| Mera Naam Joker: Januari 2013

Rabu, 30 Januari 2013

10 Penyebab Tidak Terkabulnya Doa

i_love_allah
Ibrahim bin Adham pernah ditanya oleh salah seorang muridnya,“Menga pa doa kita sering tidak dikabulkan padahal ALLAH memberikan jaminan akan mengabulkan doa hamba-Nya?”

Ibrahim bin Adham menjawab,“Sesun gguhnya ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala.akan selalu mengabulkan doa hamba-Nya, namun ada beberapa perilaku manusia yang menghalangi dikabulkannya doa,yaitu:

1). Kalian mengerti tentang ALLAH,tetapi mengapa kalian tidak menaati-Nya?

2). Kalian membaca Al-Qur’an,tetap i mengapa kalian tidak mengamalkan isinya?

3). Kalian mengerti tentang setan,tetapi mengapa kalian mengikuti ajakannya?

4). kalian mengaku cinta kepada Rasulullah Shallahu ‘alaihi wassalam.,tetap i mengapa kalian mengingkari sunahnya?

5). Kalian mengaku cinta pada surga,tetapi mengapa kalian tidak beramal untuknya?

6). Kalian mengaku takut neraka,tetapi mengapa kalian selalu melakukan dosa?

7). Kalian mengatakan bahwa mati itu pasti terjadi,tetapi mengapa kalian tidak mempersiapkan diri untuk menghadapinya?

8). Kalian sibuk mengurus aib atau cela orang lain, tetapi mengapa kalian tidak mau memperhatikan aib sendiri?

9). Kalian memakan rezeki ALLAH,tetapi mengapa kalian tidak bersyukur kepada-Nya?

10). Kalian menguburkan mayat,tetapi mengapa kalian tidak mengambil pelajaran?

Cara Sayyidatuna Fatimah Az Zahra Memohon Maaf Kepada Suaminya



Ketaatan Sayyidatuna Fatimah Az Zahra kepada suaminya Sayyiduna Ali menyebabkan Allah subhanahu wa ta’ala mengangkat darajatnya. Sayyidatuna Fatimah Az Zahra tidak pernah mengeluh dengan kekurangan dan kemiskinan keluarga mereka. Tidak juga dia meminta-minta hingga menyusah-nyusah­­kan suaminya. Meski begitu, kemiskinan tidak menghalangi Sayyidatuna Fatimah Az Zahra untuk selalu bersedekah. Dia tidak sanggup untuk kenyang sendiri apabila ada orang lain yang kelaparan. Dia tidak rela hidup senang dikala orang lain menderita. Bahkan dia tidak pernah membiarkan pengemis melangkah dari pintu rumahnya tanpa memberikan sesuatu meskipun dirinya sendiri sering kelaparan.

Pernah suatu hari, Sayyidatuna Fatimah Az Zahra telah membuat Sayyiduna Ali terusik hati dengan kata-katanya. Menyadari kesalahannya, Sayyidatuna Fatimah Az Zahra segera meminta maaf berulang-ulang kali.

Melihat air muka suaminya tidak juga berubah, maka Sayyidatuna Fatimah Az Zahra mengelilingi Sayyiduna Ali. Tujuh puluh kali dia ‘tawaf’ sambil merayu-rayu mohon untuk dimaafkan. Melihat tingkah laku Sayyidatuna Fatimah Az Zahra itu, tersenyumlah Sayyiduna Ali dan lantas memaafkan istrinya itu.

“Wahai Fatimah, kalaulah dikala itu engkau mati sedangkan suamimu Ali tidak memaafkanmu, niscaya aku tidak akan menyolatkankan jenazahmu,” Rasulullah sollallahu ‘alaihi wasallam memberi nasihat kepada puterinya itu saat perkara ini sampai ke telinga Nabi SAW.

Begitulah yang ditetapkan Allah SWT mengenai kedudukan suami sebagai pemimpin bagi seorang isteri. Betapa seorang isteri itu perlu berhati-hati di saat berhadapan dengan suami. Apa yang dilakukan Sayyidatuna Fatimah Az Zahra itu bukanlah suatu kesengajaan. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari kisah agung ini.

Tangisan Dan Jeritan IBLIS


iblis Dalam Kitab Al Jami’ Liahkam Al-Qur’an karya Imam Al Qurthubi dijelaskan bahwa ada 2 hal yang bisa menyebabkan iblis menangis dengan sekeras-kerasnya.

PERTAMA, Ketika diturunkannya Surat Al Fatihah, yang mana surat ini adalah surat yang paling afdhol di dalam Al-Qur’an. Jadi dimanapun dan kapanpun surat al fatihah dibaca, iblis laknatullah akan menjerit dan menangis.

KEDUA, Kelahiran Nabi Muhammad SAW, makhluk yang paling mulia sejagad raya. Karena berkat bimbingan Beliau, orang yang sudah memiliki dosa setumpuk gunung bisa terhapus dosanya hanya dengan mengucapkan syahadat saja.

Sebagai contoh saja, pada zaman Rasulullah SAW ada orang yang tua renta kisaran berumur 100 tahun lebih mengadu kepada Rasulullah SAW.

“Ya Rasulullah, apakah agamamu bisa menghapuskan dosa-dosa yang telah aku perbuat, yang mana dosaku setumpuk gunung, berzina, mabuk, berjudi dan sebagainya dan kalau dikumpulkan akan melebihi dosa orang yang paling banyak dosanya di muka bumi ini,” kata orang tua itu.

“Bisa,” jawab Rasulullah SAW

“Lalu apa yang harus aku lakukan?” tanya orang tua itu.

Kemudian Rasulullah SAW bersabda,
“Ucapkanlah Syahadat.”

Kemudian orang tua itu pergi menuju rumahnya.

Selang 3 hari kemudian terdengar kabar kalau orang tua itu meninggal dunia dan Rasulullah SAW pun bersabda,

“Orang tersebut termasuk golongan orang yang masuk surga.”

KETIGA, Ucapan salam.

Ternyata ucapan salam dari seorang mukmin pada mukmin lainnya bisa membuat iblis menangis dengan kerasnya.

Hal ini seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra, Ibnu Abbas berkata, “Sesungguhnya iblis yang terkutuk itu akan menangis pada saat seorang mukmin bersalam dan dia (iblis) berkata, “Aduh, celakanya, kedua mukmin itu tidak akan berpisah melainkan akan diampuni dosa-dosanya.”

Rasulullah SAW sendiri sangat menekankan ucapan salam bagi seorang mukmin sebelum perkataan lain diucapkan. Dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang berbicara sebelum memberi salam, maka janganlah kamu jawab.”

Hadits lainnya ada yang mengatakan. Rasulullah SAW bersabda,
“Orang yang berkendaraan hendaklah memberi salam kepada orang yang berjalan kaki, orang yang berjalan kaki hendaklah memberi salam kepada orang yang duduk, dan orang yang sedikit hendaklah memberi salam kepada orang yang banyak.”

Itulah 3 hal yang bisa membuat iblis menangis denga keras. Sungguh sangatlah beruntung kita ini dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW.

“Allahumma Sholli ‘Alaa Muhammad…”


PERKAWINAN UNIK NABI YUSUF DAN SITI ZULAIK




PERKAWINAN UNIK NABI YUSUF DAN SITI ZULAIKHAKISAH INI DISARIKAN DARI TALES FROM THE LAND OF THE SUFIS KARYA MOJDEHBAYAT DAN MUHAMMAD ALI JAMNIA…Nabi Yusuf AS, sebagaimana dituturkan dalam kitab suci, dikenal sebagai lelakiyang sangat tampan.salah seorang yang sangat tergila-gila padanya adalah isterituannya sendiri ,Zulaikha.Begitu tergila-gilanya isteri sang wazir agung yang sangat cantik ini, sehinggapernah suatu ketika dia hendak memperkosa Yusuf yang ketika itu masih remajadan menjadi budaknya. Tetapi, Yusuf tidak tergoda oleh kecantikan dan kemolekantubuh Zulaikha.Karena merasa sangat di kecewakan, Zulaikha lalu membuat semacam tipu daya,yang ujung-ujungnya menyebabkan Yusuf yang tanpa dosa harus mendekamdalam penjara. Kisah selanjutnya, tentu kita pernah mendengar atau membacanya.Bahwa Nabi Yusuf akhirnya mendekam dalam penjara, hingga rajamembebaskannya karena Yusuf dapat menterjemahkan mimpinya, dan selanjutnya Yusuf menjadi pembesar negeri Mesir. Yang mungkin jarang diketahui kisahnya, putuskah hubungan Yusuf dan Zulaikhasetelah dengan keji Zulaikha memfitnahnya?Ya, tapi untuk sementara saja. Dikemudian hari, Allah SWT mempersatukan keduanya dalam ikatan suami isteri.Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?Keajaiban apa yang terjadi atas diri Zulaikha sehingga dirinya yang ketika itusudah jelek bahkan buta, bisa menikah dengan Yusuf, yang ketika itu sudahmenjadi Wazir agung menggantikan suami Zulaikha?untuk itu beginiceritanya………….DIKISAHKAN, Zulaikha kehilangan segala sesuatu kaena cintanya kepada Yusuf.Sesudah kematian suaminya, dia meninggalkan istananya dan pergi ke reruntuhanbangunan, ditempat itudia hidup dalam kesedihan, terus menerus menangis danmenyebut-nyebut nama Yusuf.Selama setahun, Zulaikha memberiiikkkan perhiasan emas dan peraknya kepadaorang-orang yang lewat, yang membawa kabar tentang kekasihnya itu.akhirnyakemudian dia tidak mempunyai simpanan harta lagi. Tahun demi tahun berlalu. Zulaikha tidak muda lagi.rambutnya yang menghitamberubah menjadi putih, kulitnya yang halus menjadi keriput, tubuhnya yanglangsing menjadi bungkuk karena menanggung derita cinta, dan matanya yanghitam bersinar kini menjadi buta, lantaran banyak menangisi kekasihnya, sekalipun

baru berumur empat puluh tahun,dia seperti wanita yang berusia delapan puluhtahun.Suatu ketika, Zulaikha mengetahui rute perjalanan Yusuf setiap hari. Dia lalumembangun sebuah gubuk dari buluh bambu disisi jalan yang biasa dilewati oleh Yusuf. Di sekeliling gubuk tersebut, dibuat pula pagar buluh bambu. Setiap kali diamelantunkan ratapan cinta penuh kesedihan, semua buluh bambu itumengeluarkan suara ikut bersimpati kepadanya. Dia tinggal ditempat itu dengansuatu harapan, agar Yusuf melihatnya.Ketika tiba saatnya sang wazir agung Yusuf AS melewati jalan itu. Zulaikha segerakeluar dari gubuknya dan duduk di tepi jalan, menunggu kekasihnya. Namun,begitu dia mendengar suara pengawal Yusuf mengumumkan kedatangannya,Zulaikha langsung jatuh pingsan.Kemudian setelah siuman, dia kembali kegubuk bambunya, yang ikut menyanyikanlagu-lagu sedih. Suatu malam, Zulaikha bersujud di hadapan berhala yang sudah disembahnya selama bertahun-tahun dan berdoa, “Wahai engkau yang kusembahdenga penuh pengabdian selama hayatku, engkau yang mengetahui kehinaanku, jika aku tidak bisa bersama Yusuf, tidak bisa kah engkau memulihkan penglihatankuagar aku dapat sekurang-kurangnya melihat Yusuf sekali lagi saja,?”Demikian diaberdoa terus menerus sehingga fajar menyingsing di ufuk timur.Pada pagi harinya, ketika terdengar suara kuda, dia pergi keluar. Ketika Yusuf semakin dekat, dia menjerit dari relung jiwanya. Akan tetapi, suaranya tenggelamoleh suara ringkikan kuda dan teriakan orang banyak. Tak seorangpun jugamemperhatikannya barang sebentar saja.Dengan hati hancur dia kembali pulang.lalu Zulaikha mengambil batu danmenghancurkan berhalanya sambil berseru, “Engkau tak lain hanyalah batu belaka.Kini, aku akan membebaskan diriku dari belenggu kekuasaanmu untuk selama-lamanya. Dengan bantuan batu lain, aku akan menghancurkan permatakekuasaanmu”.Dari ledakan, tiba-tiba itu, dia menerima cahaya baru. Zulaikha pun di bersihkandan disucikan oleh air matanya. Dengan penuh kesungguhan, Zulaikha lalu berdoakepada Tuhan dan mohon ampunan, “Wahai Tuhanku, kalau aku menyembahsebongkah batu, sesungguhnya aku sendirilah yang tersesat. Sayangi danampunilah aku, obati dan sembuhkanlah hatiku dengan luka penyesalan, danizinkan aku memetik sekuntum bunga dari taman Yusuf.Wahai wujud hakiki yangmenjadikan seorang raja menjadi budak dengan mahkota raja…..” Tepat saat itu, Yusuf AS kebetulan lewat disitu. Mendengar suara seorang wanitatua meratap, dia terpesona oleh ketakzimannya dan memerintahkan agar wanita itudi cari serta di bawa menghadap istananya.ketika wanita itu dihadapkan padanya, Yusuf bertanya tentang jatidirinya. “tidakkah engkau mengenalku?Akulah orang

yang lebih memilih dirimu ketimbang dunia ini, sejak pertama kali aku melihat danmencintai dirimu,” papar Zulaikha.“Zulaikha?Benarkah ini engkau?Wahai Zulaikha, apa yang terjadi pada dirimu?kemanakah hilangnya kecantikanmu?”Tanya Yusuf yang erkejut bukan kepalang.“Ketika aku kehilangan dirimu, aku kehilangan diriku dan kecantikanku juga,”jawabZulaikha.“Apa yang terjadi pada tubuhmu yang ramping semampai?”“Tubuhku jadi rusak karena terlalu berat menanggung beban perpisahandenganmu.”“Mengapa matamu jadi buta?”.”karena kehilangan dirimu, mataku menangis danmengeluarkan air mata darah hingga tak bisa melihat lagi.”“lantas, bagaimana dengan kekayaanmu?”. “kuberikan seluruh kekayaanku kepadasiapa saja yang membawa berita tentang dirimu. Kini, tiada lagi yang tersisa kecualihatiku.tak ada lagi yang ku inginkan kecuali melihatmu sekali lagi.” Yusuf AS merasa keheranan dan bertanya-tanya dalam hati, menga pa Tuhanbelum juga mematikan mahluk ini dan membuatnya menderita demikian lama?tiba-tiba terdengar suara jawaban masuk ke dalam hatinya dari Allah SWT;“Aku belum mengambilnya, sebab dalam dirinya terkandung dunia cinta kepadaorang yang juga Ku-cintai. Siapa yang akan mengizinkanmu untuk mematikansekuntum mawar di Taman Kami dan menginginkan kehancuran salah seorangkekasih-Ku?karena dia sangat sayang kepadamu, bagaimana engkau mengira Akuakan mengambil hidupnya?Matanya yang menangis memberikan kesaksian akancintanya. Kini Aku akan membuatnya kembali muda. Ia telah memberikankepadamu jiwanya yang sangat berharga. Jika sekarang aku memberkahinya, jadikan ia sebagai bagian dari jiwamu.”Dengan ketentuan dan kuasa Allah SWT, Zulaikha kembali muda dan cantik. Danmatanya yang buta kembali dapat melihat serta dapat memancarkan cahaya.Sementara kemolekan tubuhnya, seperti layaknya gadis berumur tujuh belastahun.Kemudian perintah Allah SWt kembali terdengar, “Kini Kusatukan engkau denganZulaikha di arsy pernikahan.ikatkan dirimu dengan simpul abadi.”Sinar matahari kebenaran menerpa mata Zulaikha sedemikian cemerlang, sehinggayusuf lenyap di dalamnya laksana seberkas cahaya di dalam sinar sang surya. Sangpecinta dan kekasih, akhirnya bersatu. Ya, bersatu dalam mahligai rumah tanggayang penuh kedamaian dan kebahagiaan.


Waktu tersu berjalan. Pada suatu hari, setelah cukup lam membina rumah tangga, Yusuf kembali ke pangkuanNya. Di pemakaman, Zulaikha tak sanggup menanggungkepedihan. Dia menjatuhkan dirinya di atas kuburan lalu berkata,”Wahai dimanakahengkau kini Yusuf, yang menyayangi orang-orang yang menderita?Kini engkautersembunyi jauh di bawah akar sebatang pohon mawar, sementara aku berada diatas ranting-ranting yang menjulang tinggi. Engkau telah meresap ke dalam tanahseperti air, sementara aku berada di atas laksana api dalam sekam. Engkau sudahpergi sedemikian jauh sehingga aku tak bisa memperoleh kabar tentang dirimu darisiapapun. Kehilangan dirimu telah menyulut api dalam diriku sehingga asapnyamembuat setiap orang menangis.Aku tak sanggup hidup tanpa dirimu.”Sambil meletakkan wajahnya yang berurai air mata di tanah, Zulaikha berdoadengan kerendahan hati, kemudian wafat juga.Wassalam

Siapa Harut & Marut?


 “Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), Padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir). mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil Yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan: “Sesungguhnya Kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir”. Maka mereka mempelajari dari kedua Malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun, kecuali dengan izin Allah. dan mereka mempelajari sesuatu yang tidak memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Demi, Sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa Barangsiapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, Tiadalah baginya Keuntungan di akhirat, dan Amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui.” (QS. Al Baqoroh : 102)
KISAH dan  penyebutan nama Harut Marut dalam Al-Quran, hanya disebutkan satu kali, yaitu dalam surat al-Baqarah ayat 102. Bahkan, penyebutan kisahnya pun sangat pendek, tidak panjang juga tidak detail.

Terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama. Dan perbedaan ini erat kaitan dengan penafsiran maksud dari kata ‘malakain’ (dua malaikat).

Pendapat pertama, Harut dan Marut adalah dua nama kabilah jin yang mengajarkan sihir. Dengan demikian kata Harut dan Marut merupakan badal dari kata ‘asy-syayâthîn’ (setan-setan). Pendapat ini adalah dinisbahkan oleh Ibnu Katsir kepada pendapatnya Ibnu Hazm, hanya saja Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan pendapat ini adalah pendapat yang sangat aneh dan asing.

Lalu jika Harut dan Marut merupakan badal dari kata ‘asy-syayâthîn’, lalu siapakah yang dimaksud dengan ‘malakain’ dalam ayat tersebut? Menurut pendapat ini, kata ‘malakain’ dimaksudkan adalah Jibril dan Mikail. Hal ini mengingat orang-orang Yahudi mengatakan bahwa Allah telah menurunkan Jibril dan Mikail untuk mengajarkan sihir, lalu Allah menolak anggapan tersebut, dengan mengatakan: “Sulaiman tidak kufur (tidak mengajarkan sihir), juga demikian dengan Jibril dan Mikail. Akan tetapi yang  kufur itu adalah setan-setan, di mana merekalah yang mengajarkan sihir kepada manusia di daerah Babil, yaitu melalui Harut dan Marut”.

Demikian penggambaran Imam al-Qurthubi dalam al-Jâmi’ li Ahkâmil Qur’an-nya, ketika menggambarkan penafsiran pendapat pertama. Hanya saja, pendapat ini, sebagaimana dikatakan Ibnu Katsir adalah pendapat yang sangat aneh dan  asing (aghrab jiddan).

Pendapat kedua mengatakan, Harut dan Marut adalah manusia jahat yang mengajarkan sihir  di daerah Babil, dan Babil adalah sebuah daerah di Irak atau di Kufah. Pendapat ini diutarakan oleh Imam Ibnu Jarir at-Thabari dalam tafsirnya Jâmiul Bayân fi Ta’wîl Al-Quran, ketika menjelaskan beberapa pendapat seputar maksud Harut dan Marut. Namun demikian, di akhir pemaparan Imam at-Thabari melemahkan pendapat ini.

Jika yang dimaksudkan dengan Harut dan Marut adalah manusia biasa, lalu siapa yang dimaksud dengan ‘malakain’?

Sebagaimana pendapat pertama, pendapat ini mengatakan bahwa ‘malakain’ maksudnya adalah Jibril dan Mikail. Ini untuk menolak anggapan orang Yahudi saat itu yang mengatakan bahwa Nabi Sulaiman bin Daud bukan seorang Nabi akan tetapi seorang tukang sihir, yang mana sihirnya itu diajarkan melalui Jibril dan Mikail. Allah kemudian membantah anggapan demikian dengan mengatakan bahwa Jibril dan Mikail tidak mengajarkan sihir sedikitpun, sehingga dengan demikian Nabi Sulaiman terbebas dari tuduhan tersebut. Kelebihan yang dimiliki Nabi Sulaiman, bukanlah hasil dari sihir akan tetapi mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi-Nya.

Pendapat ketiga, mengatakan Harut dan Marut adalah orang shaleh dan sangat baik yang tinggal di Babil. Karena kesalehannya, orang-orang memuliakan dan menganggapnya seperti malaikat. Dengan demikian, kata ‘malakain’ dalam ayat di atas merupakan bentuk isti’arah atau majaz dari dua sosok manusia saleh yang bernama Harut dan Marut. Karenanya, kata Harut dan Marut merupakan badal dari kata ‘malakain’ hanya dalam pengertian majaz bukan pengertian sebenarnya sebagai malaikat.

Harut dan Marut, menurut pendapat ini, dapat mengetahui sihir dan bahkan keduanya yang meletakkan dasar-dasar ilmu sihir di negeri Babil, Irak. Keduanya orang baik dan tidak kufur dengan sihirnya itu, hanya saja orang-orang setelahnya yang menggunakan ilmu sihir tersebut untuk hal-hal tidak baik sehingga mereka menjadi kufur. Demikian pemaparan Thahir bin Asyur dalam at-Tahrir wat Tanwir-nya, ketika menjelaskan ayat 102 dari surat al-Baqarah.

Harut dan Marut, lanjut Ibnu Asyur, adalah dua nama suku Kaldan. Kata Harut merupakan nama Arab dari bahasa Kaldan, Hârûkâ, yang merupakan nama bulan sebagai symbol perempuan bagi suku Kandan. Sedangkan Marut merupakan nama Arab dari kata Mârûdâkh, yang merupakan nama bintang bagi suku Kaldan, sebagai simbol laki-laki.

Baik Hârûkâ maupun Mârûdâkh keduanya merupakan di antara bintang yang disucikan dan disembah oleh suku Kandan. Dan penyandaran kedua nama ini kepada nama bintang, adalah karena keyakinan mereka bahwa setiap orang saleh ketika sudah meninggal dunia, ia akan naik ke langit dan berubah dalam bentuk bintang atau benda langit lainnya. Dengan demikian, Harut dan Marut adalah dua orang saleh yang namanya kemudian diabadikan sebagai nama bintang sembahan suku Kaldan. Demikian pemaparan Ibnu Asyur dalam tafsirnya.

Sebagian ulama membacanya bukan ‘malakain’, akan tetapi ‘malikain’ (dengan membaca kasrah huruf lam-nya

yang berarti dua raja). Di antara ulama yang membaca dengan ‘malikain’ ini, dinisbahkan oleh Imam al-Qurthubi dalam tafsirnya, kepada pendapatnya ibnu Abbas, Ibn Abza, ad-Dhahhâk dan al-Hasan al-Bashri. Dan yang dimaksud dengan dua raja ini adalah Nabi Daud dan Nabi Sulaiman. Hanya saja, bacaan ini adalah bacaan yang syadzdzah (ganjil), dan dilemahkan oleh Ibnul Araby.

Pendapat keempat, Harut dan Marut adalah malaikat yang diturunkan oleh Allah sebagai ujian dan cobaan bagi manusia saat itu. Keduanya mengajarkan sihir, dengan maksud agar orang-orang dapat membedakan mana sihir dan mana mukjizat. Hal ini penting mengingat sihir di daerah Babil saat itu sudah sangat membudaya dan membesar, sehingga mereka tidak dapat lagi membedakan antara mukjizat dan sihir. Mereka menganggap para nabi yang diutus bukan sebagai nabi akan tetapi tukang sihir. Allah lalu menurunkan dua malaikat, Harut dan Marut sebagai ujian bagi manusia saat itu. Mereka yang beriman akan tetap kokoh dengan keimanannya, dan mereka yang tidak beriman akan teperdaya dengan sihir tersebut.

Pendapat ini mengatakan, bahwa kata Harut dan Marut merupakan badal dari kata ‘malakain’, yang berarti dua malaikat dalam pengertian sebenarnya. Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan, pendapat ini merupakan pendapat Jumhur ulama salaf, termasuk juga pendapat sebagian besar mufassirin, baik yang dahulu maupun yang belakangan.

Lalu jika ditanyakan, kalau seandainya Harut dan Marut itu adalah malaikat, bagaimana mungkin dia mengajarkan sihir yang jelas-jelas sangat dilarang?

Imam at-Thabari menjawab pertanyaan ini dengan mengatakan: “Sesungguhnya Allahlah yang telah menurunkan kebaikan dan kejahatan semuanya. Dan Allah juga menjelaskan akibat dari semua itu kepada hamba-hamba-Nya. Allah kemudian mewahyukan kepada para utusan-Nya untuk mengajarkan kepada makhluk-Nya mana yang halal dan mana yang haram bagi mereka. Hal ini seperti zina, mencuri dan seluruh perbuatan maksiat lainnya yang diperkenalkan kepada manusia serta melarang manusia melakukannya. Dan Sihir juga termasuk salah satu dari makna dimaksud, yang disampaikan dan dilarang untuk menggunakannya”.

Imam at-Thabari kemudian menukil pendapat yang mengatakan: “Mereka juga berpendapat: “Mengetahui ilmu sihir itu tidak berdosa, sebagaimana tidak berdosanya seseorang yang mengetahui cara membuat minuman keras, memahat patung. Letak dosa itu manakala ia mengamalkannya dan mempraktikkannya”. Demikian di antara pemaparan Imam at-Thabari mengokohkan pendapat keempat ini.

Imam al-Qurthubi dalam tafsirnya menguatkan pendapat tersebut dengan mengatakan bahwa Harut dan Marut merupakan dua malaikat yang diturunkan menjelaskan bahaya sihir sebagai ujian dan fitnah bagi manusia. Dan bagi Allah, lanjut al-Qurthubi, sangat berhak untuk menguji hamba-Nya menurut kehendak-Nya, sebagaimana Dia telah menguji dengan sangat Thalut. Karena itu, kedua malaikat itu berkata: “kami adalah fitnah maksudnya ujian dari Allah, kami mengabarkan bahwa sihir itu adalah perbuatan kufur. Jika kamu mengikuti nasihat kami, niscaya akan selamat, dan jika kamu tidak mengikuti kami, niscaya kamu celaka dan binasa”.

Dalam kesempatan lain, Imam  al-Qurthubi mengatakan bahwa Harut dan Marut itu diturunkan untuk mengajarkan kepada manusia larangan melakukan sihir. Keduanya mengatakan: “Janganlah kalian melakukan ini, jangan melakukan itu”, dan seterusnya.

Syaikh Thanthawi, rahimahullah, Syaikhul Azhar sebelumnya, dalam tafsirnya at-Tafsîr al-Wasîth menuturkan: “Jumhur mufassirin berpendapat bahwa kedua malaikat itu adalah dalam pengertian sebenarnya malaikat. Keduanya diturunkan oleh Allah untuk mengajarkan sihir kepada manusia sebagai ujian dan cobaan. Hal ini untuk menolak anggapan tukang sihir saat itu yang mengatakan bahwa para nabi itu dusta, juga mereka memengaruhi dan mengajak orang-orang saat itu untuk menyembah selain Allah. Kemudian Allah mengutus dua malaikat yang bernama Harut dan Marut.

Hanya saja, keduanya tidak mengajarkan sihir kepada siapa pun kecuali keduanya menasihati dengan mengatakan  bahwa apa yang diajarkannya itu  adalah bentuk sihir yang tujuannya sebagai ujian, untuk memisahkan mana yang mengikuti kemaksiatan sehingga ia sesat dibuatnya, dan mana yang meninggalkan kemaksiatan sehingga ia berada dalam petunjuk dan cahaya dari Allah. Di samping itu juga untuk menampakkan perbedaan yang nyata antara mukjizat dengan sihir”.

Kemudian perlu disampaikan juga, riwayat-riwayat yang berkaitan dengan kisah Harut dan Marut ini sangat banyak. Riwayat-riwayat dimaksud datang bukan dari Rasulullah saw, akan tetapi dari para tabi’in, seperti Mujahid, Hasan Bashri, Qatadah dan lainnya. Tidak ada riwayat yang sahih yang langsung menyambung kepada Rasulullah saw.

Ada satu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnad-nya yang bersambung kepada Rasulullah saw, hanya saja riwayatnya lemah, karena di dalamnya ada rawi bernama Musa bin Jubair, yang oleh para ulama hadis seperti Imam al-Haitsami dalam Majmauz Zawâid dinilai sebagai rawi daif. Terlebih, menurut para ulama, riwayat-riwayat seputar kisah Harut dan Marut yang banyak disebutkan dalam kitab-kitab tafsir seperti dalam Tafsir at-Thabari adalah berita-berita Israiliyyat yang tertolak.

Mengakhiri pembicaraan Harut Marut ini, ada perkataan Ibnu Katsir dalam tafsirnya ketika menafsirkan surat al-Baqarah ayat 102 di atas. Ibnu Katsir mengatakan:  “Kisah Harut dan Marut banyak diriwayatkan kisahnya dari sekelompok tabi’in seperti Mujahid, as-Suddy, al-Hasan al-Bashri, Qatadah, Abul ‘Âliyyah, az-Zuhry, ar-Rabi’ bin Anas, Muqatil, Ibnu Hayyan dan yang lainnya. Demikian juga, kisahnya banyak diceritakan oleh para mufassir, baik yang terdahulu ataupun yang belakangan. Kesimpulannya, semua kisah secara teperincinya merupakan kisah-kisah Bani Israil, karena tidak ada satu pun hadis Marfu’ yang sahih yang bersambung sanadnya kepada Rasulullah saw yang menceritakan akan hal itu. Sedangkan Al-Quran menceritakan kisahnya secara global, tanpa penjelasan yang panjang.  Karena itu, kami mengimani apa yang ada dalam Al-Quran menurut kehendak Allah, dan hanya Allah yang lebih mengetahui hakikat sebenarnya. [islampos]

KEAJAIBAN ORGAN TUBUH MANUSIA DALAM MEMPERBAIKI DIRINYA SENDIRI




Percaya atau tidak, paru-paru Anda ternyata usianya baru enam minggu dan pengecap di lidah usianya baru 10 hari.

Lantas apa alasannya? Tubuh secara alami bersikus yang membuat organ di tubuh tak setua yang Anda bayangkan.

Berapa sajakah usia bagian di tubuh Anda? Berikut rinciannya seperti dikutip Body Soul, Kamis (24/1/2013):

1. Pengecap di lidah (tastebud) usianya 10 hari


"Lidah ditutupi dengan sekitar 9.000 tastebud yang membantu kita merasakan manis, asin, pahit, dan asam," kata Profesor Damian Walmsley, penasihat ilmiah untuk British Dental Association.

Tastebud merupakan kumpulan sel-sel di permukaan lidah, masing-masih rumah memiliki 50 sel rasa. Tunas itu kemudian memperbaharui diri setiap 10 hari hingga 2 minggu. Namun, infeksi atau merokok bisa menyebabkan peradangan, yang bisa merusak tastebud dan mempengaruhi pembaharuannya, mematikan kepekaan.

2. Jantung berusia 20 tahun

Sampai saat ini ada anggapan bahwa jantung tidak bisa memperbarui diri. Namun sebuah studi di New York Medical College di Amerika Serikat menemukan, jantung sebenarnya dihiasi dengan sel induk yang meremajakan diri setidaknya tiga atau empat kali selama seumur hidup.

3. Paru berusia 2-3 minggu

Semua sel-sel di paru-paru terus menerus memperbarui diri, jelas Dr Keith Prowse, Wakil Presiden British Lung Foundation. Namun paru-paru mengandung sel-sel berbeda yang memperbarui diri pada tingkatan yang berbeda.

Alveoli atau sel kantung udara jauh di dalam paru-paru memerlukan pertukaran oksigen dan gas, memiliki kemajuan nan mantap dari regenerasi yang memakan waktu sekitar 1 tahun.

Sementara, sel-sel di permukaan paru-paru harus memperbarui diri setiap dua atau tiga minggu. Ini adalah baris pertahanan pertama paru-paru sehingga bagian ini harus diperbaharui dengan cepat.

Penyakit paru-paru emfisema bisa mencegah regenerasi karena bisa merusak alveoli, yang menciptakan lubang permanen di dinding paru-paru.

4. Usia mata seusia Anda

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang tidak berubah selama hidup Anda. Satu-satunya bagian yang terus-menerus memperbaharui adalah kornea, lapisan atas transparan di mata. Jika kornea rusak, maka bisa cepat sembuh dalam 24 jam, kata Dr Rob Hogan, dari UK College of Optometrist.

"Kornea harus memiliki permukaan halus sehingga Anda bisa fokus dengan benar. Itulah mengapa sel memperbaharui diri mereka begitu cepat".

Sayangnya, hal ini tak bisa terjadi di bagian mata lainnya. Seperti usia kita, lensa kehilangan fleksibilitas, itulah sebabnya kita berjuang untuk fokus seiring dengan bertambahnya usia.

5. Usia kulit 2-4 minggu

Epidermis atau lapisan permukaan dari kulit diperbarui setiap 2 sampai 4 minggu. Pergantian yang cepat terjadi karena kulit merupakan perlindungan tubuh dari luar dan terkena cedera serta polusi. Meskipun kulit terus-menerus memperbarui, kita masih bisa keriput dengan bertambahnya usia. Itu karena kulit kehilangan kolagen.

6. Umur tulang 10 tahun

Tulang terus mengganti dirinya sendiri, jelas Dr Peter Selby, ahli osteoporosis di Manchester Royal Infirmary di Inggris.

Tulang membutuhkan sekitar 10 tahun untuk melakukan hal ini sepenuhnya. Tulang tua dipecah oleh sel yang disebut osteoklas dan digantikan oleh sel yang membangun tulang yang dikenal sebagai osteoblas.

Pada satu waktu kita memiliki campuran tulang lama dan baru pada tingkat yang berbeda di seluruh tubuh. Tetapi ketika kita memasuki usia pertengahan proses pembaharuan melambat, sehingga tulang cenderung lebih tipis, itulah sebabnya mengapa osteoporosis sering terjadi.

7. Usia usus 2-3

hari

Usu kita dilapisi sel yang dikenal dengan villi, seperi jari yang bercabang-cabang yang meningkatkan luas permukaan dan membantu usus untuk menyerap nutrisi.

Usus beregenerasi setiap dua hingga tiga hari. Demikian keterangan Profesor Imunologi Tom MacDonald.

Hal ini terjadi karena usus sering terkena bahan kimia, seperti asam lambung yang korosif yang memecah makanan, sehingga terus-menerus diserang.

Sisa dari usus melindungi diri dengan lapisan mukosa, meskipun ini tidak dapat menahan asam lambung dengan lama, sehingga sel-sel di sini memperbarui diri setiap 3-5 hari.

8. Usia kuku : 6-10 bulan

Kuku terbuat dari sel-sel yang kaya protein yang sulit disebut keratin. Kuku jari tangan tumbuh sebesar 3,4 milimeter setiap bulan, hampir dua kali lebih cepat dibanding kuku kaki.

Kuku kaki membutuhkan 10 bulan untuk tumbuh dengan sempurna, tetapi kuku tangan hanya enam bulan. Ini mungkin karena kuku tangan memiliki pasokan darah yang lebih baik dibanding kuku kaki dan sirkulasinya juga lebih baik.

Kuku orang yang lebih muda dan laki-laki tumbuh lebih cepat dibanding orang tua dan wanita, yang juga mungkin karena sirkulasi yang lebih baik.

Anehnya, kuku yang kecil tumbuhnya jauh lebih lambat dibanding kuku lainnya, meski tidak jelas alasannya. Secara umum laju pertumbuhan kuku tergantung usia dan kondisi seperti psoriasis, yang bisa mempengaruhi jaringan kuku tumbuh.

9. Sel darah merah usianya 4 bulan

Sel darah merah sangat penting dalam sistem transportasi tubuh, membawa oksigen ke setiap jaringan hidup dan membawa kotoran pergi.

Sel darah aus setiap empat bulan, setelah itu hati menghilangkan sisa zat besi yang diperlukan untuk kesehatan sel darah merah, dan kemudian sel yang tersisa dihancurkan di limpa. Karena sel darah merah juga dapat hilang karena cedera dan menstruasi, tubuh terus-menerus membuatnya lebih banyak.

10. Usia rambut 3-6 bulan

Ahli bedah restorasi rambut Dr Bessam Farjo mengatakan usia rambut Anda tergantung pada berapa lama itu, tetapi umumnya tumbuh satu sentimeter setiap bulan.

Pada wanita, setiap rambut berlangsung hingga enam tahun dan pada pria tiga tahun. Alis dan bulu mata diperbarui setiap enam sampai delapan minggu, namun mencabut alis berulang kali membuatnya berhenti tumbuh karena mengganggu siklus ini.

11. Usia otak sama seperti usia Anda

Sebagian besar sel-sel tubuh yang berlangsung seumur hidup ditemukan di otak, jelas Dr John Wadley, konsultan ahli bedah saraf di Rumah Sakit Barts dan London di Inggris.

"Kita lahir dengan semua sel-sel otak kita yang memiliki sekitar 100 miliar - dan sebagian besar otak tidak beregenerasi karena menjadi tua. Pada kenyataannya, kita benar-benar kehilangan sel, yang merupakan alasan yang mendasari demensia dan juga mengapa cedera kepala begitu parah.

"Namun, ada dua area otak yang melakukan regenerasi," kata Dr Wadley.

"Bola pencium yang mengatur indra penciuman kita, dan hippocampus, yang merupakan daerah untuk belajar."

12. Usia hati 5 bulan

Hati dikenal karena kemampuannya yang luar biasa untuk memperbaiki dan bisa tumbuh lagi sendiri, berkat kayanya pasokan darah.

Ini berarti hati bisa melanjutkan pekerjaan utamanya dalam mengeluarkan racun dari tubuh. Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa peminum berat kadang-kadang dapat memperbaiki keadaan hatinya, itu karena sel-sel hati hanya memiliki umur sekitar 150 hari.

"Saya bisa mengambil 70 persen hati seseorang dalam sebuah operasi dan sekitar 90 persen itu akan tumbuh kembali dalam waktu dua bulan," jelas Dr David Lloyd, konsultan ahli bedah di Leicester Royal Infirmary di Inggris.

Namun, pada peminum sangat berat, sel-sel parenkim (sel utama hati) bisa mengalami kerusakan hebat sehingga membentuk jaringan parut, kondisi yang dikenal sebagai sirosis.

Jadi meskipun hati yang sehat bisa meregenerasi sendiri dengan cepat, jika terjadi sirosis, kerusakan bisa permanen, dan kadang-kadang fatal.

Kisah yang Mengharukan: Anak yang Mengeraskan Suaranya di Masjid




Seorang imam masjid mengisahkan..

Ada seorang anak kecil yang umurnya blm mencpai 10 thn. Dia selalu menjalankan shalat berjamaah di masjid, dan selalunya berusaha menempati shaf plg depan. Anak itu biasa mengeraskan suara saat shalat, terutama tatkala saya selesai membaca al-fatihah, si anak membaca “aamiin” dengan suara sangat keras.

Suatu kali, saya ingin menasihati anak ini agar merubah kebiasaannya. Akan tetapi setiap kali saya selesai shalat dan berdzikir anak itu telah pergi, saya tidak sempat berbicara dengannya.


Hingga suatu kali, setelah

selesai shalat saya langsung memegang tangan anak itu sebelum ia pergi. Lalu saya bertanya, “Nak, mengapa kamu sering berteriak keras sewaktu shalat?”
Anak itu menjawab : Rumah saya dekat dengan masjid, tapi ayah tidak pernah ke masjid sama sekali. Saya mengeraskan suara agar ayah mendengar suaraku melalui loudspeaker masjid. Dengan begitu ayah tahu bahwa saya shalat di masjid. Saya berharap ayah segera menyusul ke masjid setelah mendengar suara saya.

Imam tsb melanjutkan ceritanya, “Betapa merinding bulu kudukku ketika mendengar jawaban anak ini. Maka saya bersepakat dengan sebagian jamaah untuk mengunjungi ayah dari anak tersebut untuk memberikan nasihat dan menceritakan apa yang dilakukan anaknya di masjid.

Hingga akhirnya sang ayah bisa tertib menjalankan shalat jamaah di masjid, Allahu akbar walillahilhamd

Akibat Nonton Film Porno


Dari Mu’awiyah ra. berkata: Aku mendengar Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya jika engkau mengikuti aib-aib orang lain, maka aib-aib tersebut akan merusak mereka, atau engkau yang akan merusak mereka,” (THR. Ibn Hibban).

BARAT selalu mencari cara untuk menemukan kesenangan dunia. Mulai dari ujung kaki, sampai ujung kepala. Apalagi urusan bawah perut. Semuanya dibolehkan. Tentu tidak demikian dengan Islam.

Tatkala Barat menyalurkan syahwat mereka pada perkara-perkara yang haram maka jadilah mereka kehilangan rasa kepuasan dengan cara-cara yang halal dan yang sesuai dengan fitroh dan harkat kemanusiaan. Sehingga timbullah kelainan-kelainan seksual, seperti homo seksual, hubungan seks dengan cara kasar, bahkan dengan menyakiti pasangannya agar timbul kepuasan. Bahkan sebagian mereka hanya bisa puas jika berjima. dengan hewan peliharaannya.
Yang sangat menyedihkah—setelah tersebarnya video, para bola, dan internet—maka banyak kaum muslimin yang menonton tayangan-tayangan film porno. Dan tidak diragukan lagi bahwasanya larisnya praktek oral seks di kalangan kaum muslimin juga setelah larisnya tayangan-tayangan tersebut. Dari sinilah sangat jelas hikmah dari firman Allah

 “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat. Dan katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya,” (QS An-Nuur : 30-31).

Diantara akibat buruk dari menyaksikan tayangan-tayangan seperti ini adalah:

-  Hilangnya rasa malu karena terlalu sering menyaksikan aurot para pezina

-  Hilangnya rasa cemburu dari hati kedua pasangan, bagaimana tidak?, sementara sang istri membiarkan sang suami berledzat-ledzat menonton aurot para wanita pezina pelaku film-film porno tersebut. Demikian juga sang suami membiarkan sang istri berledzat-ledzat melihat aurot para lelaki barat pezina dalam tayangan film-film porno tersebut.

- Hilangnya rasa kepuasan terhadap pasangannya. Masing-masing berangan-angan pasangannya bisa seperti tokoh yang ia saksikan dalam tayangan-tayangan film porno tersebut. Dan diantara sebab timbul banyaknya perceraian adalah akibat menyaksikan tayangan-tayangan film porno. Sungguh Allah telah memberikan kepuasan kepada sang lelaki dengan istri yang halal, akan tetapi tatkala ia menyaksikan film-film porno maka dicabutlah rasa kepuasan tersebut, bahkan ia berangan-angan untuk bisa berzina dengan wanita barat pezina yang dia lihat dalam tayangan porno tersebut agar bisa berfantasi dengannya. Wal’iyaadzu billah.

-  Hilangnya rasa kepuasan dengan cara berhubungan seksual yang sesuai dengan fitroh manusia. Betapa banyak lelaki yang sangat ingin mempraktekkan anal seks (berjimak lewat dubur) setelah menonton tayangan-tayangan seperti ini. Betapa banyak para wanita yang ingin digerayangi lebih dari seorang lelaki setelah menyaksikan tayangan-tayangan tersebut.

Adapun secara fatamorgana, film porno juga memberikan dampak sebagai berikut:

1. Pornografi memberi makan pada “keinginan mata” dan “keinginan daging” yang tidak akan pernah terpuaskan. Pornografi hanya akan membuat ‘penontonnya’ minta tambah, tambah, dan tambah lagi.
Dengan mudah, pornografi memperbudak orang akan nafsunya dan membuka pintu terhadap segala jenis kejahatan seperti kemarahan, penyiksaaan, kekerasan,

kepahitan, kebohongan, iri hati, pemaksaan, dan keegoisan.

2. Pornografi membuat cara berpikir seseorang menjadi penuh dengan seks semata. Pikiran seks akan menguasai alam bawah sadar mereka. Gambar berbau seks akan melekat pada otak mereka, sehingga pada saat seseorang memutuskan untuk berhenti melihat pornografi-pun, gambar-gambar yang pernah ia lihat dimasa lalu akan bertahan sampai beberapa tahun bahkan selama-lamanya.

3. Pornografi menjadi ajang promosi terhadap praktik seksual yang menyimpang. Contohnya, situs porno internet biasnya terhubung dengan situs porno yang lebih progresif seperti homoseks, pornografi anak, seks dengan hewan, perkosaan, seks dengan kekerasan dan lainnya.
Ini akan membuat orang-orang tertentu terganggu secara mental dan tertantang untuk mencoba. Dengan demikian, makin banyaklah perilaku seks menyimpang di masyarakat.

4. Pornografi membuat seseorang terpicu untuk lebih suka melayani diri sendiri dibanding orang lain. Masturbasi/onani adalah contohnya. Ini adalah tindakan pemenuhan nafsu pribadi yang bisa membuat seseorang sulit menerima dan membari cinta yang sebenarnya pada orang lain. Pornografi biasanya membuat orang kecanduan masturbasi/onani.

5. Pornografi akan membawa seseorang terhadap penggunaan waktu dan uang dengan sangat buruk. Sedikit ada waktu luang atau uang lebih, akan dihabiskan untuk memuaskan hawa nafsunya.

6. Dengan sering melihat situs porno atau membeli film/majalah porno, orang-orang tersebut mendukung perkembangan industri pornografi yang biasanya dikelola oleh “kejahatan terorganisir” yang mencari dana dengan cara haram.

7. Terbiasa melihat pornografi akan merusak hubungan orang tersebut dengan lingkungannya, dalam hal ini keluarga atau orang-orang terdekatnya.
Pada hubungan pacaran, hubungan yang berkembang menjadi tidak sehat. Orang yang terlibat pornografi akan menyalahkan kekasihnya pada tindakan-tindakan seksual yang mereka lakukan. Padahal masalah itu terdapat pada pribadinya sendiri, dan pasangannya adalah si ‘korban’. Pada pasangan yang telah menikah, ini akan memicu ketidakpuasan seksual dan praktik seksual yang menyimpang sehingga mengarah ke arah ketidakharmonisan keluarga, bahkan perceraian.

8. Dalam banyak kasus, pornografi membuat seseorang kehilangan daya kerjanya. Yang tadinya aktif dan kreatif bisa menjadi tidak fokus dalam pekerjaan.

9. Pornografi dapat merusak hubungan seksual dengan pasangan karena terbiasa membayangkan orang lain dalam hubungan seksual.
Imajinasi adalah salah satu efek pornografi yang sangat kuat. Nilai dan kemurnian seksual sesungguhnya menjadi rusak.

10. Melihat pornografi akan membuat seseorang menjadi sering berbohong.
Orang yang terikat pornografi akan menyimpan kebiasaannya ini sebagai rahasia, sehingga dengan berbohong ia dapat menyembunyikan rasa malunya dan menghindari kritik dari lingkungannya. Kemanapun ia pergi, ia akan cenderung memakai ‘topeng’.

11. Pornografi akan membawa seseorang pada konsekuensi spiritual yang serius.
Tekanan dan kebingungan akan memenuhi hidupnya. Pornografi membawa kekuatan jahat yang akan mengontrol dan mendominasi pemirsanya. Sekali saja seseorang melihat pornografi, itu akan membawanya semakin dalam. Nilai moral yang benar makin lama makn pudar, sehingga timbul standar ganda yang membingungkan.

12. Pornografi akan membuat seseorang mempercayai semua kebohongan yang ditawarkan oleh pornografi sendiri.
Contoh kebohongan yang ditawarkan ialah :

a. Kebebasan seksual = kebahagiaan

b. Penyimpangan seksual = normal

c. Kapan saja melampiaskan kebutuhan seksual = hal yang benar dan wajar

d. Setiap hari masturbasi = sehat

e. Pornografi = tidak menyakiti siapapun

f. Bintang porno = orang paling bahagia di dunia

g. dll.
(islampos)

Berlindung Dari Roket Palestina, Israel Gunakan Pohon. Bukti Ramalan Rasulullah?


Militer Israel tidak hanya menggunakan teknologi canggih seperti sitem anti rudal Iron Dome untuk menghadapi serangan roket dari Jalur Gaza. Mereka pun menggunakan cara yang lebih tradisional seperti menanam pohon.

Pohon-pohon yang ditanam di sekitar perbatasan Israel dengan Jalur Gaza untuk menghadapi serangan roket dari Jalur Gaza. Mereka pun menggunakan cara yang lebih tradisional seperti menanam pohon.
Pohon-pohon yang ditanam di sekitar perbatasan Israel dengan Jalur Gaza berfungsi untuk menghalangi pandangan dari militan yang ada di Jalur Gaza. Dengan itu diharapkan serangan roket para militan akan menjadi tidak akurat.

“Dengan cara ini warga Israel yang tinggal disekitar Gaza dapat lebih terlindungi dan di sisi lain dapat juga menikmati pemandangan hijau,” ujar salah satu pejabat militer Israel, Brigjen Elkabetz, seperti dikutip Israel National News, Jumat (25/1/2013).

Militer Israel sendiri menyatakan saat ini warga di sekitar perbatasan dapat hidup lebih aman sejak diadakannya gencatan senjata dengan Hamas. Gencatan

senjata tersebut dicapai setelah Israel menggempur wilayah Jalur Gaza dalam operasi militer yang diberi nama “Pillar of Defence” (Pilar Pertahanan) November lalu.

Metode pertahanan dengan menanam pohon sebenarnya memiliki sejarah panjang di Israel. Pada saat awal-awal berdirinya negara Zionis tersebut, Israel menanam banyak pohon di wilayahnya untuk menghalangi tentara pasukan Arab yang berperang dengannya.

Ramalan Rasulullah

Rasulullah saw 14 abad yang lalu pernah meramalkan dalam hadits Bukhari dan Muslim kisah berlindungnya kaum Yahudi pada pohon Ghorqod pada peperangan melawan muslim. Teks hadits itu berbunyi: “Tidak akan terjadi kiamat sehingga muslimin memerangi yahudi. Mereka diperangi oleh muslimin sehingga orang yahudi bersembunyi dibalik batu dan pohon. Batu dan pohon itu berkata: Wahai muslim, wahai hamba Allah, Ini dia yahudi berada dibelakangku, kemarilah dan bunuhlah dia. Melainkan pohon Ghorqod. Sesungguhnya ia adalah daripada pohon Yahudi”

Israel pun sudah sejak lama menggalakkan penanaman pohon Ghorqod berdalih reboisasi. Inikah tanda kebenaran ramalan Rasulullah? Allahua'lam bish-showab. Hadits-hadits ramalan memang banyak bermuatan kiasan. Yang jelas, Rasulullah tidak berkata berdasar hawa nafsunya.(islamedia)

Rabu, 23 Januari 2013

KISAH TRAGIS SEORANG ISTRI YANG KECANDUAN CHATING

Sebuah kisah bincang-bincang Seorang Istri di Dunia Maya. Kisah ini terjadi di Lebanon...

Beliau adalah seorang wanita muslimah yang alhamdulillah Allah karuniakan kepadanya seorang suami yang baik akhlak dan budi pekertinya. Di rumah ia pun memilki komputer sebagaimana keluarga muslim lainnya di mana komputer bukan lagi merupakan barang mewah di Lebanon. Sang suami pun mengajari bagaimana menggunakan fasilitas ini yang akhirnya ia pun mahir bermain internet. Yang akhirnya ia pun mahir pula chatting dengan kawan-kawanya sesama muslimah.

Awalnya ia hanya chatting dengan rekannya sesama muslimah, … hingga pada suatu hari ia disapa oleh seorang laki-laki yang mengaku sama-sama tinggal dikota beliau.Terkesan dengan gaya tulisannya yang enak dibaca dan terkesan ramah. Sang muslimah yang telah bersuami ini akhirnya tergoda pada lelaki tersebut.

Bila sang suami sibuk bekerja untuk mengisi kekosongan waktunya, ia akhirnya menghabiskan waktu bersama dengan lelaki itu lewat chatting, … sampai sang suami menegurnya setiba dari kerja mengapa ia tetap sibuk di internet. Sang istri pun membalas bahwa ia merasa bosan karena suaminya selalu sibuk bekerja dan ia merasa kesepian, … ia merahasiakan dengan siapa ia chatting .. khawatir bila suaminya tahu maka ia akan dilarang main internet lagi…. Sungguh ia telah kecanduan berchatting ria dengan lelaki tersebut.

Fitnah pun semakin terjadi di dalam hatinya, .. ia melihat sosok suaminya sungguh jauh berbeda dengan lelaki tersebut, enak diajak berkomunikasi, senang bercanda dan sejuta keindahan lainnya di mana setan telah mengukir begitu indah di dalam lubuk hatinya.

Duhai fitnah asmara semakin membara, … ketika ia chatting lagi sang laki-laki itu pun

tambah menggodanya, .. ia pun ingin bertemu empat mata dengannya. Gembiralah hatinya, .. ia pun memenuhi keinginan lelaki tersebut untuk berjumpa. Jadilah mereka berjumpa dalam sebuah restoran, lewat pembiacaran via darat mereka jadi lebih akrab. Dari pertemuan itu akhirnya dilanjutkan dengan pertemuan berikutnya.

Hingga akhirnya si lelaki tersebut telah berhasil menawan hatinya. Sang suami yang menasehati agar ia tidak lama-lama main internet tidak digubrisnya. Akhirnya suami wanita ini menjual komputer tersebut karena kesal nasehatnya tidak di dengar, lalu apa yang terjadi ?? Langkah itu (menjual komputer) membuat marah sang istri yang akhirnya ia pun meminta cerai dari suaminya. Sungguh ia masih teringat percakapan manis dengan laki-laki tersebut yang menyatakan bahwa ia sangatlah mencintai dirinya, dan ia berjanji akan menikahinya apabila ia bercerai dari suaminya.

Sang suami yang sangat mencintai istrinya tersebut tentu saja menolak keputusan cerai itu. Karena terus didesak sang istri akhirnya ia pun dengan berat hati menceraikan istrinya. Sungguh betapa hebatnya fitnah lelaki itu. Singkatnya setelah ia selesai cerai dengan suaminya ia pun menemui lelaki tersebut dan memberitahukan kabar gembira tentang statusnya sekarang yang telah menjadi janda. Lalu apakah si lelaki itu mau menikahinya sebagaimana janjinya???

Ya ukhti muslimah dengarlah penuturan kisah tragis ini, … dengan tegasnya si lelaki itu berkata, “Tidak!! Aku tidak mau menikahimu! Aku hanya mengujimu sejauh mana engkau mencintai suamimu,ternyata engkau hanyalah seorang wanita yang tidak setia kepada suami. Dan, aku takut bila aku menikahimu nantinya engkau tidak akan setia kepadaku! Bukan ,..bukan..wanita sepertimu yang aku cari, aku mendambakan seorang istri yang setia dan taat kepada suaminya..!”

Lalu ia pun berdiri meninggalkan wanita ini, .. sang wanita dengan isak tangis yang tidak tertahan…. Ia pun merasa malu untuk meminta rujuk kembali dengan suaminya yang dulu… mengingat betapa buruknya dia melayani suaminya dan telah menjadi istri yang tidak setia.

Sumber : jilbab.or.id

Subhanallah, Masuk Islam Karena Pakaian Dalam




Mungkin kedengaran aneh dan janggal. Hidayah memang bisa datang kapan saja dan pada siapa saja. Selama ini mungkin kita lebih sering mendengar masuk islamnya seorang non muslim kedalam islam di sebabkan hal-hal luar biasa dan penting. Seperti dokter Miller seorang penginjil Kanada yang masuk islam setelah menjumpai I’jaz Qur’an dari berbagai segi.Tapi yang ini benar-benar tidak biasa. Ya,…masuk islam gara-gara pakaian dalam!!

Fakta ini dikisahkan Doktor Sholeh Pengajar di sebuah perguruan Tinggi Islam di

Saudi, saat ditugaskan ke Inggris. Ada seorang perempuan tua yang biasa mencuci pakaian para mahasiswa Inggris termasuk pakaian dalam mereka.


Suatu hari wanita tua ini menceritakan keheranannya selama bertugas pada Doktor Sholeh, perihal adanya pakaian dalam yang ‘aneh’. Ada beberapa pakaian dalam yang tidak berbau seperti mahasiswa umumnya, apa sebabnya? Maka ustadz ini menceritakan karena pemiliknya adalah muslim, agama kami mengajarkan bersuci setiap selesai buang air kecil maupun buang air besar, tidak seperti mereka yang tidak perhatian dalam masalah seperti ini.

Betapa terkesan ibu tua ini dan tidak lama kemudian ia mengikrarkan syahadat, masuk islam dengan perantaraan pakaian dalam!!!

Di kutip dari : Majalah Al-Qawwam edisi 15, dzul qa’dah 1427 H Badiah, Riyadh.

"MAKLUMAT NII-ATJEH OLEH DAUD BEUREUEH"





Dengan Lahirnja Peroklamasi Negara Islam Indonesia di Atjeh dan daerah
sekitarnja, maka lenjaplah kekuasaan Pantja Sila di Atjeh dan daerah
sekitarnja, digantikan oleh pemerintah dari Negara Islam. Dari itu
dipermaklumkan kepada seluruh Rakjat, bangsa asing, pemeluk bermatjam2
Agama, pegawai negeri, saudagar dan sebagainja.

1. Djangan menghalang2i gerakan Tentara Islam Indonesia, tetapi
hendaklah memberi bantuan dan bekerdja sama untuk menegakkan keamanan
dan kesedjahteraan Negara.

2.. Pegawai2 Negeri hendaklah bekerdja terus seperti biasa, bekerdjalah
dengan sungguh2 supaja roda pemerintahan terus berdjalan lantjar.

3. Para saudagar haruslah membuka toko, laksanakanlah pekerdjaan itu
seperti biasa, Pemerintah Islam mendjamin keamanan tuan2.

4. Rakjat seluruhnja djangan mengadakan Sabotage, merusakkan harta
vitaal, mentjulik, merampok, menjiarkan kabar bohong, inviltratie
propakasi dan sebagainja jang dapat mengganggu keselamatan Negara.

Siapa sadja jang melakukan kedjahatan2 tsb akan dihukum dengan hukuman
Militer.

5. Kepada tuan2 bangsa Asing hendaklah tenang dan tentram, laksanakanlah
kewadjiban tuan2 seperti biasa keamanan dan keselamatan tuan2 didjamin.

6. Kepada tuan2 yang beragama selain Islam djangan ragu2 dan sjak
wasangka, jakinlah bahwa Pemerintah N.I.I. mendjamin keselamatan tuan2
dan agama jang tuan peluk, karena Islam memerintahkan untuk melindungi
tiap2 Umat dan agamanja seperti melindungi Umat dan Islam sendiri.
Achirnja kami serukan kepada seluruh lapisan masjarakat agar tenteram
dan tenang serta laksanakanlah kewadjiban masing2 seperti biasa.

Negara Islam Indonesia
Gubernur Sipil/Militer Atjeh dan Daerah sekitarnja.

MUHARRAM 1373
Atjeh Darussalam
September 1953

14 Tahun Dikubur, Kafan & Jasad Paerah Masih Utuh





Warga dusun Kembangsari, Desa Srimartani, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (26/12/2009), dikejutkan dengan temuan sesosok jenazah yang telah meninggal selama 14 tahun, namun kondisi jenazah dan kain kafannya masih utuh.

Jenazah tersebut adalah almarhumah Ny Paerah yang meninggal dan dimakamkan pada tanggal 12 Oktober 1995 silam. Secara tidak sengaja warga menemukan jenazah tersebut, saat warga tengah menggali lahat untuk keluarga Paerah, tepat di samping pusara Paerah.

Saat para penggali mengeruk tanah sedalam kira-kira 1,5 meter, mereka mendapati kain kafan dan jenazah Paerah dalam kondisi masih utuh tak ada cacat sedikit pun.

Meski temuan ini sempat menghebohkan warga sekitar pemakaman dusun setempat, warga langsung menguburkan kembali jenazah Paerah.

“Sebelumnya warga memutuskan menggali makam almarhum Paerah karena yang dimakamkan adalah salah satu saudaranya,” kata Ani, warga setempat.

Karena tidak ingin menimbulkan polemik berkepanjangan, sebab kondisi kafan masih utuh tidak rusak seperti jenazah-jenazah lainnya, lanjut Ani, jenazah almarhum diputuskan untuk diuruk kembali.

Menurut Yani, dari beberapa cerita sesepuh kampung, almarhum Paerah semasa hidupnya memang dikenal sangat baik hati dan tidak segan-segan membantu orang lain yang membutuhkan.


Sumber : http://dai21juli.blogspot.com/2012/07/14-tahun-dikubur-kafan-jasad-paerah.html#ixzz2InuYHO00

Hukuman Pancung

Memancung adalah tindakan memisahkan kepala dari badan manusia atau binatang. Biasanya dilakukan dengan kapak, pedang, maupun guillotine. Kata lain dari memancung adalah memenggal dan seseorang yang mengeksekusi disebut Pemancung/ Pemenggal. 

Kalimat memancung bisa merujuk kepada sebuah acara/ upacara tertentu, untuk memisahkan kepala dari badan yang telah mati. Pemenggalan kepala ini biasanya untuk sebuah piala, sebuah peringatan, untuk menghilangkan identitas korban, krionik dan alasan lainnya. 

Pemenggalan leher sangat fatal akibatnya, dalam hitungan detik ke menit ketika terjadi adanya kematian pada otak tanpa sokongan salah satu anggota tubuh. 

Memancung telah digunakan sebagai salah satu bentuk hukuman yang telah dilakukan selama pada masa seribu tahun. Pemancungan dengan menggunakan pedang, kapak, bahkan dengan senjata militer terkadang dianggap sebagai salah satu cara terhormat untuk mati bagi seorang bangsawan, yang beranggapan bahwa sebagai prajurit, sudah seharusnya berharap mati dengan pedang dalam situasi apapun. Di Inggris ada anggapan bahwa pemancungan sebagai hak istimewa para pria terhormat. Pemancungan ini membedakan dari hukuman tidak terhormat (keji) dari membakar seseorang hidup-hidup diatas tumpukan kayu. Pada abad pertengahan di Inggris, sebuah pengkhianatan yang dilakukan oleh bangsawan akan dihukum pancung, bagi para pelaku bangsawan pria, termasuk ksatria, akan digantung, diseret dan ditarik dengan kuda. Untuk pelaku wanita akan dibakar hidup-hidup di atas tumpukan kayu. 










Ketika kepala sang terhukum sudah lepas dari anggota tubuh nya 




Sumber : http://dai21juli.blogspot.com/2012/11/inilah-eksekusi-hukuman-pancung-paling.html#ixzz2Insm2c36

Asal nama HANTU Di Indonesia



Indonesia adalah negara nomor satu yang paling kaya akan suku & budaya, keanekaragaman suku & budaya tersebut melahirkan banyak paham, adat, dan pemahaman yang berbeda-beda, perbedaan itu pula-lah yang membuat indonesia yang juga kerap dikenal dengan nama negara dengan peringkat nomor satu dengan nama keanekaragaman jenis hantu di tiap daerahnya. berikut kisah singkat nama hantu di indonesia


Hantu Sundel Bolong

Sundel bolong dalam mitos hantu Indonesia digambarkan dengan wanita berambut panjang dan bergaun panjang warna putih. Digambarkan pula terdapat bentukan bolong di bagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya sehingga organ-organ tubuh bagian perut terlihat. Dimitoskan hantu sundel bolong mati karena diperkosa dan melahirkan anaknya dari dalam kubur. Biasanya sundel bolong juga diceritakan suka mengambil bayi-bayi yang baru saja dilahirkan. Perwujudan ini sangat kuat digambarkan dalam film horor Indonesia tahuan 80-an dimana banyak diperankan oleh aktris kawakan Suzanna. 



Hantu Genderuwo
Genderuwo adalah makhluk halus yang berwujud manusia bertubuh besar dan kekar dengan rambut lebat menutupi tubuh. Genderuwo terutama dikenal dalam masyarakat di Pulau Jawa (orang Sunda menyebutnya “gandaruwo” dan orang Jawa menyebutnya “gendruwo”). Habitat hunian kegemarannya adalah pohon besar teduh atau sudut-sudut yang lembab dan gelap. Makhluk ini dilaporkan dapat berkomunikasi dengan manusia dan juga bisa menyukai manusia. Cerita-cerita misteri menyebutkan kalau genderuwo dapat mengubah penampakan dirinya mengikuti wujud fisik seseorang. Menurut cerita pula, genderuwo hanyalah berkelamin pria dan dapat menghamili perempuan, bahkan menghasilkan keturunan dari hubungan itu. Asal-usul genderuwo dikatakan berasal dari arwah orang meninggal yang belum mau naik ke akhirat. Genderuwo tidak dapat dilihat oleh orang biasa tapi pada saat tertentu dia dapat menampakkan dirinya bila merasa terganggu.


Hantu Kuntilanak

Kuntilanak (bahasa Melayu: puntianak, pontianak) adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Nama “kuntilanak” atau “pontianak” kemungkinan besar berasal dari gabungan kata “bunting” (hamil) dan “anak”. Kota Pontianak mendapat namanya karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana. Dalam folklor Melayu, sosok kuntilanak digambarkan dalam bentuk wanita cantik yang punggungnya berlubang. Kuntilanak digambarkan senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas. Kuntilanak sewaktu muncul selalu diiringi harum bunga kamboja. Konon laki-laki yang tidak berhati-hati bisa dibunuh sesudah kuntilanak berubah wujud menjadi penghisap darah. Kuntilanak juga senang menyantap bayi dan melukai wanita hamil. Dalam cerita seram dan film horor di televisi Malaysia, kuntilanak digambarkan membunuh mangsa dengan cara menghisap darah di bagian tengkuk, seperti vampir. Agak berbeda dengan gambaran menurut tradisi Melayu, kuntilanak menurut tradisi Sunda tidak memiliki lubang di punggung dan hanya mengganggu dengan penampakan saja. Jenis yang memiliki lubang di punggung sebagaimana deskripsi di atas disebut sundel bolong. Kuntilanak konon juga menyukai pohon tertentu sebagai tempat “bersemayam”, misalnya waru yang tumbuh condong ke samping (populer disebut “waru doyong”).


Suster ngesot

Ni hantu… kata nya banyak di rumah sakit-rumah sakit.. mainnya di lorong-lorong rumah sakit woi….. kenapa dibilang suster ngesot??? hem… sejarahnya…. ada seorang suster yang diperkosa sama dokternya teus susternya hamil si dokter gak mau taanggung jawab…. hem di bunuh n di masukin dalam suatu kamar……………… nah jadilah suster ngesot RS DI JALAN SALEMBA, Konon di sinilah asal-usul Suster Ngesot. Selai itu, banyak juga kasus penampakan yang terjadi di bangunan rumah sakit yang cukup tua ini. Testimonial: Menurut petugas Secure Parking yang tidak mau disebutkan namanya, setiap malam sekitar pukul 2 pagi, sering ada yang mengetuk pos pintu masuk yang terletak di dekat rumah duka. Namun ketika dicek, tidak ada siapa-siapa. Di UGD sering terdengar bunyi orang main air, ketika dicek juga tidak ada siapa-siapa. Para satpam yang berjaga malam pernah menemui sosok perempuan. Ketika melihat sosok ini, mereka seperti tersihir dan tidak bisa berteriak atau lari hingga perempuan ini lewat. 




Tuyul

ini ni hantu nya kecil banget…. Tuyul adalah sejenis mahluk halus yang bisa terlihat oleh mata. berujud kecil seperti anak manusia. dia biasanya di beri tugas untuk mencari uang. dia pun bisa masuk ke dalam perangkap tuyul. untuk mencegahnya kita bisa membacakan doa-doa yang mustajab untuk mengusir dan menolak tuyul dan bala- balanya. biasanya ni hantu banyak dijualin…. katanya untuk dapatin ni hantu perlu puasa dlll lah… 




hantu pocong

katanya ni hantu cs an sama sundel bolong… heheh.. sejarah hantu pocongkkkkkkkkkkkkkk di indonesia berasal dari tanah jawa… dimana ada seorang warga yang meninggal akan tetapi setelah dikubur tali pocongkkkkkkkkkkkkkk tu warga gak di lepasin hem setelah itu bangkitlah….(cie…. bangkit oi.. heheh) pocongkkkkkkkkkkkkkk dari kuburnya… dan nakuti warga…. 



hantu jeruk purut

Sejarah: Pada tahun 1986, seorang penjaga makam TPU Jeruk Purut yang sedang jaga malam melihat sesosok pastur tak berkepala melintas di antara makam. Pastur itu menenteng kepalanya sendiri dan di belakangnya, ikut seekor ******. Konon, pastur ini “salah pulang”. Ia mencari-cari makamnya yang sebenarnya berada di unit Kristen TPU Tanah Kusir, sedangkan di TPU Jeruk Purut hanya ada unit Islam. Sapri Saputra, penjaga makam yang melihat pastur kepala buntung itu, hingga kini masih menjaga makam dan dianggap kuncen atau orang yang dituakan di TPU Jeruk Purut. Kesaksian Bapak Sapri ini kemudian menyebar luas se-Jakarta dan hingga kini “Sang Pastur Kepala Buntung” menjadi legenda horor di Jeruk Purut. Konon, jika Anda ingin menemui pastur legendaris ini, Anda harus datang pada malam Jumat dengan jumlah ganjil (sendiri atau bertiga). Testimonial: Sejak kecil, Asmari (34), juniornya Bapak Sapri, telah terbiasa tinggal di areal pemakaman Jeruk Purut. Ayahnya adalah pegawai Pemda yang bekerja di sana . Semenjak lulus SD (1986), Asmari menjadi pengurus makam non-karyawan TPU Jeruk Purut mengikuti jejak ayahnya. Menurut Asmari, pengalaman bertemu dengan makhluk-makhluk gaib merupakan hal yang biasa baginya; mulai dari pocongkkkkkkkkkkkkkk, tuyul, kuntilanak, kuntilanak laki, dan lain-lain. Akan tetapi, hingga saat ini dia belum pernah bertemu dengan Sang Pastur Kepala Buntung. “Yang paling jahil itu kuntilanak-laki,” tutur Asmari. Ketika sedang ronda, Asmari pernah ditimpuki kerikil dari atas pohon melinjo oleh makhluk ini. Tapi, dari semua pengalaman Asmari bertemu dengan makhluk gaib, yang paling menarik adalah ketika bertemu dengan tuyul. Pada suatu hari menjelang malam di tahun 1986, Asmari hendak pulang ke rumah bersama ayahnya. Mereka melihat seorang anak kecil telanjang bulat berlarian di antara makam sambil tertawa-tawa. Anak itu lalu berteriak meminta uang pada Asmari. Asmari heran karena anak itu tak dikenalnya, sementara ia mengenal semua penduduk di kampung belakang Jeruk Purut. Dulu memang hanya ada satu kampung yang penduduknya tidak terlalu banyak. Ketika ditanya latar belakangnya, anak kecil mi malah lari ke dalam keramat, sebuah rumah makam tradisional Betawi. Asmari mengikutinya hingga ke dalam keramat dan, bisa ditebak, anak itu menghilang. 




Simanis jembatan ancol

Sejarah: Pada 1995, seorang pelukis di Ancol didatangi seorang perempuan yang meminta dilukis. Ketika pelukis baru menggambar

setengah bagian tubuhnya, perempuan itu menghilang. Warga percaya bahwa perempuan itu adalah Si Manis Jembatan Ancol. Mitos ini sudah dimulai puluhan tahun sebelumnya. Di tahun 60-an ketika daerah Ancol masih berupa empang-empang, seorang pendayung perahu pernah bertemu dengan Si Manis. Perempuan itu naik perahu malam-malam ddan membayar pendayung tersebut dengan daun.


Sumber : http://dai21juli.blogspot.com/2012/11/asal-mula-nama-hantu-di-indonesia.html#ixzz2Ins9dgwn

Selasa, 15 Januari 2013

Orang Aborijin Australia



Orang Aborijin Australia berperan secara aktif dalam semua bidang kehidupan.
Itji-Marru Aboriginal Resource Centre
Gambar 4.1: Orang Aborijin Australia berperan secara aktif dalam semua bidang kehidupan. Tampak di sini para anggota masyarakat Aborijin berkumpul di Pusat Sumber-Daya Aborijin Itji-Marru di Sekolah Menengah Morriset

Orang asli Australia

Manusia menghuni Australia sudah sejak lama sekali. Penghuni asli Australia disebut orang Aborijin. Dalam bahasa Latin kata 'aborigine' mempunyai arti 'dari awal mula'. Umumnya orang percaya bahwa mereka telah tinggal di Australia setidaknya selama 60.000 tahun. Beberapa bukti ilmiah terbaru menunjukkan bahwa manusia telah menghuni Australia lebih dari 60.000 tahun yang lalu (Lihat Catatan Untuk Guru pada akhir bab ini).
Tampaknya beberapa orang Aborijin ini datang dari Asia Tenggara selama zaman es. Pada waktu itu permukaan laut lebih rendah daripada sekarang dan celah pemisah antara Australia dan Indonesia lebih sempit (Lihat Gambar 4.2).
Selama zaman es, permukaan laut jauh lebih rendah.
Gambar 4.2: Selama zaman es, permukaan laut jauh lebih rendah. Garis pantai Australia utara menjorok lebih jauh ke utara. Dibandingkan dengan sekarang, keadaan ini tentunya telah menyebabkan mudahnya terjadi hunian di Australia melalui Kepulauan Indonesia.
Orang Aborijin menghuni daerah-daerah yang lembab maupun yang kering. Tampaknya mereka mula-mula tinggal di daerah-daerah yang lembab dan mempunyai banyak tumbuh-tumbuhan dan hewan. Sesudah lama kemudian, mungkin mereka pindah ke dataran-dataran yang kering di daerah pedalaman. Orang percaya bahwa hunian Aborijin paling padat adalah di daerah lembah sungai dan daerah pantai yang subur, karena udaranya lebih hangat. Bahkan, daerah yang paling kering pun juga berpenghuni.
Pada tahun 1788, ketika orang Eropa mulai mendirikan daerah hunian di Australia, jumlah orang Aborijin mungkin berkisar antara 30.000 dan 1,5 juta orang.
Bekas tapak tangan menunjukkan turun-temurunnya hunian orang Aborijin
Russell Darnley
Gambar 4.3: Bekas tapak tangan menunjukkan turun-temurunnya hunian orang Aborijin

Hubungan awal dengan Indonesia

Hubungan antara orang Indonesia dan orang Aborijin Australia telah dimulai jauh sebelum adanya penghuni Eropa.
Para pelaut dari Makasar dan Bugis mengunjungi pantai utara Australia setiap tahun setidaknya sejak tahun 1720-an sampai 1906 untuk mencari ikan teripang
Mereka memperdagangkan ikan teripang itu dengan pedagang Cina. Armada kapal laut yang jumlahnya antara 30 sampai 60 perahu, dan masing-masing memuat 30 orang, dulu biasa datang setiap musim. Ada lukisan Aborijin mengenai perahu-perahu ini, sebagaimana tampak pada Gambar 4.4.
Lukisan perahu Makasar di atas batu menunjukkan adanya hubungan dengan Indonesia
Gambar 4.4: Lukisan perahu Makasar di atas batu menunjukkan adanya hubungan dengan Indonesia
Orang Indonesia dan orang Aborijin mungkin saling bertukar pendapat. Harpun (garpu besar penangkap ikan) dan perahu kano ternyata dijumpai di daerah pantai utara Australia dan juga di Indonesia. Ada peninggalan orang Indonesia dalam bentuk pohon-pohon asam, kaca, dan logam.
Kita dapat menjumpai beberapa kata
bahasa Melayu, Bugis, dan Makasar dalam bahasa orang Aborijin di Australia Utara. Misalnya, kata-kata berikut dijumpai dalam bahasa Enindiljaugwa, yang digunakan oleh orang Wanindiljaugwa dari Groote Elyandt, di Teluk Carpentaria.
Enindiljaugwa
ajiraairMel
BalandaBelandaMel
barabaratMel
bulabuluhMel
jarajaraMel
libalibalepa-lepaMak&Bug
rupiahuangMel
umbakumbaombak-ombakMel
(Mel=Melayu; Mak=Makasar; Bug=Bugis)

Hikayat tentang asal-usul

Orang Aborijin mengingat asal-usul dan sejarah mereka melalui hikayat, lukisan, lagu, dan tarian. Ada sebuah kepercayaan penting dalam masyarakat Aborijin yang disebut Dreaming, yakni kejadian terciptanya dunia. Dreaming tidak sekadar berarti "sudah lama yang lalu" tetapi berarti selalu ada. Kepercayaan ini masih tetap dipelihara melalui hikayat, lukisan, lagu dan tarian. Hikayat, lukisan, lagu dan tarian ini mengaitkan manusia dengan tanah tempat tinggalnya serta dengan berbagai tumbuh-tumbuhan dan hewan.
Kehidupan dipahami sebagai suatu siklus. Mereka percaya bahwa mereka adalah bagian dari suatu putaran (siklus) kehidupan di alam. Orang dan alam tercipta secara terus-menerus.
Hikayat-hikayat Dreaming menunjukkan beberapa kemungkinan asal-usul yang berbeda bagi orang Aborijin. Banyak masyarakat Aborijin percaya bahwa nenek-moyang mereka diciptakan di Australia. Sebagian lagi percaya bahwa nenek-moyang mereka datang dari utara dan menyeberangi lautan dengan perahu kano.
Menurut hikayat tradisional Aborijin, arwah bergerak di suatu daerah menurut jalur tertentu. Pada saat arwah itu bergerak, terciptalah ciri-ciri alam. Banyak hikayat ini yang dinyanyikan oleh orang Aborijin modern di sepanjang jalur yang dipercaya menjadi jalur geraknya arwah tersebut.
Salah satu arwah yang terkenal adalah yang dijuluki Ular Pelangi. Konon arwah ini menciptakan sungai dan lubang-lubang air. Jalurnya berakhir di laut. Gambar ular, yang mempunyai pola berwarna-warni di punggungnya, konon merupakan tiruan Ular Pelangi dalam bentuk kecil. Ular Pelangi merupakan tema yang selalu diulang dalam kesenian Aborijin (Lihat Gambar 4.5).
Foto tahun 1913 ini metampakkan sekelompok lelaki Aborijin sedang melukis sebuah motif.
Northern Territory Government
Gambar 4.5: Foto tahun 1913 ini metampakkan sekelompok lelaki Aborijin sedang melukis sebuah motif. Lukisan seperti ini seringkali menggambarkan hikayat mengenai penciptaan dan sifatnya suci. Orang-orang ini tinggal di Australia utara.
Menurut tradisinya, orang Aborijin sangat mengkaitkan suku-suku bangsa Aborijin dengan tanah tempat tinggalnya. Menurut tradisinya, Orang Aborijin mencari jati dirinya melalui tanah tempat mereka tersebut. Banyak yang masih menganggap dirinya sebagai 'milik' tanah tersebut dan bukannya tanah itu yang menjadi milik mereka.

Gaya hidup tradisional

Makanan

Pada masa kini, kebanyakan orang Aborijin tinggal di daerah perkotaan dan menjalani gaya hidup modern. Namun, masih ada kelompok orang Aborijin di daerah-daerah yang berburu dan mengumpulkan makanan seperti cara hidup nenek-moyangnya.
Mereka selalu hidup secara berpindah-pindah mengikuti musim untuk mencari tempat adanya makanan. Setiap kelompok suku melakukan perpindahan di dalam suatu daerah yang menjadi kawasannya. Iklim dan lingkungan yang berbeda menghasilkan jenis makanan yang berbeda. Dalam musim-musim tertentu ada banyak makanan seperti kacang bunya (dari pohon jarum) di Queensland Tenggara pada bulan Februari. Ngengat Bogong dikumpulkan di Pegunungan Alpen pada bulan September. Kadang-kadang dapat banyak ikan di sungai dan di sepanjang pantai.
Beberapa kelompok orang Aborijin ada yang membuat perangkap ikan dan ada pula yang berternak lele. Banyak yang berupaya menanam tanaman pangan dan ada juga yang mengumpulkan biji-bijian dari rumput untuk dibuat sejenis roti. Sebaliknya, orang Aborijin di pulau-pulau Selat Tores, yang merupakan keturunan bangsa Melanesia, mempunyai kebun tempat menanam tanaman pangan.

Organisasi kedaerahan dan sosial

Pada mulanya ada banyak bahasa Aborijin. Kira-kira ada 600 bahasa berbeda yang pernah digunakan. Ada beberapa bahasa Aborijin yang ada saat ini. Mereka yang menggunakan bahasa yang serupa disebut "marga". Setiap kelompok bahasa dibagi menjadi suku yang beranggotakan 10 sampai 200 orang.
Hunian orang Aborijin di Australia utara di tahun 1913.
Northern Territory Government
Gambar 4.6: Hunian orang Aborijin di Australia utara di tahun 1913. Tempat tinggal di daerah-daerah tropis yang panas dibangun dari bahan-bahan ringan, sedangkan di daerah yang iklimnya sedang bangunannya lebih mapan.

Setiap kelompok atau suku mempunyai daerahnya sendiri. Daerah untuk beberapa marga dan suku dapat dilihat dalam Gambar 4.7. Setiap daerah mempunyai hikayatnya sendiri mengenai 'dreaming'. Para tetua suku sangat dihormati oleh anggota yang lebih muda. Kepada anggota muda ini mereka menyampaikan hikayat dan peraturan sukunya. Beberapa adat-istiadat ini masih diikuti hingga sekarang, tetapi kebanyakan orang Aborijin sekarang hidup di kota-kota.
Informasi ini adalah mengenai kelima suku yang dijumpai pada saat orang Eropa menghuni Australia.
Gambar 4.7: Informasi ini adalah mengenai kelima suku yang dijumpai pada saat orang Eropa menghuni Australia.
"Keluarga besar" yang mencakup bibi, paman, kakek, dan nenek adalah hal yang penting. Orang Aborijin mempunyai peraturan yang rumit mengenai siapa yang boleh dinikahi. Umumnya orang menikah dengan anggota dari kelompok bahasa yang sama.

Hubungan dengan marga lain

Pertukaran barang merupakan hal yang penting dan orang sering melakukan perjalanan jauh untuk melakukan hal ini. Mereka memperdagangkan barang-barang untuk memperoleh bahan pewarna, kulit kerang dan kwarsa.
Apabila mempunyai banyak makanan, diundanglah marga lain untuk berbagi makanan. Pada saat seperti ini terdapat acara 'korobori' yakni perayaan lagu-lagu dan tarian. Juga ada pertukaran perkawinan dan pernikahan yang diatur.
Beberapa marga melakukan acara 'korobori' demi kesejahteraan alam. Orang dan kelompok dikaitkan dengan tanaman, hewan, ikan, burung tertentu atau dengan angin yang menjadi lambang suku mereka. Misalnya di Groote Elyandt ikan pari berduri, burung elang, dan ular masih menjadi hewan lambang suku. Menurut adat kebiasaan, anggota suku diharapkan melindungi lambang suku mereka.

Hunian dan lingkungan

Selama masa tinggal orang-orang Aborijin di Australia, telah banyak perubahan yang terjadi terhadap lingkungan hidup. Perubahan yang terbesar adalah berakhirnya zaman es. Hal ini terjadi antara 15.000 dan 18.000 tahun yang lalu. Banyak es yang meleleh. Hal ini menyebabkan bertambahnya air di lautan dan naiknya permukaan laut. Beberapa suku Aborijin banyak sekali yang menggunakan api. Api tersebut digunakan untuk membersihkan rerumputan liar. Secara tetap dinyalakan api kecil. Hal ini menghindarkan terjadinya kebakaran yang berbahaya. Kegiatan ini membantu merawat lingkungan, membantu dalam perburuan, serta lebih memudahkan perjalanan.
Pembakaran menyebabkan menyebarnya tanaman yang tahan api. Tanaman-tanaman ini banyak dijumpai di banyak tempat di Australia. Kanguru dan hewan berkantung meningkat jumlahnya karena hewan tersebut suka memakan tanaman semacam itu. Hewan-hewan ini telah menjadi sumber makanan yang mudah diperoleh bagi orang Aborijin.
Para penghuni Eropa yang pertama menganggap bahwa Australia adalah daerah hutan belantara perawan. Hal itu tidak benar. Banyak daerah luas yang kelihatan seperti taman karena tumbuhnya dirawat dengan baik oleh orang Aborijin yang secara tetap melakukan pembakaran untuk mengendalikan semak belukar. Para pendatang baru dari Eropa itu sering melihat adanya kebakaran. Mereka tidak memahami perlunya ada pembakaran tersebut.

Sejak hunian orang Eropa

Sesudah tahun 1788, orang-orang Eropa secara sedikit demi sedikit mengambil alih seluruh Australia. Mereka dengan segera melebihi jumlah orang Aborijin Australia. Orang Eropa menganggap tanah Australia sebagai tanah yang luas dan umumnya kosong oleh karena itu, mereka menyebutnya terra nullius, yaitu tanah yang kosong. Orang Aborijin memandang segala hal secara berbeda. Mereka telah menempati Australia selama ribuan tahun. Bagi mereka, tanah mereka telah dijajah oleh orang Eropa dan tanah itu tidak lagi memiliki mereka.
Suku-suku Aborijin harus memutuskan apakah mereka akan menolak atau menerima pendatang baru. Pada umumnya terjadi perlawanan dari orang Aborijin terhadap hunian orang Eropa dan seringkali perlawanan itu keras. Namun, orang Aborijin seringkali bekerja bagi orang Eropa sebagai pemandu, pembantu rumah tangga, pekerja pertanian, penjaga ternak, dan bahkan sebagai polisi (Lihat Gambar 4.8).
Foto lama ini menggambarkan para pekerja Aborijin yang membongkar muatan di Sungai Daly.
Northern Territory Government
Gambar 4.8: Foto lama ini menggambarkan para pekerja Aborijin yang membongkar muatan di Sungai Daly.
Di Tasmania konflik yang terjadi di antara para pemukim dari Eropa dan orang-orang Aborijin adalah yang paling serius. Semakin meningkatnya konflik tersebut akhirnya mendorong Pemerintah Kolonial untuk menyatakan undang-undang darurat perang. Banyak orang Aborijin yang terbunuh dengan adanya sistem ini. Populasi Aborijin Tasmania menurun dari kira-kira 6,000 orang pada tahun 1803 menjadi kira-kira 500 orang pada tahun 1830. Orang-orang yang tersisa dipindahkan ke Pulau Flinders di Selat Bass. Sebagian dari orang-orang ini melakukan perkawinan silang dengan orang-orang Eropa, tetapi menjelang tahun 1976 tidak ada lagi orang Aborijin Tasmania yang masih hidup.
Sayangnya, pendatang Eropa tersebut membawa banyak pengaruh yang berakibat buruk bagi kesehatan orang Aborijin. Timbul penyakit baru yang menyebabkan wabah yang menyebabkan kematian banyak orang Aborijin.
Obat bius, seperti tembakau dan alkohol juga diperkenalkan. Keduanya terus-menerus menimbulkan akibat yang serius terhadap kesehatan orang Aborijin. Makanan baru, seperti tepung gandum dan gula juga punya andil dalam memperburuk kesehatan masyarakat Aborijin yang sudah terbiasa dengan makanan yang berbeda.
Banyak orang Aborijin yang mulai makan dan berpakaian seperti pendatang baru tersebut. Mereka benar-benar mengalami bahaya kehilangan kebudayaan mereka.
Pemerintah menyadari keadaan orang Aborijin yang menyedihkan tersebut. Pada saat itu dianggap bahwa orang Aborijin akan lebih baik keadaannya jika hidupnya seperti cara orang Eropa. Pemerintah memberikan pakaian dan makanan, bahkan perumahan kepada orang-orang Aborijin yang tidak mempunyai tempat tinggal. Namun, banyak orang Aborijin yang dipaksa tinggal di daerah suaka yang kecil atau di daerah misi gereja.

Dengan demikian, orang Aborijin Australia kehilangan kebebasan mereka dan kehidupannya menjadi sangat terkendalikan.
Dalam upaya untuk membuat mereka menjadi lebih seperti orang Eropa, beribu-ribu anak Aborijin dilepaskan dari keluarga Aborijinnya untuk dibesarkan dengan cara Eropa. Hal ini ternyata mempunyai dampak yang merusak bagi kehidupan orang Aborijin dan budayanya, dan masih dirasakan sampai sekarang. Sekarang kebijakan untuk "mengasimilasikan" orang Aborijin ke dalam budaya Eropa telah dihentikan.
Gambar 4.9: Mulai tahun 1960-an orang Aborijin Australia menjadi lebih aktif dalam menuntut hak-hak atas tanah.
The Faifax Photo Library
Gambar 4.9: Mulai tahun 1960-an orang Aborijin Australia menjadi lebih aktif dalam menuntut hak-hak atas tanah.

Sejak tahun 1960-an

Sejak tahun 1960-an situasinya berubah (Lihat Gambar 4.9). Orang Aborijin Australia mempunyai kewarganegaraan penuh. Pemerintah Australia telah mulai berkonsultasi dengan masyarakat Aborijin mengenai kebutuhan mereka. Gaji, pendidikan, perumahan, layanan kesehatan, dan layanan kesejahteraan telah jauh dikembangkan. Namun, perbaikan ini tidak mengarah ke perbaikan mutu kehidupan orang Aborijin agar mencapai standar yang sama dengan orang Australia yang non-Aborijin.

Orang Aborijin pada masa kini

Penduduk Aborijin telah berkembang jumlahnya akhir-akhir ini dan distribusinya telah banyak berubah. Penduduk Aborijin kira-kira 300.000 orang atau kira-kira 1,6% dari penduduk Australia. Mayoritas orang Aborijin sekarang tinggal di kota-kota.
Beberapa orang Aborijin Australia telah menikah dengan orang yang bukan Aborijin. Banyak anak-anak dari hasil pernikahan ini yang tetap tinggal dalam masyarakat Aborijin dan menganggap dirinya sebagai orang Aborijin. Banyak dari mereka yang dulunya terpisah dari keluarganya melalui kebijakan lama (untuk menggunakan cara Eropa) kemudian berupaya menyatu kembali dengan keluarganya.

Kemiskinan

Kemiskinan lebih umum dijumpai di antara orang Aborijin daripada orang Australia lainnya. Mereka mengalami:
  • tingkat pengangguran yang tinggi;
  • pendapatan yang lebih rendah;
  • harapan hidup yang lebih pendek;
  • tingkat kematian bayi yang lebih tinggi;
  • lebih banyak penyakit, seperti kencing-manis, kelainan dalam peredaran darah dan pernapasan, penyakit telinga dan kelainan mata; dan
  • keadaan perumahan yang berdesak-desakan, terutama di daerah pedesaan dan daerah terpencil.
Pemerintah Australia berketetapan untuk memperbaiki situasi ini. Pemerintah mengakui bahwa perbaikan hanya akan dapat dicapai melalui perubahan dalam sikap masyarakat dan dengan mengakui hak-hak warganegara asli Australia tersebut.
Perbaikan kesehatan dan perumahan dianggap sebagai hal yang sangat penting. Layanan pendidikan juga telah diberikan kepada orang-orang Aborijin. Bantuan pemerintah telah memungkinkan orang-orang Aborijin untuk memasuki semua tingkat pendidikan serta pendidikan tinggi dan pendidikan teknik. Di beberapa tempat, masyarakat Aborijin telah mendirikan sekolah-sekolah dengan dukungan pemerintah.
Pemerintah juga telah membantu mengembangkan stasiun radio dan televisi sebagaimana tampak dalam Gambar 4.10. Stasiun ini dijalankan oleh orang-orang Aborijin dan mempunyai peran yang penting dalam pembangunan sosial, budaya, dan pendidikan.
Gambar 4.10: Televisi Aborijin di Daerah Khusus Utara
The Faifax Photo Library
Gambar 4.10: Televisi Aborijin di Daerah Khusus Utara

Komisi Masyarakat Selat Tores dan Aborijin

Pada tahun 1989 pemerintah Australia mendirikan Komisi Masyarakat Selat Tores dan Aborijin. Komisi tersebut membuat kebijakan dan memberikan nasihat kepada pemerintah. Komisi ini dimaksudkan untuk mendorong orang Australia asli untuk dapat menentukan nasibnya sendiri.
Pemimpin masyarakat Aborijin yang memberikan nasihat kepada pemerintah tentang gelar asli Aborijin (kiri ke kanan) Peter Yu, David Ross, Lois O'Donoghue, Marcia Langton & Noel Pearson
The Faifax Photo Library
Gambar 4.11: Pemimpin masyarakat Aborijin yang memberikan nasihat kepada pemerintah tentang gelar asli Aborijin (kiri ke kanan) Peter Yu, David Ross, Lois O'Donoghue, Marcia Langton & Noel Pearson
Komisi ini (biasanya disingkat ATSIC) terdiri atas anggota-anggota dari Dewan Daerah. Dewan-dewan ini dipilih oleh orang-orang Selat Tores dan Aborijin. Dewan-dewan tersebut berkonsultasi secara langsung dengan masyarakat mereka dan mewakili kepentingan mereka.

Tanah orang Aborijin

Orang-orang Aborijin telah berkampanye dengan gencar untuk memperoleh hak-hak atas tanah (Lihat Gambar 4.9). Gelar asli Aborijin sekarang telah diakui oleh Pengadilan Tinggi Australia. Juga ada beberapa hukum nasional (federal) dan hukum negara bagian yang memungkinkan orang Aborijin Australia untuk menuntut hak atas tanah asalnya. Beberapa tuntutan itu telah disetujui dan banyak tuntutan lain yang masih harus diputuskan.
Orang Aborijin Australia memiliki kira-kira 14% kawasan tanah Australia. Kawasan ini dibagi di antara berbagai negara bagian sebagaimana tampak dalam tabel berikut.
Orang Aborijin mempunyai hubungan yang erat dengan tanahnya. Mereka terikat oleh hukum Aborijin agar memelihara tanah tersebut untuk masa depan. Jadi generasi yang akan datang terjamin sumber dasar budaya dan alamnya.
Kelompok masyarakat Aborijin berkampanye bertahun-tahun untuk mendapatkan pengakuan atas tanahnya. Dengan demikian, mereka dapat memelihara tempat-tempat yang suci bagi mereka. Hal ini terutama penting di daerah Australia utara dan tengah yang menjadi tempat tinggal tradisional bagi banyak suku Aborijin.
Negara BagianTotal (ribu km persegi)Milik Aborijin (ribu km persegi)
QLD1727.242.2
NSW801.61.5
VIC227.6Tidak ada
SA984.0189.6
WA2525.5325.5
NT1346.2558
TAS67.8Tidak ada
ACT2.4Tidak ada
Jumlah7682.31092.5

Dewan Pertanahan

Beberapa pemerintah negara bagian telah membentuk Dewan Pertanahan Aborijin yang menangani masalah pembelian dan pengelolaan tanah serta masalah sosial dan lingkungan hidup.

Taman Nasional

Di banyak daerah, orang-orang Aborijin dipekerjakan sebagai penjaga hutan dan konsultan di taman-taman nasional. Mereka membantu mengenali dan memelihara situs (tempat) budaya yang penting dan membantu menjaga lingkungan hidup. Hal ini membantu pengembangan kepariwisataan budaya yang menghargai tradisi dan memelihara lingkungan alam (Lihat Gambar 4.12). Salah satu contohnya adalah Uluru (Batu Ayers) di Australia tengah. Pemilikan tanah di daerah itu dikembalikan kepada masyarakat Aborijin pada tahun 1985 dan daerah tersebut terus menjadi daerah tujuan wisata yang penting.
Gambar 4.12: Konsultan Lingkungan Aborijin untuk tambang Uranium Ranger, di Kakadu
Energy Resources Australia
Gambar 4.12: Konsultan Lingkungan Aborijin untuk tambang Uranium Ranger, di Kakadu
Ada bagian yang luas di Taman Nasional Kakadu di Daerah Khusus Utara, suatu kawasan cagar alam, adalah tanah asal (tradisional) sekelompok suku Aborijin yang dikenal dengan nama Gagadju (Lihat Gambar 4.13). Mereka menggunakan sumber-sumber alam di daerah itu untuk memenuhi kebutuhannya. Mereka juga memperoleh penghasilan dari kepariwisataan di Taman Nasional tersebut.
Seorang dari marga Gagadju di Kakadu menyablon kain.
Energy Resources Australia
Gambar 4.13: Seorang dari marga Gagadju di Kakadu menyablon kain.

Andil masyarakat Aborijin kepada masyarakat Australia

Orang Aborijin Australia memberikan andil dalam semua aspek budaya dan kemasyarakatan Australia. Mereka telah memberikan andil yang sangat penting dalam kesenian, sastra, tarian (Lihat Gambar 4.14) dan musik. Kelompok musisi Yothu Yindi terkenal di dunia karena musik Australianya yang khas (Gambar 4.15).
Kelompok tari-tarian dari Uluru
Ayres Rock Resort
Gambar 4.14: Kelompok tari-tarian dari Uluru
Gambar 4.15: Kelompok musisi Yothu Yindi
Yothu Yindi
Gambar 4.15: Kelompok musisi Yothu Yindi
Orang Aborijin Australia juga ada yang menjadi akademisi, ahli hukum, hakim (Lihat Gambar 4.16) dan pegawai kantor yang terkemuka. Mereka memasuki berbagai jenis bidang profesi dan pekerjaan. Noel Pearson, yang tampak dalam Gambar 4.11, adalah ahli hukum Australia yang terkenal.
Pat O'Shane, hakim.
Kilponen/ The Sun Herald
Gambar 4.16: Pat O'Shane, hakim.
Secara khusus, peranan orang Aborijin Australia dalam pembangunan pertanian dan industri pedesaan Australia merupakan hal yang sungguh sangat penting. Beberapa kelompok suku Aborijin telah mendirikan pusat peternakan dan pertanian di lahan tradisional mereka. Salah satu contohnya adalah orang-orang suku Gurinji di Daerah Khusus Utara.
Olahraga merupakan suatu bidang yang menunjukkan kehebatan orang Aborijin Australia, misalnya Kathy Freeman adalah pelari kelas dunia (Gambar 4.17).
Pelari kelas dunia Kathy Freeman
Golding/ The Sydney Morning Herald
Gambar 4.17: Pelari kelas dunia Kathy Freeman