sebagai pengalihan hukum yang

  diperoleh      dengan    Qiyas    kepada     hukum     lain   atas  pertimbangan       kemaslahatan      umum.

  Apabila kita dihadapkan dengan keharusan memilih salah satu diantara dua persoalan yang

  sama-sama        jelek  maka     kita  harus    mengambil      yang    lebih   ringan   kejelekannya.      Dasar

  istihsan antara lain surat az-Sumar 18.

4. Mashalihul Mursalah

           Yaitu menetapkan hukum terhadap sesuatu persoalan ijtihadiyah atas pertimbangan

  kegunaan   dan   kemanfaatan   yang   sesuai   dengan   tujuan  syari'at.   Perbedaan   antara   istihsan
  dan mashalihul mursalah ialah : istihsan mempertimbangkan dasar kemaslahan(9) itu dengan

  disertai     dalil    al-Qur'an     /   al-Hadits     yang     umum,       sedang     mashalihul       mursalah

  mempertimbangkan           dasar    kepentingan     dan   kegunaan      dengan    tanpa    adanya    dalil  yang

  secara tertulis exsplisit dalam al-Qur'an / al-Hadits.

7Analogi samar-samar
8Kebaikan


                                  BAB III

                             KESIMPULAN

      Dari ketiga sumber hukum islam tersebut tidak terlepas oleh sumber hukum yang

disepakati jumhur ulama yakni Al Qur’an, Sunnah dan Ijtihad, landasannya berdasarkan

hadits yang diriwayatkan dari Sahabat Nabi Saw Muadz ibn Jabal ketika diutus ke Yaman.

 !"#$%&:”'() *+,-.

/01*”23:  456*!:”/45.768 97” : : 7;<=

 :”/;<=768 97” :  ;>38!<?@5$!: 4)*7

A<?;<                          :”;<;<B7CD?E

;<F)8”

“Dari Muadz ibn Jabal ra bahwa Nabi Saw ketika mengutusnya ke Yaman, Nabi bertanya:

“Bagaimana kamu jika dihadapkan permasalahan hukum? Ia berkata: “Saya berhukum

dengan kitab Allah”. Nabi berkata: “Jika tidak terdapat dalam kitab Allah” ?, ia berkata:

“Saya berhukum dengan sunnah Rasulullah Saw”. Nabiberkata: “Jika tidak terdapat dalam

sunnah Rasul Saw” ? ia berkata: “Saya akan berijtihad dan tidak berlebih (dalam ijtihad)”.

Maka Rasul Saw memukul ke dada Muadz dan berkata: “Segala puji bagi Allah yang telah

sepakat dengan utusannya (Muadz) dengan apa yang diridhai Rasulullah Saw”.
Comments
0 Comments