| Mera Naam Joker: Bahas Tuntas Bermain Catur

Selasa, 25 September 2012

Bahas Tuntas Bermain Catur


Terinsipirasi dari ga pernah menang maen catur kali ya.. hehe
OK, kali ini mau kupas tuntas tentang permainan catur serta seluruh seluk beluk/ teknik teknik bermain catur..
Dasar – Dasar Catur
sebelumnya saya ingin memberikan gambaran tentang catur (khusus yg sangat beginner)….ada orang bilang catur itu olah raga…benar!!…mereka ikut dalam kejuaraan catur untuk memperebutkan gelar juara yg memeras kalori sama dengan orang yg berlari …Ada juga orang yg bilang catur adalah seni…benar juga!!..ada sebahagian orang yang senang melihat kombinasi yang indah, setiap kali main catur mereka selalu berusaha membuat lawannya mat dengan posisi yang sengaja diciptakannya sedemikian rupa…atau istilah catur nya mati indah ( hehe…masa mati ada yang indah )..dan mereka akan senang apa bila bisa menciptakan langkah-langkah kyk itu..…Ada juga orang bilang catur itu science of logical thinking ( apa sih bhs indonya??)..ini pun benar !! coz catur bisa ngasah daya nalar dan kreatifitas yg tinggi…!!
Sebelum kita bahas tentang permainan ini (bagi yg blom tau dasar 2 nya)… Saya berikan dulu bahasa catur, yg bisa dibilang Notasi…Ni kyk yg di bawah :
chess notation Bahas Tuntas Bermain Catur
PAPAN CATUR
Papan catur terdiri dari 64 petak yang sama besarnya, dengan warna petak berganti-ganti hitam-putih-hitam-putih. Cara meletakan papan catur seperti gambar diatas, dan menurut ketentuan F.I.D.E ( Federation Internationale Des Echecs = Peraturan Federasi Catur Internasional ) petak putih terletak sebelah kanan pemain ( petak h1 dan a8, sedangkan petak hitam terletak disebelah kiri pemain ( petak a1 dan h8 ), yang saya maksudkan disini ialah petak sudut…. Saya pernah lihat kejuaran tingkat kecamatan ,mereka mengadakan kejuaraan catur…papan caturnya dibikin dari triplek…eh..saya lihat letak papan caturnya asal-asal aja…ada petak hitam sebelah kanan dan ada juga petak putih..ya amburadur dong….nah moga anda nggak melakukan kesalahan yang sama.
LAJUR = sederetan petak-petak dengan warna selang-seling yang membujur dari hadapan kita kearah lawan petak A,B,C sampai H ( lihat gambar ), contoh petak a1.a2.a3.a4.a5.a6.a7 dan a8 ( ini dinamakan lajur A )
BARIS =sederetan petak-petak sama seperti lajur tetapi membelintang dari kiri ke kanan ,yaitu baris 1,2,3 sampai 8 ( lihat gambar ), contoh petak a3,b3,c3,d3,e3,f3,g3 dan h3 ( ini dinamakan baris 1 )
DIAGONAL = sederetan petak-petak yang sama warnanya ,contohnya petak a1,b2,c3,d4,e5,f6,g7 dan h8
NAMA-NAMA PETAK DI PAPAN CATUR..lihat aja gambar diatas ada petak a1,a2,a3 dsb..e1,e2,e3 dsb ( setiap petak terdiri dari kombinasi huruf dan angka )
NAMA BUAH CATUR
K = King = Raja = R ( 1 buah ) terletak ditengah (kalo 2 buah lama beud menang nya)
Q = Queen = Menteri = M ( 1buah ) terletak ditengah dekan dengan Raja (kalo lbih dr 1 pastinya gampang maenin nya)
B = Bishop = Gajah = G ( 2 buah ) terletak disisi Menteri dan disisi Raja
N = Knights = Kuda = K ( 2 buah ) terletak disisi Benteng
R = Rook = Benteng = B ( 2 buah ) terletak di petak pinggir
P = Pawn = Bidak ( 8 buah ) lihat gambar
CARA LANGKAH MASING-MASING BUAH CATUR
Aduh …gimana cara menerangkannya ya..ngak ada papan peraga sih…saya coba aja terangkan dengan kata-kata..mudah-mudahan bro sekalian bisa mengerti..
Raja jalannya satu-satu langkah, kemana aja boleh kiri/kanan/atas/miring..ingat hanya satu langkah (nilai = infinite)
Menteri jalannya seperti X ( kali ) dan + ( tambah ) atas/bawah/kiri/kanan/miring kanan atas/miring kiri atas/miring kanan bawah/miring kiri bawah, boleh dekat dan jauh…yang nggak boleh meloncati buah lain (nilai = 9)
Benteng jalannya seperti + ( tambah ) atas/bawah/kiri/kanan, boleh dekat dan jauh…ngak boleh meloncati buah lain (nilai = 5)
Gajah jalannya seperti x ( kali ) miring kanan atas/miring kiri atas/miring kanan bawah/miring kiri bawah, boleh jauh dan dekat..ngak boleh melompati buah lain (nilai = 3)
Kuda jalannya seperti huruf L, bigini cara menjalankannya = maju dua petak lalu belok kiri atau kanan satu petak = mundur dua petak lalu belok kiri atau kanan satu petak = kekiri dua petak lalu keatas atau kebawah satu petak = kekanan dua petak lalu keatas atau kebawah satu petak….cara gampangnya ingat aja huruf L…dan kuda boleh melompat buah lainnya, contohnya kuda yang petak awalnya di b1 bisa dilangkahkan kepetak a3 atau c3 (nilai = 3)
Bidak jalannya lurus kedepan satu petak dan ngak boleh mundur, khusus untuk Bidak yang belum pernah jalan boleh melangkah dua petak kedepan ( tergantung keinginan kita, ingin dijalan kan satu langkah atau dua langkah kedepan )tetapi untuk selanjutnya hanya satu petak aja ke depan….bidak yg belum pernah jalan artinya dia masih berada pada posisi awal ( lihat aja gambar diatas tu..Bidak belum lagi jalan ) (nilai = 1)
Nilai yg saya maksud tuh nilai tukar… Misal : klo Menteri (9 point) anda dimakan lawan, tp anda dapat 2 benteng sebagai gantinya (masing 2 nilainya 5)… Mungkin anda masi tetep unggul dlm permainan…Gitu lo..iss:
CARA MAKAN : Raja, Menteri ,Benteng, Gajah dan Kuda cara makannya sama dengan langkahnya….nah sekarang cara makan ( pukul )buah lawan , letakkan buah kita dipetak tempat buah lawan “duduk” dan buah lawan tersebut keluarkan dari papan…gampang khan !!
o iya…Khusus untuk Bidak cara makannya beda sama jalannya, kalau jalannya satu petak kedepan dan makannya miring kekiri atau kekanan satu petak tetapi tetap maju ya…contohnya Bidak di petak d2 jalannya ke petak d3 atau d4, tetapi kalau mau makan bidak dipetak d2 dijalankan ke petak c3 atau petak e3
Oke deh ! moga bro sekalian mengerti dengan uraian diatas..klo anda belum ngerti..ulang terus bacanya sampai anda paham…
Yup..Sekian untuk posting belajar catur kali ini
Ini ada beberapa tambahan untuk langkah istimewa…
LANGKAH ISTIMEWA
kita telah mempelajari cara melangkah atau memukul setiap buah catur. Terapi semua itu baru mengaaangkut langkah yang umum. Masih ada beberapa lalngkah istimewa yang juga penting diketahui. Terutama yang berhubungan dengan bidak dan Raja.
1) Memukul “en passant”
Salah satu keistimewaan langkah bidak ialah memukkul “en passant” ( baca : ang pasang) atau memukul “sambil lalu”.
Ketentuaannya demikian : bila satu bidak melangkah dua petak sekaligus ke depan dan melewati lawan, maka bidak lawan dapat memukul bidak itu seolah-olah bidak tadi hanya dimajukan selangkah saja. Lihat contoh di bawah
rulescep Bahas Tuntas Bermain Catur
jika pion hitam melangkah ke titik X, maka pion putih yg berada dalam posisi demikian bisa memakan pion hitam dan berpindah ke titik ep
Demikian ketentuan mengenai pukulan “en passant”.
2) promosi bidak
Kita sudah mengenal cara bidak melangkah, yaitu lurus ke depan. Kalau memukul buah lawan maka jalannya menyerong ke kiri atau ke kanan, seperti huruf V. bidak tidak boleh mundur. Bagaimana jika bidak itu sampai pada baris terakhir perjalannannya?
Bidak yang sudah mencapai baris terakhir harus naik pangkat. Atau dengan istilah catur yang populer : Promosi. Bidak itu tidak boleh tetap menjadi bidak. Dia harus segera diganti dengan salah satu perwira seperti Menteri, Benteng, Gajah atau Kuda yang sama warna dengan bidak itu (pastinya mau jd Mentri lah yg powerful). Bidak tidak boleh menjadi Raja. Raja setiap pemain hanya ada satu sejak awal sampai akhir. saya rasa uda pada tau deh aturan yg satu ini…
Tujuan Permainan
CheckmateD Bahas Tuntas Bermain Catur
Tujuan permainan catur ialah menangkap Raja lawan. Raja lawan tidak boleh dipukul atau dimakan. Raja hanya boleh diserang atau dikepung sehingga tidak bisa lari atau diselamatkan lagi.
Bila Raja itu sudah tidak dapat menghindar dari ancaman, maka berarti Raja itu sudah tertangkap. Pihak yang mengkap Raja itu keluar sebagai pemenang.
Syah atau Sekak
Kalau Raja diserang oleh buah lawan, maka dikatakan Raja itu kena syah atau sekak. Serangan terhadap Raja harus segera ditangkis. Ada tiga cara untuk menangkis sekak itu.
Mohon Tunggu Sebentar : Perkenalkan, nama saya Huteri. Saya hanya ingin memberi tahu bahwa apabila Anda atau keluarga, teman, memiliki masalah dengan berat badan, maka bisa ke sini. diet.huteri.com Karena disini adalah solusi bagi semua orang yang memiliki masalah berat badan. Oh ya, ada pelatihan gratis dimenu atas dari diet.huteri.com
1. Memukul atau memakan buah lawan yang melakukan sekak itu dengan buah sendiri.
2. Melarikan Raja dari arah serangan buah lawan.
3. Menutup arah serangan buah lawan dengan buah sendiri. .
Nah klo skak nya uda ga ada obat nya lg (raja nya uda ga bisa kemana mana), nama nya skak mat
Checkmate1 Bahas Tuntas Bermain Catur
Aturan Rokade
mungkin temen 2 masi ada yg blom tau tentang rokade ini… istilah asing nya (castling queen side)…
castling Bahas Tuntas Bermain Catur
Rokade (Castling) adalah menggerakkan dua buah biji catur sekaligus yaitu raja dan benteng dimana dalam melakukan rokade hanya diizinkan sekali saja
Mekanisme rokade cukup sederhana, yaitu:
1. Gerakkan raja ke arah benteng
2. Gerakkan benteng raja dari sebelah kanan raja ke sebelah kiri raja. Gerakan ini ditandai dengan 0-0…….Sedangkan rokade dari sayap mentri ditandai dengan 0-0-0
Pemain tidak dapat melakukan rokade apabila
1. Raja dalam keadaan diancam skak
2. Raja sudah melakukan gerakan sebelumnya
3. Benteng yang akan di-Rokade sudah melakukan gerak sebelumnya
4. Buah catur lawan mengancam petak yang akan ditempati Raja dalam Rokade (petak c1 atau g1 untuk putih, c8 dan g8 untuk hitam)
5. Buah catur lawan mengancam petak d1 atau f1 yang akan dilewati Raja pada waktu Rokade (untuk hitam d8 dan f8)
6. Buah catur lawan berada pada petak antara Raja dan Benteng yang akan di-Rokade-kan
7. Buah catur kawan sendiri berada antara Raja dan Benteng yang akan di-Rokade-kan
wah ternyata cukup banyak ya syarat rokade…..tapi mudah untuk dipahami kan…..??iss:
Aturan Seri
keadaan seri dalam catur bisa juga disebut remis…Remis/Seri adalah apabila dalam permainan itu dicapai suatu tahap tanpa keputusan, tidak menang dan tidak kalah
Ada dua aturan yang memungkinkan permainan catur diakhiri dengan remis:
1. Aturan “50 langkah”, artinya jika permainan telah melewati 50 langkah dan belum terjadi pemukulan serta gerakan bidak, salah satu pemain dapat mengajukan remis
2. Jika suatu posisi tertentu diulang sebanyak 3 kali
Dalam permainan sesungguhnya kedua aturan di atas jarang ditemukan. Pada umumnya remis terjadi karena skak abadi, pat dan materi yang sudah tidak mencukupi untuk permainan sampai mat
Remis merupakan hasil draw untuk permainan catur, ditandai dengan skor ½ – ½
Bentuk-bentuk remis dalam permainan catur adalah sebagai berikut.
1. Stalemate
bangunan dimana tidak ada lagi perwira lain selain raja, dan tidak ada lagi langkah yang sah
Stalemate chess Bahas Tuntas Bermain Catur
untuk raja…. contoh :
2. Pat (jalan buntu)
suatu keadaan dimana Raja berada dalam tidak keadaan skak tetapi Raja dan buah/biji lainnya juga tidak dapat dilangkahkan secara sah…
3. Kurang materi (insufficient material), misalnya:
- Raja vs Raja
- Raja Kuda vs Raja
- Raja Gajah vs Raja
- Raja dua Kuda vs Raja
4. Rangkaian langkah berulang atau mencapai posisi tertentu sebanyak tiga kali (threefold repetion)

Manfaat Bermain Catur

Manfaat Bermain Catur
Penelitian di berbagai negara, membuktikan bahwa permainan catur adalah sarana yang menyenangkan bagi anak-anak untuk mengembangkan kepribadian. Karena dengan bermain catur berarti melatih otak kanan dan kiri, melatih kepercayaan diri, kedisiplinan, kesabaran, daya tahan, serta keterampilan membuat rencana, strategi, dan pengambilan keputusan yang tepat dalam waktu terbatas.
Banyak orang memandang permainan catur sangat membosankan. Gimana tidak??? Bayangkan…, gak ada sporter apalagi cheerleader atau umbrella girl, sepanjang permainan pemainnya hanya diem-dieman dan asik dengan pikirannya masing-masing, gak ada body contact, gak ada genderang atau trompet penyemangat pertandingan dan masih banyak lagi alasan yang membenarkan klo catur itu memang membosankan. Tapi jangan pernah pertanyaan itu anda tanyakan kepada para pemain/atlit dan penggemar/hobier-hobier catur. Maka jawaban yang anda dapat pasti bertolak belakang dengan pendapat sebelumnya. Permainan Catur itu sangat sangat…sangat mengasyikan. Meski tanpa umbrella girl, cheerleader maupun sporter yang menyemangati bahkan gak ada penontonya sekalipun….. , mereka bisa bertahan sampai berjam-jam. Benar-benar permainan yang aneh!!!! Di sini aku gak mo bicarakan mengapa orang bisa bertahan berjam-jam melototi balok-balok kayu bisu diatas papan segiempat hitam-putih yang disebut catur itu, tapi aku mo coba ngebahas tentang filosofi yg terkandung di dalam permainan catur yang mungkin bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam catur sudah diatur bagimana pergerakan dari bidak-bidaknya, misalnya pion hanya bisa bergerak maju (langkah petama boleh 2 petak setelah hanya boleh 1 petak), menteri/peluncur bergeraknya miring, kuda geraknya menyerupai huruf “L”, Benteng bisa 4 arah tapi tidak bisa miring, ster/patih bisa gerak arah mana aja dan raja/ratu bisa gerak segala arah tapi hanya 1 petak setiap langkah.
“Dalam kehidupan…..setiap orang mempunyai peran dan cara hidup masing-masing yang terikat dalam aturan-aturan, baik yg dibuat Tuhan maupun oleh manusia sendiri. So….ikuti aturan dan pahami benar-benar apa peran yang sedang kita mainkan serta seyogyanya kita tahu apa yang seharusnya kita kerjakan.”
Dalam catur sebelum memulai permainan kita sudah menentukan cara bermain….. bertahan atau menyerang. Namun terkadang ditengah jalannya permainan ada kalanya kita ubah cara bermain kita karena adanya perubahan situasi dan posisi permainan. Tetapi tujuan tidak pernah berubah yaitu tetap mempertahankan raja kita agar tidak mati atau minimal bisa remis
“Dalam kehidupan…..sedari awal kita harus tetap focus pada tujuan yang telah kita tetapkan dan bagaimana cara meraihnya. Jika ada perubahan situasi dan kondisi dalam kehidupan kita, maka yang perlu kita sesuaikan adalah caranya bukan tujuannya. Tujuan bisa kita rubah jika memang tidak ada cara lain lagi untuk meraihnya (jika tidak mungkin menang maka remis-lah yg kita usahakan).”
Dalam catur setiap langkah yang kita buat harus kita perhitungkan benar-benar dan harus selalu mengandung tujuan yang jelas tanpa mengabaikan posisi sendiri ataupun lawan. Pendek kata, tanpa perhitungan yang matang dan tujuan yg jelas maka langkah yang kita buat akan menjadi sia-sia bahkan bisa menjadi blunder yg berujung pada kekalahan.
“Dalam kehidupan…. memperhitungkan setiap gerak-langkah kita dengan tujuan yg jelas tanpa melupakan kondisi sendiri dan keadaan sekitar harus senantiasa kita lakukan agar bisa berakhir dengan kemenangan.”
Dalam catur kita tidak boleh lengah, apa lagi meremehkan lawan. Meski secara kuantitas jumlah bidak kita lebih banyak dan posisi sudah mau memenangkan permainan tetapi kalo kita ceroboh dan tidak focus maka kesalahan dan kecerobohan akan bisa dimanfaatkan lawan untuk mengambil alih atau merubah jalannya permainan. Karena, lawan akan berpikir lebih keras jika posisinya terdesak dan berusaha melepaskan diri dari keterdesakannya sehingga jika kita tidak focus dan bertindak ceroboh maka kemanangan yang sudah hampir ditangan akan musnah.
“Dalam kehidupan….kita tidak boleh bertindak ceroboh dan seenaknya sebelum tujuan benar-benar tercapai. Tetap focus setiap saat dan jangan biarkan situasi/kondisi disekeliling kita mengubah track yang sudah kita bangun susah-susah dalam meraih tujuan. Kekayaan dan kepintaran yang kita miliki bisa mempermudah dalam meraih tujuan hidup tetapi jika kita tidak bijaksana dan salah menggunakan kekayaan dan kepintaran yang kita miliki maka kehancuran yang akan kita dapat.”
Dan satu lagi….., pion meski kadang hanya dipandang sebelah mata dan sering diremehkan perannya dalam permainan, tapi pada saatnya pion bisa berubah dan menjadi apa saja jika selamat melangkah dibatas akhir pertahanan lawan.
“Jangan pernah meremehkan orang meski orang tersebut Nobody”

http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=43021
Comments
0 Comments