| Mera Naam Joker: Apache asli Amerika

Minggu, 07 Agustus 2011

Apache asli Amerika


Total populasi: 56.060 (identifikasi-diri Daerah dengan populasi yang signifikan: Arizona, New Mexico dan Oklahoma Bahasa: Chiricahua, Jicarilla, Lipan Apache, Plains Apache, Mescalero, Apache Barat Agama: gereja Amerika asli, Kristen, agama suku tradisional syamanistis kelompok etnis Terkait: Navajo, Athabaskans





Geronimo
Apache adalah istilah kolektif untuk beberapa kelompok budaya terkait penduduk asli Amerika di Amerika Serikat berasal dari Southwest Amerika. Ini masyarakat adat Amerika Utara berbicara Athabaskan Selatan (Apachean) bahasa, yang berkaitan bahasa dengan bahasa penutur Athabaskan Alaska dan Kanada barat. Apache istilah modern termasuk Navajo orang terkait. Namun, Navajo dan Apache kelompok lainnya yang jelas berhubungan melalui budaya dan bahasa, dan dengan demikian dianggap Apachean. Apachean masyarakat sebelumnya berkisar di timur Arizona, barat laut Meksiko, New Mexico, Texas dan Great Plains selatan.
Ada kesatuan politik kecil di antara kelompok-kelompok Apachean. Kelompok-kelompok berbicara tujuh bahasa yang berbeda. Pembagian saat ini kelompok Apachean termasuk Navajo, Apache Barat, Chiricahua, Mescalero, Jicarilla, Lipan, dan Plains Apache (sebelumnya Kiowa-Apache). Kelompok Apache tinggal di Oklahoma dan Texas dan pemesanan di Arizona dan New Mexico.
Beberapa Apacheans telah pindah ke daerah-daerah metropolitan yang besar. Apache terbesar masyarakat perkotaan di Oklahoma City, Kansas City, Phoenix, Denver, San Diego dan Los Angeles. Beberapa Apacheans dipekerjakan tenaga kerja pertanian migran dan pindah ke daerah pertanian California Selatan, seperti Coachella, Imperial dan lembah Sungai Colorado, di mana sekarang puluhan ribu Apacheans hidup. Suku-suku Apachean secara historis sangat kuat, menentang Spanyol dan Meksiko selama berabad-abad. Apache pertama penggerebekan di Sonora tampaknya telah terjadi selama akhir abad 17. Pada abad ke-19 konfrontasi, Angkatan Darat Amerika Serikat menemukan Apache untuk menjadi prajurit yang ganas dan strategi terampil.
Comments
0 Comments