| Mera Naam Joker: Software Adzan

Jumat, 30 September 2011

Software Adzan


Bagi anda yang seharian bekerja dengan komputer dan jauh dari mesjid , mungkin terkadang sulit mengetahui datangnya waktu sholat. Padahal kita di anjurkan untuk sholat di awal waktu, sebagaimana hadist berikut :
“Perbuatan yang paling mulia ialah shalat pada awal waktunya.” (Hadits riwayat Bukhari-Muslim)
Saat ini sudah banyak software adzan / pengingat sholat yang dapat di gunakan. Saya sendiri menggunakan 2 software gratisan di komputer saya, yaitu :
1. Athan Sofware
Software yang di buat oleh IslamicFinder ini berisi waktu sholat untuk 6 juta kota di dunia. Selain waktu sholat, software ini juga menyediakan beberapa pilihan adzan dan penunjuk arah kiblat yang bisa di sesuaikan dengan lokasi kota anda berada. Ada 3 pilihan bahasa untuk software ini yaitu Arab, Inggris dan Perancis. Untuk mendapatkan software ini, anda bisa mendownloadnya langsung di sini.
Athan Software
2. Shollu v3.07
Software ini merupakan salah satu software favorit saya, dimana saya menggunakan sejak versi 2.5 diluncurkan. Software ini merupakan karya asli anak bangsa, Ebta Setiawan. Perbedaan dengan Athan, software ini di lengkapi juga dengan koordinat wilayah (garis lintang dan garis bujur) serta ketinggian lokasi yang kita pilih. Selain itu juga di lengkapi dengan pengatur jadwal, dimana kita bisa memasukkan jadwal kita dan akan ada notifikasi dari jadwal tersebut pada waktu yang telah kita tentukan. Kelemahan dari software ini , jumlah kotanya masih belum sebanyak dari software Athan. Untuk mendapatkan software ini anda bisa langsung mendownloadnya di sini.
Shollu v.3.07
Kedua software tersebut saya gunakan pada platform Windows XP, sedangkan untuk ponsel, ada beberapa software gratis yang dapat digunakan, diantaranya :
1. PrayerTimes v2.00
Software ini bekerja pada ponsel yang memiliki aplikasi Java(J2ME) ataupun Palm. Saya sendiri menggunakan software ini pada ponsel Nokia 6708.Software ini bisa menunjukkan waktu-waktu sholat, sisa waktu menuju waktu sholat berikutnya dan petunjuk arah kiblat. Kekurangan dari software ini adalah jumlah kota yang di support hanya 3 kota untuk setiap negara (bisa lebih kalau mau upgrade sih..). Selain itu suara adzan juga tidak dapat di tampilkan (tapi bisa jadi masalah pada ponsel saya…). Namun secara keseluruhan, software ini masih cukup layak untuk digunakan. Untuk mendapatkan software ini, anda cukup mendownloadnya di sini
PrayerTimes
2. Al-Moazen
Software buatan Islamic Mobile ini belum sempat saya coba, karena dari reviewnya di internet hanya cocok untuk Nokia type 6600. Untuk mendapatkannya, anda dapat mendownloadnya di sini.
Al-Moazen
Semoga dengan adanya bantuan dari beberapa software di atas, dapat membuat kita sholat pada waktunya (di awal waktu).
Comments
0 Comments