| Mera Naam Joker: Asal-Usul Gitar

Sabtu, 26 Maret 2011

Asal-Usul Gitar




Gitar diduga mulai dikembangkan di Mesir Kuno pada sekitar 5.000 tahun silam. Bangsa Mor, yang tahun 711 menginvasi Spanyol, membawa instrument ini dari Afrika Utara ke Eropa. Menurut versi lain, dari Persia gitar ke Spanyol pada abad XII.Namun ia disebut instrument tradisional Spanyol padahal bukan asli Spanyol.Bisa jadi karena kata gitar berasal dari bahasa Spanyol guitarra latina. Akhir abad XVI di negeri Matador itu gitar sangat populer karena kemampuan adaptasinya sebagai musik penggiring.
Gitar lalu tersebar kenegara Eropa lain, di antaranya Italia dan Prancis pada tahun 1620 dan 1626.Perlahan gitar masuk ke Inggris.
Di abad XVI-XIX, gitar mengalami beberapa perubahan dari gitar empat dawai, tiga dawai ganda, dan satu dawai atas tunggal, menjadi gitar dengan lima dawai ganda. Pada abad XVIII muncul gitar dengan enam dawai tunggal nada e, a, d, g, b, d.
Di Inggris pemain gitar dan komponis ahli kelahiran Spanyol, Fernando Sor, menyebarkan aliran kuat diawal abad XIX.Malah di abad XIX dan XX, para pemain musik Spanyol, seperti Andes Segovia, berhasil membuktikan peran penting gitar sebagai instrument musik utama.Komponis abad XIX yang menulis komposisi untuk gitar diantaranya adalah Ferdinando Carulli dan Mauro Giuliani, keduanya berkebangsaan Italia.
Sekitar pertengahan abad XIX pembuat gitar dari Spanyol Antonio Torres Juardo menyempurnakan, sekaligus menciptakan bentuk dan ukuran standar gitar.Dimasa hampir bersamaan, Francisco Tarrega, gitaris dan komposer Spanyol menciptakan metode bermain gitar modern.Umumnya gitar berbahan kayu ringan sedangkan dawainya dari perunggu, nilon atau baja.
Setelah berabad-abad para pemusik memainkan gitar gitar akustik, pada tahun 1936 muncul gitar elektrik.Tipe ini punya perangkat elektromagnetik yang menyalurkan dawai melalui amplifier.Selain gitar listrik, ada banyak jenis gitar dari berbagai daerah dengan kekhasan masing-masing. Diantaranya ada yang berbentuk mirip buah pir dengan 6-14 dawai kawat, atau serupa siter Jawa.Ada lagi jarana dari meksiko, serta charango di Amerika Selatan, keduanya gitar kecil berdawai lima.
Comments
0 Comments