Gambar di bawah ini merupakan beberapa contoh dari rangkaian limbah elektronik bekas yang terdapat pada peralatan elektronik komputer maupun Handphone yang memiliki kandungan lapisan emas. Seperti pada PCB komputer , PCB Handphone, Prosesor, Ram, Mother board/main board, hard disk , Soket – soket pada komputer, IC , kartu chip, memori dan masih banyak komponen lainnya yang memiliki kandungan emas.










































Cara mengolah atau medapatkan emas dari limbah elektronik bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Berikut ini Cara mendapatkan emas dari limbah elektronik. Bagi mereka yang sudah terbiasa tidak terlalu sulit. Hati-hati ketika proses pengolahan karena bahan kimia yang dipergunakan sangat berbahaya bagi kesehatan. Gunakan perlengkapan safety yang memenuhi syarat.

Ujicoba dilakukan pada limbah komputer yang terdiri dari pin-pin dan konektor yang telah dipotong-potong sedemikian rupa. Proses pertama adalah melakukan sel elektrolitik yang bertujuan untuk melepaskan lapisan-lapisan emas pada limbah elektronik tersebut. Sediakan nampan kaca yang telah diisi cairan 95% asam sulfat, Catu daya DC, konektor dari catu daya yang berupa penjepit. Salah satu penjepit sebagai katoda yang di letakan di nampan. Dan satunya menjepit pin atau konektor dari limbah elektronik yang berfungsi sebagai anoda.

Celupkan pin-pin tersebut ke nampan, lapisan emas emas akan terpisah dan mengendap di bawah. Ketika proses pencelupan harus ada tegangan listrik dc. Jangan kaget kalau suhu nampan sedikit panas.

Tuangkan larutan asam sulfat tadi kedalam air. Hati-hati yang dituangkan adalah asam sulfat ke air bukan air ke asam sulfat. Kemudian saring hingga hasilnya adalah cairan encer yang terdiri dari berbagai logam dan kotoran.

Larutkan semuanya dengan campuran asam klorida 35% dan pemutih klorin(sodium hipoklorit) sebesar 5% dalam perbandingan 2:1. Sehingga di hasilkan 2 HCl + NaClO -> Cl2 + NaCl + H2O.


Akan terjadi reaksi kimia yang berbahaya ketika proses ini terjadi. Gas yang dikeluarkan dalam proses ini jika dalam dosis tinggi bahayanya sebanding dengan senjata kimia pada perang dunia ke 1.

Rekasi kimia ini akan menghasilkan bentuk klorida emas, 2 Au + 3 Cl2 -> 2 AuCl3. Kemudian saring lagi cairan ini sehingga hanya menyisakan emas larutan klorida.

Agar emas larutan klorida ini menjadi emas metalik pergunakan bubuk sodium metabisulfite.Dengan adanya air maka akan berubah menjadi sodium bisulfite Na2S2O5 + H2O –> 2 NaHSO3.

Sodium bisulfite ini yang akan mengendapkan emas tersebut 3 NaHSO3 + 2 AuCl3 + 3 H2O –> 3 NaHSO4 + 6 HCl + 2 Au.

Proses ini akan menghasilkan endapan berwarna coklat yang disebut EMAS METALIK. Prose akhir adalah melebur endapan-endapan berwarna coklat itu dengan suhu sekitar 1064 derajat celcius di wadah khusus.

Dari proses peleburan akan menghasilkan butiran emas yang berharga. Gambar-gambar proses pengolahan bisa dilihat di link terkait.