| Mera Naam Joker: SKA-P

Jumat, 01 Juli 2011

SKA-P

 

Ska-P adalah sebuah band ska-punk yang terbentuk pada tahun 1994 di Madrid, Spanyol dan saat ini beroperasi setelah istirahat tiga tahun. Band ini adalah salah satu yang paling dikenal dan paling penting dalam dunia ska-band di Eropa dan di seluruh dunia (khususnya di Amerika Latin).

Nama mereka berasal dari gaya musik mereka (ska dan punk), tetapi juga sebuah permainan kata dalam bahasa Spanyol "Ska-P" , yang berarti "penerbangan". Maskot band ini adalah kucing Lopez, (kucing liar) yang menggambarkan bahwa band ini seperti kehidupan seekor kucing liar di jalanan.

HISTORI
Ska-P dibentuk di Vallecas, sebuah lingkungan kelas pekerja di pinggiran kota Madrid, ditandai dengan tradisi panjang perjuangan melawan kediktatoran Franco. Band ini awalnya terdiri dari Roberto Ganani Ojea ("Pulpul") sebagai suara pertama dan gitar, gitaris solo Toni Escobar, Julio César Sánchez ("Julio") pada bass, "Pako" pada drum dan Alberto Javier Amado (Kogote " ) pada keyboard Pada awalnya, Ska-P bukan mencari sebuah perusahaan rekaman yang memproduksi mereka, tetapi mereka lebih suka memproduksi rekaman mereka sendiri. Itu terjadi karena tidak adanya dana dan himpitan ekonomi para personil Ska-P.

Ska-P mulai tampil di tempat-tempat kecil Vallecas, dan sebuah label independen kecil (AZ-Records) membantu mereka untuk menyebarkan album pertama mereka self-titled, Ska-P yang dirilis pada tahun 1994. Album mereka terjual lebih dari 500 eksemplar. Band ini terus membuat suaranya didengar di Vallecas, yang membawadan mengirimkan mereka kepada stasiun radio lokal. Pada tahun 1995, Toni Escobar meninggalkan band karena komitmen kerja dan digantikan oleh José Miguel Redin (Joxemi "), satu-satunya anggota Ska-P yang bukan asli dari Vallecas. Selain itu bergabung juga Degaldo Ricardo de la Obra ("Pepper"), seorang teman Pulpul, yang mengambil peran backing vokal dan pemain sandiwara Band, yang terinspirasi sebagian Danilo Fatur dari band punk Italia (alla linea CCCP Fedeli).

Album kedua VALS El obrero, dirilis pada tahun 1996 dengan label RCA Records (milik Sony BMG), hits dengan lagu-lagu Cannabis dan El obrero VALS. Ska-P juga meningkatkan popularitas mereka dengan berpartisipasi dalam Vallekas Rock Festival, dan melalui tur keliling Spanyol dan Perancis. Pada Album ke-dua ini mereka mendapatkan sukses besar. Lagu-lagunya banyak diputar di radio-radio terkemuka di Spanyol, terutama dengan lagu hitsnya Cannabis.

Pada tahun 1998 dirilis kembali album ke tiga Eurosis, band terus melakukan tur di Spanyol, Perancis dan Italia (Wave all'Arezzo berpartisipasi), di Amerika Latin Ska-P tampil di Argentina dan Meksiko. Dalam tur pertengahan, “Pako” sang drummer meninggalkan band, ini sontak membuat para personel lain kaget. Setelah melalui beberapa audisi “Pako” digantikan oleh Luis Miguel García (Luismi).

Saat seorang manajer (Tony Lopez) melihat aksi panggung mereka yang langsung jatuh cinta. Akhirnya Ska-P resmi memiliki seorang manajer, yang membawa ke ketenaran internasional untuk tur di seluruh dunia dan album ke empat Planeta Eskoria dirilis Mei 2000, sejauh ini terjual lebih dari tiga juta kopi. Pada tanggal 27 April 2002, setelah tur dunia yang panjang dan melelahkan di Eropa dan Amerika Selatan, giliran Que Corra La Vo (album ke lima) dirilis ke pasar. Satu juta kopi terjual hanya di Negara Italia.

Karir tur internasional mereka sudah kebanyak Negara seperti, Italia, Prancis, Spanyol, Belanda, Swiss, Belgia, Austria, Jerman, Rusia, Meksiko, Ekuador, Venezuela, Argentina, Chile, Brazil dan banyak negara lain. Untuk lebih menambah aksi panggung mereka, Ska-P menambah dua orang personil baru Alberto Iriondo "Txikitín (terompet) dan Garikoitz Badiola" Gari "(trombon).


PEMBUBARAN
Pada tahun 2003 Ska-P merilis live CD, Incontrolable, berisi 16 track audio plus sebuah DVD dari 13 lagu yang direkam di Italia, Prancis dan Swiss. Dua tahun setelah Ska-P mengumumkan akhir produksi rekaman mereka:
Sebelum Vakum/bubar mereka melakukan tur terakhir di Eropa dan Amerika Selatan. “Pepper” mulai bergabung dengan Band Spanyol The Locos sementara “Joxemi” melanjutan proyek solo karir dengan istrinya.

Alasan pembubaran tersebut adalah jelas: menurut beberapa sumber, band ini telah melakukan voting pembubaran, dimana hasilnya 4 suara menyatakan bubar, dan 2 suara untuk tetap eksis. Yang lain juga percaya bahwa pembubaran itu disebabkan oleh perselisihan/keretakan yang berkelanjutan antara Pulpul, Pipi dan Joxemi.

Sebenarnya “Pulpul” masih memiliki rencana jangka panjang tentang remastering baru dari disk pertama dengan fitur-fitur khusus, mungkin dalam output pada tahun 2007-2008, tapi proyek ini akhirnya ditinggalkan dan gagal.


REUNI
Pada tanggal 12 Oktober 2007, dua tahun setelah konser terakhir dari Ska-P di Argentina, “Pulpul” merilis sebuah pernyataan di website resmi Band, Ia mengatakan telah melakukan kontak dengan semua temannya, dan mengumumkan bahwa, mulai dari bulan Januari 2008, mereka mulai latihan pertama. Pada tanggal 24 April 2008, “Pulpul” mengumumkan bahwa tes bulan-bulan pertama tahun ini telah berhasil. 7 Oktober 2008 mereka merilis album ketujuh mereka, Lágrimas y Gozos. Band yang berkumpul terdiri dari semua anggota lama, termasuk “Pepper”, yang setelah itu tidak tertarik dalam proyek untuk mengabdikan dirinya di Band terakhirnya, The Locos.

Ska-P kemudian melanjutkan tur mini di Eropa dan Milan, di mana tiket konser terjual habis diumumkan1 bulan sebelum 13 Desember 2008,lebih dari 10.000 orang hadir di lapangan untuk menunjukkan kebencian mereka bagi pemerintah sayap kanan Silvio Berlusconi (Perdana Menteri). Tour juga akan dilakukan di kota-kota lainnya seperti Brussels, Madrid, Paris, Zurich, Amsterdam, Wina, Monaco dan Bavaria.

Dari album mereka Lagrimas y Gozos dengan single pertama Crimen Sollicitationis penting untuk para ulama dan Vatikan, dituduh sengaja menutupi kejahatan pedofilia yang dilakukan oleh beberapa imam. Album ini mencapai posisi keenam di grafik Spanyol dan telah sukses baik di Perancis, Italia dan Inggris. Majalah music The Rolling Stone menilai positif album mereka ini, yang menyoroti keberanian mereka dalam membuat lagu yang begitu agresif dan kritis. Isu penting lainnya adalah tentang polusi yang terjadi di dunia, juga pengkritikan terhadap pemerintah AS.
Single kedua dari album ini El Libertador, yang juga banyak menkritik tentang masalah isu-isu global. Pada tahun 2009-2010, mereka terus mengorbit di seluruh dunia, di mana mereka mencatat berkali-kali album mereka terjual habis dan untuk pertama kalinya dalam karir mereka akan memainkan Mini Tour di Amerika Serikat di kota New York dan Los Angeles.


 CITA-CITA
Ska-P adalah anak-anak kelas pekerja dan yang ditunjukkan dalam sebagian besar lagu mereka, yang merupakan tema umum dalam hak asasi manusia, penghapusan hukuman mati (Welcome To d’ Hell ), anti-fasisme (paramilitar A la mierda), mencela korupsi para elit politik (España va bien), legalisasi ganja (Cannabis, Mis Colegas), anti-klerikalisme (La mosca cojonera, Sexo y religiòn, Villancico, Crimen Sollicitationis), penghapusan perkelahian manusia melawan banteng (Vergüenza, Wild Spain), kritik dari pembedahan makhluk hidup (animales de lab), imperialisme ekonomi dan militer Amerika Serikat (Tío Sam, America latina libre!!, El Imperio Caerá!) , anarkisme, anti-kapitalisme, gerakan sosial dan kiri anti-globalisasi (Seguimos en pie, Solamente por pensar), anti-Zionisme dan penyebab rakyat Palestina menderita (Intifadah). Ska-P yang menentang pandangan yang paling tradisional dan konvensional terhadap masyarakat mereka, dan melakukannya melalui koneksi langsung ke kekuasaan yang melewati ironi menggigit dari lirik dan musik ska yang mereka bawakan.

Di sisi lain, Ska-P telah dituduh munafik, karena meskipun mereka mengklaim dekat dengan gerakan anti-globalisasi, mereka secara nyata terikat secara kontraktual untuk BMG, yang dimiliki oleh Sony musik yang markas besarnya di Amerika Serikat. Kelompok ini juga telah dikritik oleh mereka yang percaya bahwa para personil tidak lagi memiliki ikatan persahabatan di antara mereka tetapi hanya komersial, "kecurangan" sebagai cita-cita yang membuat mereka terkenal.


GAYA DAN PENGARUH MUSIK
Banyak dipengaruhi oleh musik dari grup punk Inggris The Clash, campuran gaya band yang berbeda seperti Spanyol dan band Inggris. Gaya musik yang dipengaruhi ska dan punk. Ska-P dianggap sebagai tokoh terkemuka pada balantika dunia musik internasional, dan dianggap sebagai Ska Gelombang Ketiga. Selain The Clash, Ska-P juga penggemar Ramones. “Joxemi” gitaris band, sangat dipengaruhi oleh Ramones, dimana banyak dalam konser Ska-P ia juga mengambil peran sebagai penyanyi.

Di antara band-band yang paling terpengaruh oleh musik dari Ska-P banyak di jumpai di Italia, termasuk Peter Punk, Porno Riviste e Punkreas. Dilain sisi “Pulpul” malah mengatakan ia sangat dipengaruhi oleh Persia dan Banda Jones Bassotti dua kelompok band asal Italia.

Formasi Ska-P :

Pulpul (Roberto Ojea Ganani) - vokal, gitar
Joxemi (José Miguel Redin) - lead guitar, vokal
Julio (Julio César Sánchez) - bass, vokal
Kogote (Alberto Javier Amado) - keyboard, vokal
Luismi (Luis Miguel García) - drum, perkusi
Pipi (Degaldo Ricardo de la Obra) - Vocal
Txikitin (Alberto Iriondo) - Trompet
Gari (Badiola Garikoitz) - Trombon

Mantan personil :

Pako - drum
Toni - gitar dan vocal

Album :

Ska-P - 1 Jan 1995
El vals Del Obrero - 1 Jan 1996
Eurosis - 1 Jan 1998
Planeta Eskoria – 1 Jan 2001
Incontrolable - 1 Jan 2002
Que Corra La Vo - 3 Sep 2002
Lágrimas y Gozos - 1 Jan 2008

Videografi

Ska-p en concierto (1998) (VHS)
Seguimos en pie (1999) (VHS, DVD)
Incontrolables (2003) (DVD dengan CD audio)




Album 1 Ska-P

1. El hombre resaka baila ska
2. Abolición
3. Chupones
4. 0,7
5. Alí el magrebí
6. Sargento Bolilla
7. Reality Show
8. Bla,Bla,Bla
9. Como un Rayo


Download link : download album



Album ke 2 El vals Del Obrero

01.- El gato Lopez
02.- Napa Es
03.- El Vals Del Obrero
04.- Revistas Del Corazon
05.- Romero El Madero
06.- Sectas
07.- No Te Pares
08.- Cannabis
09.- Insecto Urbano
10.- Animales De Laboratorio
11.- La Sesera No Va
12.- Sexo Y Religion


Download link : download album



Album ke 3 Eurosis

1..Circo iberico
2. villancico
3. España va bien
4. Paramilitar
5. Simpatico olgazan
6. Kemalo
7. Poder pa’l pueblo
8. Juan sin tierra
9. Kacikes
10.america latina libre
11.Al turron
12.Seguimos en pie

Download link :
download album



Album ke 4 Planeta Eskoria

1. Planeta eskoria
2. Vergüenza
3. Como me pongo
4. Autentico
5. Naval Xixon
6. Mosca cojonera
7. Eres un@ mas
8. Derecho de admission
9. A la mierda
10. E.T.T.s
11. Lucrecia
12. Tio Sam
13. Violencia machista
14. Mestizaje


Download link : download album



Album ke 5 Incontrolable

1. Estampida
2. Gato lopez
3. Niño soldado
4. Planeta eskoria
5. Mestizaje
6. Intifada
7. Vals del obrero
8. Mis colegas
9. Vergûenza
10.Solamente per pensare
11.Romero el madero
12.Welcome to hell
13.A la mierda
14.Caposos
15.Paramilitar
16.Cannabis


Download link :
download album


Album ke 6 Que Corra La Vo

1..La estampida
2. Consumo gusto
3. Welcome to hell
4. Caposos
5. niño soldado
6. Intifada
7. Mcdollar
8. Solamante por pensar
9. Insensibilidad
10.Esquirol
11.El olvidado
12.Mis colegas


Download link : download album



Album ke 7 Lágrimas y Gozos

1..Ni fu ni fa
2. El libertador
3. La colmena
4. Crimen Sollicitationis
5. Gasta Claus
6. Fuego y miedo
7. El imperio Caera
8. Los hijos bastardos de la Globalizacion
9. Vandalo
10.El tercera de la Foto
11.Decadencia
12.Que puedo Decir
13-Wild Spain


Download link : download album
 
Personil Ska-P

"pulpul" Roberto Ojea Ganani - vokal, gitar





"luismi" Luis Miguel García - drum, perkusi



"julio" Julio César Sánchez - bass, vokal



"joxemi" José Miguel Redin - lead guitar, vokal



"kogote" Alberto Javier Amado - keyboard, vokal



"pipi" Degaldo Ricardo de la Obra - Vocal

Comments
0 Comments