| Mera Naam Joker: Darimanakah Asal Medan Magnet Bumi

Kamis, 19 September 2013

Darimanakah Asal Medan Magnet Bumi

Medan magnet bumi dihasilkan oleh gerakan muatan listrik. Ini adalah dipol magnetik, dengan medan magnet kutub selatan dekat geografis kutub utara bumi, dan medan magnet utara tiang dekat geografis kutub selatan bumi. Garis khayal bergabung kutub ini pada sudut kurang lebih 11,3 ° dari sumbu putar bumi.
Menurut teori dinamo, medan magnet berhubungan dengan arus listrik yang dihasilkan oleh efek kopel konveksi dan rotasi berputar inti luar logam cair dari besi dan nikel. Medan magnet memanjang beberapa kilometer ke ruang angkasa, dan disebut magnetosfer. Magnetosfer mencegah angin matahari memasuki permukaan bumi.
Karakteristik Medan Magnet
Besarnya medan magnet bumi berukuran sekitar setengah gauss dan menurun menuju belahan utara bumi, dan itu berkisar dari kurang dari 0,3 gauss (30 microteslas) menjadi 0,6 gauss (60 microteslas). Hal ini mirip dengan sebuah magnet batang. Medan magnet di sebuah batang magnet yang dihasilkan oleh terkoordinir spin elektron dan inti dalam atom. Inti bumi lebih panas dari 1043 ° K, dan pada suhu ini orientasi spin dalam besi menjadi acak, karena yang kehilangan medan magnet. Oleh karena itu, medan magnet disebabkan oleh arus listrik dalam inti luar cair dan bukan oleh timbunan zat besi magnet.
Medan Magnet

Sebuah medan magnet adalah besaran vektor yang mengelilingi magnet dan arus listrik. Ini memberikan gaya pada muatan listrik bergerak dan bahan magnetik. Dipol Magnet ditempatkan dalam medan magnet cenderung untuk menyelaraskan sumbu mereka sejajar dengan bidang. Kepadatan energi medan Magnet adalah berbanding lurus dengan kuadrat dari intensitas medan. Para produsen medan magnet dipole di alam. Sebagai contoh, magnet permanen menghasilkan medan magnet yang persisten dan memiliki kedua kutub utara dan kutub selatan. Satuan SI untuk medan magnet adalah Tesla (1 Tesla = 10.000 Gauss).
Garis Medan Magnet
Michael Faraday memperkenalkan garis medan magnet tersebut sebagai ‘garis gaya’. Garis-garis ini menggambarkan struktur medan magnet dalam tiga dimensi. Garis-garis medan menggabungkan bersama-sama di tempat dengan medan magnet yang kuat, serta yang tersebar tempat ini yang medannya lemah. Misalnya, di sebuah batang magnet, garis-garis medan menyebar dari satu kutub dan bertemu arah dikutub lain.
Kutub Magnet
Kutub magnet serta geomagnetik adalah dua jenis kutub magnet. Kutub magnet adalah dua posisi di permukaan bumi tempat kecenderungan bidang bumi adalah 90 ° di kutub magnet utara serta -90 ° di kutub selatan magnet. ini geomagnetik kutub adalah dua posisi dimana sumbu yang terbaik dipol sesuai dengan berpotongan antara bidang bumi serta permukaan bumi. ini geomagnetik dan kutub magnet akan bertepatan Jika bidang bumi adalah dipolar. Karena banyak istilah non-dipolar, posisi mereka di tempat yang berbeda. Posisi kutub magnet tidak statis dan mereka berjalan sekitar 15 km setiap tahun. Perubahan medan bumi dengan kekuatan dan posisi, dan dua kutub berjalan secara mandiri tetapi tidak pernah diposisikan berlawanan satu sama lain.
Medan magnet bumi yang dihasilkan oleh arus listrik yang mengalir dalam besi cair perlahan-lahan bergerak. Oleh karena itu, dapat menjebak partikel bermuatan seperti elektron dan proton, dan memaksa mereka untuk melaksanakan gerakan spiral bolak-balik sepanjang garis-garis medan.
Comments
0 Comments